Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seo Artinya: Definisi dan Aplikasinya dalam Bisnis Online

SEO Artinya, SEO
SEO Artinya

Search Engine Optimization atau yang disingkat SEO artinya proses mengoptimasi blog dan website agar mudah ditemukan dan memiliki ranking yang baik di mesin pencari Google.

Bagi pelaku bisnis, SEO sangat penting diaplikasikan pada bisnis online karena dapat meningkatkan visibilitas website dan memudahkan konsumen ketika mencari produk yang mereka inginkan.

Tanpa melakukan SEO yang optimal, sulit bagi website bisnis muncul di page one Google, sehingga kemungkinan besar produk kamu akan terlewat begitu saja oleh pembeli potensial. Karena itulah, SEO terasa penting bagi kelangsungan bisnis online.

{tocify} $title={Table of Contents}

SEO Artinya...

Di atas telah dijelaskan jika SEO artinya proses pengoptimalan website. Berarti, jika kamu ingin mendapatkan peringkat atas pada beranda Google, maka mempelajari SEO wajib dilakukan.

Namun, untuk mempelajari SEO memang susah-susah gampang. Telah banyak video tutorial di youtube, tetapi ketika dipraktekkan sulit diterapkan.

Berbeda dengan SEM yang mendapatkan traffic secara instan, SEO butuh waktu untuk menunggu traffic organic datang dengan sendirinya.

Namun, kelebihan yang didapat dari SEO dibanding SEM adalah penerapannya memiliki efek jangka panjang serta gratis, tidak seperti SEM yang berbayar.

Keuntungan SEO dalam Bisnis Online

Bagi yang ingin memulai bisnis online, sebenarnya bisa di platform mana saja. Lewat instagram bisa, lewat tiktok pun juga bisa.

Namun, kebanyakan orang ingin membeli barang, mereka akan mencari lewat mesin pencarian. Nah, untuk itulah diperlukan toko online agar website bisnis kamu muncul di peringkat pertama.

Untuk dapat berada di peringkat terbaik, tentu perlu mengaplikasikan SEO, agar website kamu bisa bertahan dalam jangka panjang.

Kalau kamu menerapkan SEO ke dalam website, banyak keuntungan yang bisa didapat. Antara lain:

Website Mudah ditemukan

Seperti yang telah dijelaskan, mengaplikasikan SEO artinya peluang bisnis kamu diakses oleh pengunjung lebih besar, apalagi jika berhasil masuk ke page one.

Berada pada halaman pertama Google menjadi faktor penting. Sebab, jika audiens sudah cocok dengan suatu barang yang dilihat pada website page one Google, maka kecil kemungkinan mereka beralih ke halaman berikutnya.

Menjangkau Pasar Lebih Luas

Dengan menerapkan digital marketing, maka bisnis akan dikenal masyarakat luas. 

Untuk memaksimalkan potensi bisnis kedepannya, maka kamu harus mulai memikirkan cara bagaimana bisa bisnis kamu dapat menjangkau pasar lebih luas, mungkin salah satunya lewat toko online.

Namun, untuk sampai ke tujuan itu bukan hanya sekedar membuat website. Butuh penerapan SEO yang baik agar alamat website masuk ke peringkat atas, dan bukan mustahil posisi audiens yang letaknya jauh dari kamu, tapi masih bisa dijangkau.

Menargetkan Audiens yang Tepat

Update algoritma Google mempertimbangkan hasil pencarian yang audiens cari berdasarkan kata kunci yang digunakan.

Artinya, jika kamu pandai dalam meriset kata kunci yang tepat, disertai dengan penerapan SEO yang benar, peluang bisnis kamu memperoleh banyak traffic kunjungan lebih besar.

Meningkatkan Volume Penjualan

Ketiga poin di atas, menjelaskan bagaimana bisnis online kamu mudah dicari lewat metode search engine optimization.

Apakah itu sudah selesai?, tentu belum. Namanya bisnis, tentu kamu ingin memperoleh profit sebesar besarnya.

Dengan banyaknya traffic organic yang datang, maka peluang untuk mendapatkan volume penjualan yang tinggi akan meningkat.

Itulah manfaat dari SEO untuk keperlun bisnis online kamu. Akan tetapi, untuk berada pada titik tersebut tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, karena SEO butuh waktu dan tidak bisa dilakukan secara instant.

