Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Kerja Search Engine: Berikut Ulasan Lengkapnya

Cara Kerja Search Engine, Mesin Pencari, Google
Cara Kerja Search Engine

Cara Kerja Search Engine - Dalam mencari sesuatu di internet, kamu tentu butuh yang namanya browser atau aplikasi seperti Google Chrome. Didalam aplikasi tersebut terdapat mesin pencari untuk menelusuri sesuatu lewat kata kunci.

Seringkali kamu menggunakan search engine untuk mencari informasi penting. Meski begitu, masih banyak juga yang belum tahu secara teknis bagaimana mesin pencari bekerja.

Search engine layaknya Google ataupun Bing, adalah sebuah tools yang sangat berguna untuk dimanfaatkan oleh penjelajah internet ketika sedang ingin menemukan informasi yang dicari.

Saat mereka memasukkan sebuah keyword, maka secara otomatis search engine tersebut akan memproses perintah kamu dan menampilkan hasil yang relevan dalam waktu yang singkat. Lalu, bagaimana cara kerja search engine? Mari kita bedah lebih dalam.

{tocify} $title={Table of Contents}

Bagaimana Cara Kerja Search Engine

Search engine atau mesin pencari adalah sebuah alat yang dipakai oleh pengguna internet saat ingin menemukan informasi-informasi yang mereka butuhkan di dunia maya.

Search engine memungkinkan kamu untuk memasukkan keyword dalam mesin telusur, dan kemudian menampilkan daftar halaman web yang sesuai dengan kata kunci tersebut.

Berikut cara kerja search engine yang diketahui secara umum:

1. Crawling

Crawling atau perayapan dan dikenal juga sebagai web spidering, merupakan proses di mana search engine mengakses dan "memindai" seluruh data internet untuk mengumpulkan seluruh informasi dari halaman website.

Proses crawling ini begitu penting dalam memastikan kalau search engine akan dengan mudah menemukan dan menyimpan informasi dari seluruh internet ke dalam database.

Saat mengunjungi halaman situs, web crawler akan mendeteksi informasi meliputi teks, gambar, video, link, dan metadata. Informasi tadi kemudian tersimpan dalam database search engine, di mana halaman tersebut akan terindeks dan dianalisis oleh algoritma.

Web crawler akan beroperasi secara berkala agar jika terjadi pembaruan informasi, maka dengan proses crawling akan menampilkan informasi yang up-to-date atau informasi terkini.

Tidak seperti dulu, saat ini proses crawling membutuhkan waktu yang lama untuk dapat mengumpulkan informasi secara utuh. Oleh karena itu, search engine biasanya akan mengatur frekuensi crawling dengan sistem antrean.

Walau proses perayapan berlangsung secara otomatis, sebenarnya ada beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh pemilik situs website untuk mempercepat proses crawling dan dengan mudah menemukan serta mengindeks halaman web kamu.

Beberapa hal yang dapat dilakukan tersebut meliputi, pengoptimalan struktur link dalam situs baik link internal maupun eksternal, dan menggunakan meta deskripsi yang relevan dengan artikel atau isi halaman web.

2. Indexing

Setelah proses crawling selesai, selanjutnya search engine akan memproses informasi yang dihimpun oleh web crawler dan tersimpan ke dalam basis data search engine. Proses penyimpanan ini disebut indexing.

Indexing adalah proses mengelompokkan informasi yang didapat dari seluruh isi halaman website yang dirayapi oleh web crawler.

Selama proses pengindeksan, mesin pencari akan mengecek setiap informasi halaman website, meliputi judul, meta deskripsi, link, konten, tag, dan objek visual seperti gambar, video dan map.

Setelah informasi tersebut diperoleh, search engine akan mengindeks halaman tadi berdasarkan niche dan intent yang terkait dengan halaman situs tersebut.

Selama masa indexing, mesin pencari juga mengevaluasi kualitas dan relevansi dari halaman situs yang terindeks. Konten yang berkualitas tinggi dan relevan dengan topik yang dicari, akan mendapatkan peringkat tertinggi dalam mesin pencari seperti Google.

Dalam menentukan ranking pencarian, search engine menggunakan bot algoritma khusus untuk mengamati kualitas serta tingkat relevansi halaman web yang diindeks berdasarkan kata kunci yang ditulis.

Setelah indexing selesai dilakukan, maka akan tersedia daftar halaman web yang muncul pada hasil pencarian search engine. Kamu dapat memasukkan kata kunci seperti "jasa SEO murah", dan seketika akan muncul situs-situs yang sesuai dengan hasil ketikan kata kunci tadi.

