Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Buat Artikel Blog Muncul di Page One Google

Cara Buat Artikel
Cara Buat Artikel

Evin - Setiap pemilik blog berjuang untuk memenangkan perhatian mesin pencari agar menduduki posisi prestisius di halaman pertama Google. Mengapa hal ini penting?

Bayangkan jika artikel blog Anda muncul di urutan teratas pencarian, tentu akan meningkatkan jumlah pengunjung dan eksposur bisnis.

Tetapi bagaimana cara mencapai posisi itu dengan kompetisi yang begitu ketat?

Maka dari itu, artikel ini akan memandu Anda tentang cara membuat artikel blog muncul di page one Google.

{tocify} $title={Table of Contents}

Cara Buat Artikel SEO

Pentingnya SEO sangat dirasakan bagi pemilik blog maupun website. Karena hal ini sangat menentukan letak posisi suatu halaman artikel di beranda Google. Namun, bagaimana caranya membuat artikel yang ramah SEO?

Berikut beberapa tahapan yang mesti dilakukan oleh para penulis:

1. Memahami Algoritma Google

Sebelum kita melangkah lebih jauh, penting untuk memahami bahwa Google menggunakan algoritma kompleks dalam menilai dan mengindeks setiap halaman web.

Lalu, apa hubungannya algoritma dengan peringkat website?

Hal di atas saling berhubungan karena salah satu kunci utama dalam mengoptimalkan artikel blog adalah memahami bagaimana algoritma bekerja.

Mengikuti pedoman Google turut membantu suatu konten, lebih mudah ditemukan oleh search engine.

Kadangkala algoritma Google bisa berubah. Nah, untuk itu ada baiknya bagi para blogger maupun pemilik website untuk selalu update tentang kondisi terkini algoritma.

2. Riset Keyword

Keyword adalah kunci sukses dalam SEO. Temukan kata kunci yang relevan dengan topik artikel, lalu periksa seperti apa tingkat persaingannya.

Supaya mempermudah kerja Anda dalam melakukan riset keyword, tentunya dibutuhkan suatu tools web.

Gunakan alat pencari kata kunci untuk mengidentifikasi keyword yang populer seperti ahrefs dan moz bagi yang berbayar, ataupun Google keyword planner dan keyword surfer untuk versi gratisan.

Untuk tips riset kata kuncinya, pilihlah keyword yang memiliki search volume tinggi, namun tidak terlalu sulit untuk bersaing. Kalau perlu perhatikan pula berapa nilai cost per click dari kata kunci tersebut. 

Setelah menemukan keyword yang tepat, maka sisipkanlah kata kunci tersebut kedalam judul, heading, meta tag, alt gambar, dan konten artikel.

Patut diingat, untuk menggunakannya jangan kebanyakan. Sebab, untuk menghindari terkena keyword stuffing.

3. Berikan Judul yang Menarik

Judul merupakan elemen penting dalam menarik perhatian pembaca dan mesin pencari. Pastikan judul artikel tersebut dinilai menarik, informatif, dan mengandung keyword utama.

Bila perlu, kasih sedikit click bait sebagai bumbu penyedap agar mampu menghipnotis audiens untuk mengklik link artikel kita.

Selain itu, jangan sampai kalimat judul terlalu panjang, karena ada juga yang mengatakan kalau kepanjangan akan sedikit merusak unsur SEO. Yang terpenting temanya cukup memaparkan isi artikel dengan jelas.

4. Gunakan Struktur Heading

Struktur heading diperlukan untuk membantu mesin pencarian memahami konten artikel secara lebih baik. Gunakan H1 pada judul utama artikel, serta H2 untuk subjudul yang mendukung H1, begitupun seterusnya.

Setiap heading dan subheading semestinya memiliki keterkaitan satu sama lain. Oleh karena itu, setiap heading haruslah relevan dengan isi konten yang ada di bawahnya.

5. Isi Kalimat Meta Deskripsi

Selain judul, terkadang pembaca juga melihat tulisan-tulisan yang ada dibawahnya. Kalimat itu disebut sebagai meta description.

Meta deskripsi adalah spoiler atau cuplikan singkat tentang konten artikel yang ditampilkan pada hasil pencarian.

Sebagai content writer, sebaiknya jangan lupa untuk menulis meta deskripsi yang mengandung kata kunci, dan mampu memikat pembaca agar mengklik tautan artikel kita.

6. Optimasi Gambar dan Video

Supaya copywriting tidak terkesan monoton, sebisa mungkin tulisan artikel yang dibuat disertai dengan tambahan media visual seperti gambar, infografis, grafik, serta video.