Sebelum memulai menerapakan SEO, artinya kamu harus tahu betul faktor-faktor apa saja dari SEO untuk dapat menaikkan ranking website.

Jika ingin tahu, berarti kamu harus membaca ulasan selanjutnya di bawah ini.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi SEO

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil SEO untuk bersaing diperingkat atas mesin pencari. Faktor-faktor tersebut antara lain:

1. Domain

Domain adalah faktor pertama dari SEO yang berpengaruh terhadap situs website.

Domain yang jelas dan tidak terlalu panjang lebih disukai algoritma Google. Nama domain yang panjang dan rumit untuk dikatakan, sehingga memicu typo atau salah penulisan, mengakibatkan nama domain yang kamu miliki kurang ramah SEO.

Top Level Domain (TLD) berpeluang mendapatkan halaman pertama di mesin pencarian, dibanding dengan domain versi gratisan, yang disisipi kata blogspot pada link url nya.

Sulit bagi kamu pengguna versi gratisan mendapatkan peringkat atas, kecuali jika isi artikel benar-benar berkualitas dan original disertai jumlah kompetitor yang tidak terlalu banyak

Apabila kamu ingin membeli domain TLD, ada tipe domain yang perlu kamu tahu, yaitu fresh domain dimana domain tersebut merupakan domain baru, dan age domain atau domain lama yang sudah dipakai sebelumnya.

Keuntungan membeli age domain yaitu meningkatkan peluang situs kamu masuk page one. Namun, hati-hati. Jangan sembarangan membeli age domain.

Apabila kamu melihat angka spam score pada age domain terlampau tinggi, lebih baik urungkan niat beli age domain, dan beli fresh domain saja.

2. Desain Website

Website yang memiliki desain yang menarik, dan tertata rapi lebih disukai oleh mesin pencari dibanding jika kamu tidak mengelola website dengan benar. Sehingga desain template terkesan acak-acakan.

Website juga harus menggunakan navigasi yang jelas. Artinya, ketika orang lain mengakses website kamu, dan mereka mengklik salah satu navigasi, tapi ternyata link navigasi malah mengarah ke tempat yang salah. Hal itu berakibat berkurangnya user experience dari pengunjung.

Selain itu, gunakanlah template yang responsive atau mobile friendly. Mengingat, saat ini pengguna mobile jauh lebih banyak dibanding desktop, maka menggunakan template mobile friendly adalah pilihan yang tepat.

3. Kecepatan Loading

Beberapa tahun belakangan Google telah menambah faktor utama SEO yaitu seberapa lama kecepatan loading saat website pertama kali dibuka.

Hal itu dikarenakan pengunjung yang tidak suka menunggu terlalu lama hanya untuk melihat webiste kamu. Apabila dalam tiga detik situs kamu tidak terbuka, kecil kemungkinan mereka akan datang berkunjung kembali.

Tiga detik merupakan waktu yang sebentar bagi kita, namun menjadi sangat panjang apabila disuruh menunggu sampai website terbuka.

Untuk itu, gunakanlah template yang memiliki kecepatan loading maksimal, agar terhindar dari masalah bounce rate.

4. Tingkat Keamanan Website

Beruntunglah bagi kamu pemakai blogspot. Sebab, blog kalian akan diberikan SSL secara gratis tanpa perlu membeli seperti cms lainnya.

Memangnya, apakah SSL berpengaruh terhadap SEO?. Ya, sebab sejak 2014 Google menyatakan untuk mengelompokkan situs-situs yang aman dikunjungi berdasarkan tersedianya SSL pada wesite tersebut.

Untuk membedakan website yang aman dan tidak, kamu bisa mengecek pada link url dikolom atas.

Jika terdapat awalan HTTPS pada alamat sebuah website, serta memiliki icon gembok terkunci, artinya website kamu aman untuk dikunjungi.

5. Search Intent

Pemilihan intent ternyata menjadi hal yang menentukan apakah konten kamu ramah SEO atau tidak. Search intent juga bertujuan supaya memudahkan algoritma Google mengidentifikasi artikel kamu.