3. Ranking

Setelah selesai melakukan crawling dan indexing, search engine selanjutnya menentukan ranking disetiap halaman website yang muncul sesuai dengan kata kunci yang dipakai.

Dimana, Ranking adalah proses dalam menentukan urutan web berdasarkan niche yang relevan, serta penerapan SEO dari masing-masing website yang menghasilkan konten yang berkualitas.

Penetapan peringkat didasari pada algoritma khusus dari search engine seperti Google, Bing, ataupun Yahoo. Algoritma ini meninjau setiap web dari berbagai faktor dalam menentukan ranking.

Faktor terpenting dalam proses ranking adalah relevansi keyword dengan niche dan intent. Misalkan, kamu ingin mencari "tempat jual sepatu", maka search engine akan menampilkan situs-situs tempat menjual produk tersebut berdasarkan intent navigasi.

Selain itu, kualitas konten menjadi faktor lain dalam bagian perankingan. Artikel yang memiliki konten dengan struktur yang baik, seperti terdapat judul dengan kata kunci yang kuat, heading dan subheading yang tertata rapi, maka itulah yang dipilih bot algoritma untuk tampil di page one.

Dalam rangka mendapatkan peringkat atas pada beranda Google, ada beberapa teknik yang mesti diperhatikan, seperti optimasi SEO (Search Engine Optimization), menyisipkan kata kunci yang tepat pada judul, dan meta tag.

Penerapan link building juga turut membawa situs kamu naik ke peringkat atas. Dengan mendapatkan backling dari situs berkualitas dan memiliki nilai DA PA yang tinggi, maka situs kamu juga akan ikut terbantu mendapatkan traffic organik.

Namun, jangan asal menanam backling. Karena kalau kamu sembarangan memasukkan backling ke situs berbahaya dan melanggar kebijakan Google, maka ranking pada search engine bisa terlempar jauh.

Jika kamu memiliki dana berlebih, tidak ada salahnya kamu mencoba praktik Search Engine Marketing (SEM), dimana dengan metode ini maka bisnis online kamu akan mendapatkan rangking yang lebih baik secara instan.

Cara Menentukan Ranking

Tadi telah dijelaskan, jika search engine layaknya Google menggunakan bot algoritma dalam menentukan ranking. Algoritma ini mengambil banyak faktor dalam perangkingan, diantaranya:

1. Kata kunci

Sebelum kamu membuat artikel, terlebih dahulu lakukan riset keyword. Kata kunci sangat menentukan sedikit banyaknya situs kamu memperoleh traffic secara alami.

Kata kunci harus berada dalam isi konten. Baik itu di dalam judul, 100 kata pertama artikel, heading, subheading, dan meta description.

2. Kualitas konten

Kualitas konten berperan penting menentukan peringkat atas pada mesin pencari. Biasanya, artikel yang mengandung informasi lengkap, dan terbebas dari unsur plagiarisme berhak berada di halaman utama.

Konten yang berkualitas dan dipublish secara teratur ("kalau kuat bikin artikel setiap hari") maka akan memberikan dampak positif pada peringkat halaman web. Karena selain kualitas, kuantitas dan kelengkapan informasi sangat berpengaruh.

3. Popularitas situs web

Web yang memiliki popularitas baik, cukup terbantu mendapatkan ranking atas di search engine. Jumlah backling yang mengarah ke situs kamu, tingkat kepopuleran di media sosial, dan faktor-faktor lain dapat memengaruhi peringkat website di mesin pencari.

4. Usia Domain

Usia domain juga memiliki impak pada peringkat website. Domain yang telah berumur beberapa tahun berpeluang berada di peringkat yang lebih tinggi dibandingkan dengan fresh domain.

Karena itulah, banyak orang berlomba-lomba mencari age domain agar situsnya mudah ditemukan. Terlebih lagi bagi blog yang ingin cepat diapprove adsense, maka dengan menggunakan age domain proses approval akan cepat dilakukan, dan situs kamu siap dipasangkan iklan.

Kesimpulan

Cara kerja search engine yang dimulai dari proses crawling, indeks, dan terakhir ditentukan oleh ranking. Untuk mendapatkan ranking atas dan masuk page one Google memang tidaklah mudah. Akan tetapi, jika memahami faktor-faktor di atas, hal itu mudah dilakukakan

Sebagai penjelajah dunia maya, dengan memahami cara kerja search engine, kamu dapat memanfaatkannya secara efektif untuk mencari dan menemukan informasi yang dibutuhkan di internet.

Posting Komentar untuk "Cara Kerja Search Engine: Berikut Ulasan Lengkapnya"