Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Copywriting Artinya: Ketahui Fungsi, dan Cara Kerjanya

Copywriting Artinya, Copywriting
Copywriting Artinya

Copywriting artinya - Seni bukanlah hanya sebatas visual gambar, ataupun musik saja. Tulisan ternyata juga memiliki unsur seni. Dalam hal ini, seni tulisan bertujuan untuk teknik marketing dan persuasi.

Dalam dunia bisnis, copywriting memiliki peran vital dalam mempromosikan suatu produk agar mempengaruhi pemikiran pelanggan, sehingga setelah itu mereka melakukan action pada produk yang ditawarkan.

Namun, untuk melakukan teknik copywriting memang tidaklah mudah. Diperlukan penulisan narasi yang bagus, dan gaya bahasa yang enak dibaca, sehingga orang-orang pertama kali melihat isi artikel kita terbawa suasana hingga membacanya sampai habis.

{tocify} $title={Table of Contents}

Apa Itu Copywriting

Apa itu copywriting? pertanyaan itu mungkin sering terlintas dibenak kalian ketika hendak memulai penulisan. Intinya, copywriting artinya proses penulisan teks untuk tujuan pemasaran, seperti iklan, banner, landing page, atau bisa juga email marketing.

Selain itu, teknik copywriting juga diperlukan bagi penulis artikel untuk kebutuhan blog dan websitenya.

Copywriting bertujuan supaya dapat mempengaruhi dan membujuk pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan.

Dalam dunia digital marketing, copywriting memiliki kontribusi untuk membangun citra, brand dan reputasi perusahaan lewat konten artikel yang diterbitkan pada website, blog, ataupun media sosial.

Menulis copywriting yang efektif memang bukan perkara mudah. Namun, bukan berarti kamu tidak mampu melakukannya. Dibutuhkan sisi psikologis agar dapat menampung emosi, saat proses melakukan copywriting.

Jika sudah terbiasa melakukannya, maka kamu atau perusahaan dapat terbantu memperkenalkan produk yang dijual lewat materi penulisan yang berisikan narasi yang bagus.

Maka dari itu, pada postingan blog ini, mari bersama kita bahas seluk beluk seputar copywriting, baik itu fungsi, cara kerja, hingga tips and trick menjadi seorang copywriter agar sukses kedepannya.

Fungsi Copywriting dalam Bisnis

Copywriting berperan penting dalam dunia bisnis. Berikut beberapa fungsi copywriting yang perlu diketahui saat kamu menjalankan sebuah bisnis:

1. Membuat Produk atau Jasa Terlihat Lebih Menarik

Produk menjadi ujung tombak bagi kesuksesan perusahaan. Tingginya angka penjualan berpengaruh terhadapa nilai perusahaan.

Akan tetapi, untuk bisa menjual produk dengan jumlah maksimal, yang dilihat bukan sekedar kualitas produknya saja, melainkan bagaimana cara mempromosikan produk tersebut.

Nah, disitulah peran copywriting terasa begitu penting agar produk yang ditawarkan terlihat lebih menarik dibandingkan produk sejenis milik kompetitor.

Dalam prosesnya, kamu juga perhatikan beberapa hal berikut agar teknik copywriting dapat membuat produk seolah-olah menjadi sesuatu yang luar biasa.

  • Memahami Target Pasar: Dalam tahap awal, kamu terlebih dahulu mengetahui siapa yang menjadi objek target pasar. Seorang  copywriter harus memahami kebutuhan, dan harapan audiens untuk dapat menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
  • Menyampaikan Keunggulan: Karena produk adalah tombak utama perusahaan, maka kamu harus menyesuaikan copywriting, dengan keunggulan produk. Ini bisa dilakukan dengan bahasa yang luwes, dan mudah dipahami oleh calon konsumen.
  • Menciptakan Emosi: Emosi berpengaruh dalam pembuatan copywriting agar konsumen tergiur akan suatu produk. Seorang copywriter harus berusaha menciptakan emosi positif, dengan tujuan konsumen memiliki rasa ingin tahu, atau penasaran terhadap produk yang dipromosikan.
  • Membuat Call to Action: Setelah tiga poin di atas selesai dilakukan, barulah kamu berusaha membuat customer tertarik dengan produk. Promosi lewat teknik copywriting dilakukan, agar mereka membuat aksi, apakah mereka sekedar melihat-lihat produk, atau bahkan langsung membelinya.