Contoh, jika kamu mengetik kalimat "tempat jasa desain grafis", maka Google langsung merekomendasikan tempat jasa tersebut dari yang terdekat dari posisi kamu. Hal itu berarti kamu sedang menggunakan search intent navigasi.

Namun, apabila yang kamu ketik "desain grafis adalah", berarti yang kamu cari adalah search intent informasi. Otomatis Google akan menampilkan baris artikel yang membahas seluk belum seputar desain grafis.

6. Riset Keyword

Setelah menentukan intent apa yang mau digunakan dalam pembuatan artikel, maka selanjutnya agar ranking webiste berada diperingkat atas, maka kita lakukan riset keyword terlebih dahulu.

Riset kata kunci sebenarnya hal mendasar dari SEO. Dimana, kita berupaya mendapatkan traffic tinggi lewat pencarian kata kunci.

Biasanya, dalam memilih kata kunci kita harus melihat jumlah kompetitor artikel dengan menggunakan kata kunci yang sama, dibagi dengan besaran estimasi search volume dalam sebulan.

Hal tersebut umum dilakukan bagi para pakar untuk mencari Golden Keyword Ratio.

7. Optimasi Gambar

Sebuah artikel yang panjang akan lebih berwarna jika diselipkan gambar-gambar pendukung.

Mungkin banyak yang tidak memperdulikannya, padahal optimasi gambar berperan penting dalam menentukan artikel ber SEO.

Namun, butuh kehati-hatian dalam memposting gambar pada artikel. Sebab, kalau tidak justru bisa mengakibatkan loading website lemot dan malah menurunkan tingkat SEO.

Untuk itu, sebelum manambahkan gambar, jika ukurannya terlalu besar, kompress terlebih dahulu maksimal 100 kb. Kamu bisa mengkompressnya lewat situs Compressjpg atau dari aplikasi paint.

8. Atur Meta Tag

Sebelum mempublish postingan, perhatikan terlebih dahulu format dari meta tag sebuah artikel. Meta tag sendiri memiliki dua jenis yaitu title tag dan juga meta descripsion.

Jika kamu belum tahu, title tag tersebut merupakan judul pada artikel yang kamu bikin. Sebisa mungkin berikan judul yang singkat, agar tidak terpotong ketika muncul pada mesin beranda Google.

Sementara meta descripsion, merupakan kalimat yang terdiri dari 130 karakter yang berada dibawah judul pada hasil pencarian Google. Selain judul, Orang-orang akan melihat meta deskripsi untuk menilai apakah konten artikel relevan dengan judul dan sesuai yang mereka cari.

9. Atur Permalink

Permalink menjadi kunci bagi SEO yang mengarahkan url ke halaman homepage atau artikel website kamu.

Memakai konsep sederhana dan sesingkat mungkn, membuat link url lebih disukai Google.

Untuk itu, kamu cukup menyisipkan kata kunci dari artikel yang dibuat untuk dimasukkan kedalam url.

Jangan lupa, url dibuat tanpa spasi. Selain itu, berikan tanda strip disetiap kata sebagai pengganti spasi.

10. Backlink

Pada akhirnya, Backlink menentukan ranking artikel pada mesin pencari. Dimana, backlink merupakan sumber referensi dari website lain yang menuju ke situs kamu.

Dengan banyaknya website lain yang memberikan backlink pada situs kamu, maka Google akan menilai jika website kamu tersebut merupakan sumber yang terpercaya dan juga kredibel. Itulah yang meyakinkan Google untuk memposisikan artikel kamu di ranking atas.

Jika kamu mencari backling untuk menaikkan DA PA, berhati-hatilah dalam memilih website. Perhatikan jumlah domain autorithynya. Cari website dengan DA PA yang lebih tinggi dari domain kamu.

Itulah ulasan lengkap seputar search engine optimization. Mulai dari definisi SEO, hingga aplikasinya dalam bisnis online.

Kamu yang ingin memulai bisnis dari awal, untuk investasi jangka panjang sebaiknya mulai mempromosikan secara online. Baik itu lewat medai sosial, marketplace, maupun membuat website bisnis pribadi.

Kalau sudah memutuskan untuk memiliki toko online, itu artinya kamu harus mulai mempelajari seputar SEO.

Posting Komentar untuk "Seo Artinya: Definisi dan Aplikasinya dalam Bisnis Online"