Menyertakan gambar dan media lainnya kedalam isi artikel, tidak hanya membuat tampilan lebih menarik dan bervariasi, tetapi juga meningkatkan pengalaman pembaca.

Namun, jangan lupa untuk melakukan optimasi gambar dan video, dengan cara pemberian deskripsi, caption dan tag pada gambar, sehingga memudahkan mesin pencari dalam mengindeks serta menampilkan gambar Anda pada hasil pencarian gambar.

Satu lagi, para blogger pasti ingin memiliki website ngebut. Namun, terkadang gambar juga akan memperlambat kecepatan website.

Apabila itu terjadi, maka sebelum upload gambar, sebaiknya compress terlebih dahulu agar sizenya menjadi lebih kecil.

7. Kasih Makan Backlink

Bagi para blogger lawas, mungkin sudah menhetahui kalau ingin website tumbuh besar maka harus dikasih makan dalam bentuk backlink.

Backlink adalah tautan dari situs web lain ke artikel Anda. Cara ini termasuk sebagai bagian dari teknik SEO Off Page.

Menanam backlink merupakan salah satu faktor terpenting dalam peringkat SEO. Upayakan untuk membangun backlink dari situs yang satu niche dengan konten Anda.

Selain itu cari pula website dengan domain authority tinggi dan spam score rendah. Soal dofollow atau nofollow itu tidak menjadi masalah, karena keduanya juga berperan membawa traffik organik.

Lakukan hal ini dengan hati-hati. Dalam artian jangan terlalu sporadis atau mengasih makan backlink dalam waktu yang berdekatan. Karena ini juga termasuk pada teknik penerapan praktek link building.

8. Promosikan Ke Media Sosial

Tujuan ngeblog salah satunya pasti ingin mendapatkan pemasukan, baik berupa content placement, promosi produk, maupun dari iklan berbayar seperti adsense, mgid, adsterra dan lainnya. 

Selain cpc yang didapat melalui klik iklan, besarnya penghasilan sedikit banyak juga dipengaruhi oleh cost per impression.

CPM ini didapat dari banyaknya kunjungan ke blog kita. Masalahnya untuk merasakan besaran CPM, artinya pemilik blog atau website harus memperbanyak jumlah view.

Akan Tetapi, bagaimana kalau view yang didapat sangat sedikit?

Kalau traffik blog Anda minim, tandanya kita harus mempromosikannya ke media sosial. Bisa ke Instagram, Facebook, Twitter, Pinterest, Linkedin dan seterusnya.

Share saja konten artikel kesana. Alangkah lebih bagus lagi, kalau mengshare ke grup dengan topik yang sama atau berkaitan dengan artikel. Hal ini akan memperbesar peluang meperoleh trafik berlimpah.

9. Indeks Ke Webmaster

Setelah memposting artikel, jangan lupa untuk mengindeksnya kedalam Google webmaster. Karena kalau tidak, jangankan muncul di page one, bisa-bisa artikel yang dibuat malah tidak bisa ditemukan di SERP.

Hal ini pula yang sering dialami oleh para blogger pemula. Mereka tidak tahu, atau mungkin lupa mendaftarkan blog dan artikel ke webmaster.

Selain Google, tidak ada salahnya juga kita indeks artikel ke Bing, Yandex, dan mesin pencari lainnya.

10. Pantau dan Analisis

Setelah memposting artikel, jangan dibiarkan begitu saja. Karena kita tidak akan tau bagaimana performa blog kalau tidak dimonitor. Pantau dan analisis kinerja artikel blog secara teratur.

Kita mesti lihat bagaimana trend traffik, berapa nilai domain rating, banyaknya jumlah backlink yang terindeks, serta berapa banyak keyword atau query yang muncul di SERP.

Untuk melihat berbagai statistik tersebut, gunakanlah Ahrefs Webmaster. Walaupun di ahrefs untuk melihat kata kunci secara keseluruhan mesti bayar, namun tools ini juga bisa didaftarkan secara gratis, dengan batasan fitur tentunya.

Kesimpulan

Muncul di halaman pertama Google adalah impian setiap pemilik blog, tetapi hal itu hanya dapat diwujudkan dengan strategi yang tepat.

Dalam artikel ini, kita telah membahas beberapa langkah kunci untuk membuat artikel blog mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari.

Terakhir, seringkali para blogger kesulitan membagi waktu untuk menulis artikel. Namun, sekarang dipermudah berkat bantuan teknologi AI. Karena dalam sekejap kita bisa bikin artikel pakai chatgpt.

Posting Komentar untuk "Cara Buat Artikel Blog Muncul di Page One Google"