Dengan mengaplikasikan poin-poin di atas, copywriting artinya membantu produk agar digemari calon pelanggan, yang pada akhirnya dapat meningkatan volume penjualan.

2. Menjaring Leads

Bagi yang belum familiar dengan Leads, disini dikatakan jika Leads merupakan calon pembeli yang berpotensi menjadi pelanggan baru. Leads bisa dilakukan dengan memberi informasi kontak pelanggan kepada perusahaan sembari berharap terjadinya interaksi lebih lanjut.

Agar mereka mau melakukan itu, kamu atau perusahaan harus menyiapkan beberapa hal terlebih dahulu, seperti halaman Landing Page, atau menyediakan form kontak berisikan penawaran e-book atau webinar gratis.

Jangan lupa, konten copywriting haruslah memberikan solusi bagi permasalahan calon pembeli, atau manfaat yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Ini dilakukan supaya mereka percaya dan merasa "oh, produk ini benar-benar yang saya cari".

Menjaring leads melalui copywriting artinya perusahaan dapat menciptakan basis pelanggan yang solid dan berkesempatan melakukan up-sell dan cross-sell disaat yang tepat.

3. Membangun Brand Awareness

Brand awareness berarti usaha perusahaan, untuk dapat memperkuat ingatan pelanggan terhadap brand perusahaan. 

Itulah salah satu fungsi copywriting, dimana agar konsumen memiliki memori akan brand, produk dan model bisnis yang diterapkan.

Akan tetapi, perusahaan juga memastikan kalau pesan cari copywriting dapat diterima dan diingat betul oleh para audience.

Hal ini akan memperkuat kesadaran merek dan mulai menciptakan hubungan yang baik antar perusahan dengan konsumen.

Dengan meningkatkan brand awareness melalui teknik copywriting, secara langsung perusahaan bisa menguatkan citra perusahaan serta menajaga loyalitas pelanggan.

4. Meningkatkan Penjualan

Telah dijelaskan di atas, jika produk adalah tujuan utama bagi perusahaan. Meningkatnya penjualan berbanding lurus dengan tingginya nilai perusahaan.

Copywriter haruslah menciptakan urgensi pada konsumen agar memberikan dampak call to action yang kuat supaya mereka memiliki motivasi lebih untuk segera memutuskan pembelian. Inilah yang akan membantu perusahaan agar meningkatnya penjualan secara signifikan.

Lakukan teknik copywriting yang juga berfokus pada volume penjualan, agar perusahaan bisa mencapai tujuan bisnis dan meraih hasil maksimal.

5. Memperkuat Reputasi Perusahaan

Reputasi perusahaan wajib hukumnya dijaga oleh perusahaan. Karena, akan berdampak pada kesuksesan bisnis jangka panjang. Reputasi dinilai oleh customer, mitra bisnis, kompetitor hingga masyarakat luas.

Jika perusahaan mampu menjaga reputasi positif, maka akan membuat mereka melakukan ekspansi bisnis baru. Namun hati-hati, karena bisa saja Sebaliknya, perusahaan dengan reputasi negatif akan mengurangi kepercayaan, hingga yang terparah mengalami gulung tikar.

Untuk itulah, copywriting memiliki peran vital dalam menjaga reputasi perusahaan. Melalui copywriting, tulisan yang dibuat akan menciptakan konten berkualitas.

copywriting dapat membuat pesan yang penuh makna bagi pembacanya, hingga terciptanya trust pada diri mereka terhadap perusahaan lewat konten yang diterbitkan.

Terakhir, tidak lupa pula jika konten tersebut semestinya bukan hanya dibuat dengan memperhatikan copywriting, tetapi juga memandang unsur etika yang tidak menimbulkan keributan.

Bagaimana Cara Kerja Copywriting

Pada ulasan di atas telah dikatakan jika copywriting artinya seni menulis lewat teks yang menjual. Dalam dunia bisnis offline maupun online, copywriting sering diterapkan dalam rangka melakukan kegiatan promosi suatu produk.

Cara kerja copywriting memanfaatkan berbagai teknik, bermula dari riset pasar, penggunaan bahasa yang menarik, menampilkan emosi, serta memainkan logika untuk mempengaruhi pikiran bagi pembaca.

Riset pasar dilakukan untuk mengetahui apa yang mereka cari, butuhkan, atau mungkin sesuatu yang sedang trend saat ini. Setelah itu, copywriter mulai memainkan jari-jemarinya untuk mengetik perkata, hingga terciptanya konten artikel yang menarik.

Beragam teknik dilakukan dalam copywriting meliputi pembuatan headline yang mampu menghipnotis pembeli, memberikan subjudul untuk memperkuat pesan, memainkan call to action (CTA) agar memotivasi pembaca untuk bertindak, dan bila perlu adanya testimoni dari pelanggan agar pesan dapat lebih diterima.

Selain itu, copywriter akan memanfaatkan emosi agar mengeluarkan aura positif dalam pembuatan konten, dan tetap menggunakan logika agar pesan yang dikirim tidak terkesan berlebihan.

Tips dan Trik Menjadi Copywriter yang Sukses

Apabila kamu tertarik menjadi seorang copywriter, ada beberapa bagian yang penting kamu ketahui dan dipraktekkan. Berikut beberapa tips dan trik untuk menjadi copywriter yang sukses:

1. Pahami Target Audiensmu

Langkah awal yang perlu dipahami sebelum menulis apapun yaitu menentukan target audiens. Kamu harus melakukan riset terlebih dahulu, agar dapat membaca sesuatu dari audiensmu.

Setelah melakukan riset, maka kamu akan mengerti keinginan, kebutuhan, dan harapan apa yang mereka mau agar relevan dengan copywriting yang hendak dibuat.

2. Belajar Menulis Persuasif

Kemampuan menulis persuasif merupakan suatu hal yang begitu penting dari seorang copywriter.

Mulailah belajar untuk menulis dengan cara yang dapat memotivasi dan mempengaruhi pembaca agar mereka melakukan tindakan lebih lanjut.

3. Gunakan Bahasa yang Luwes dan Sederhana

Pakai bahasa yang luwes agar audiensmu betah berlama-lama membaca dari kalimat awal hingga paragraf akhir.

Akan tetapi, jangan gunakan bahasa begitu sulit dimengerti oleh target audiensmu. Sebab, pembaca belum tentu ingin berfikir lebih lama untuk memahami kemana arah tulisan.

Jadi, cukup gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami dan biarkan para pembaca merasa nyaman membaca konten kamu.

4. Gunakan Headline yang Menarik

Hal yang pertama dilihat oleh pembaca adalah judul. Oleh karena itu, headline merupakan hal terpenting dalam sebuah tulisan.

Gunakan headline yang menarik agar dapat menggugah minat audiens untuk membaca lebih lanjut. Namun, berhati-hatilah. Jangan terlampau sering membuat clickbait dalam judul yang justru akan menimbulkan kekecawaan bagi pembaca.

5. Gunakan Storytelling

Menggunakan storytelling dalam penulisan artikel bisa membuat konten kamu memiliki nilai tambah.

Ceritakan kisah yang relevan dan tidak mengada-ngada untuk memberikan efek kenyamanan berlebih pada pembaca.

6. Belajar dari yang Terbaik

Jangan malu untuk belajar. Lihatlah pesan yang telah dibuat oleh senior-senior kamu. Pelajari cara mereka menulis dan bagaimana pesan penuh makna tersampaikan dengan baik oleh pembaca.

Belajar dari yang terbaik akan mengasah kemampuan menulismu. Sering-sering baca buku, artikel, hingga slogan pesan pada papan iklan. Bila perlu, berkumpul dengan komunitas copywriter untuk belajar dan mendapatkan pengalaman berharga.

Dengan mempraktikkan tips dan trik ini, kamu bisa lebih dekat untuk menjadi seorang copywriter yang sukses hingga bisa membuat konten yang menarik dan berkualitas.

Kesimpulan

Copywriting artinya teknik menulis yang menekankan pada tujuan tertentu, seperti menjual produk, meningkatkan brand awareness, atau memperkuat reputasi perusahaan.

Copywriting berfungsi membantu perusahaan mencapai tujuan bisnis dengan cara mempengaruhi pikiran dan CTA pembaca lewat kumpulan teks yang diterbitkan.

Dalam menjadi seorang copywriter yang sukses, penting untuk memperkirakan psikologi audiens dan mengetahui bagaimana cara kerja copywriting.

Nah, itulah ulasan lengkap seputar apa itu copywriting dan bagaimana cara kerjanya. Semoga rangkuman di atas bisa menjadi panduan sebagai bahan referensi yang bermanfaat bagi kalian, jika ingin terus belajar copywriting atau menjadi seorang copywriter handal. 

Sekian dan terima kasih sudah membaca.

Posting Komentar untuk "Copywriting Artinya: Ketahui Fungsi, dan Cara Kerjanya"