Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Meta Description dan Fungsinya dalam SEO?

meta description, meta deskripsi, meta description adalah
Meta Description

Meta Description - Bagi pembuat artikel, setelah selesai konten yang berkualitas dibikin, maka langkah selanjutnya ialah berfikir bagaimana cara agar visitor tertarik mengkliknya.

Sebelum memposting artikel, kamu tidak hanya memikirkan judul yang menarik perhatian pembaca. Akan tetapi, pikirkan juga hal lainnya, yang dapat menentukan artikel kamu berada pada peringkat atas. Salah satunya meta description.

Sesuai namanya, descripsion berarti kamu membuat meta yang mendeskripsikan artikel berisikan kalimat singkat. Sehingga, pengunjung dapat membaca dan mengetahui sekilas apa isi dari artikel kamu.

Apabila kamu melihat barisan artikel pada mesin pencarian, pasti hampir sebagian artikel kompetitor, apalagi yang berada di page one, semuanya memiliki kalimat di bawah judul. Nah, itulah yang dinamakan meta descripsion.

Untuk bersaing dengan kompetitor, tentu kamu harus membuat meta deskripsi. Bagaimana cara membuatnya? untuk itu, mari bersama-sama kita simak artikel ini.

{tocify} $title={Table of Contents}

Apa Itu Meta Description

Meta description adalah salah satu unsur dari optimasi mesin pencari atau SEO. Dimana, dalam poin ini kamu membuat satu atau dua kalimat pendek yang menceritakan secara singkat mengenai halaman website kamu.

Meta deskripsi haruslah berisikan gambaran singkat suatu artikel, sesuai apa yang pengguna internet cari. Menulis deskripsi yang menarik, maka akan mendorong situs website berada pada posisi yang lebih tinggi di hasil pencarian Google.

Meta description adalah salah satu elemen penting dalam menilai apakah kualitas konten tersebut ramah SEO  atau tidak. Kalimat deskripsi yang diberikan sangat berpengaruh terhadap tingkat klik (click-through rate). 

Tingginya tingkat klik juga mempengaruhi tingkat konversi yang lebih baik. Hal ini semestinya dapat membuat website kamu meraih ranking atas pada halaman Google.

Fungsi Meta Description

Telah disinggung di atas, jika meta description merupakan keterangan singkat, padat, dan jelas yang muncul pada mesin pencari Google.

Karena itu, fungsi dari meta description adalah sebagai penunjuk bagi pengguna internet yang ingin tahu gambaran isi dari artikel tersebut, sebelum mereka memutuskan untuk mengkliknya.

Selain itu fungsi meta description yang lain ialah bertujuan untuk membantu mereka dapat memastikan, apakah konten yang mau diakses relevan dengan apa yang ingin mereka cari berdasarkan kata kunci tertentu.

Bagi pemilik website, Meta description berfungsi sebagai metode pemasaran bagi situs kamu. Menulis meta description yang tepat, maka jangan heran jika website kamu berada pada halaman pertama dalam waktu yang lama. Sehingga, situs kamu banyak diklik oleh orang lain.

Dengan berada di pejwan Google, maka bisa dibilang kamu berhasil membuat artikel yang ber SEO, jika dilihat dari sisi pemberian meta description. Oleh sebab itu, sangat penting bagi kamu untuk menulis yang benar dalam membuat meta description secara efektif.

Agar kamu bisa membuat meta description yang benar, tidak ada salahnya kamu melihat caranya dibawah ini.

Cara Menulis Meta Description

Untuk dapat menulis meta description yang tepat dan efektif, ada poin-poin yang mesti diperhatikan, yaitu:

1. Jumlah karakter yang tepat

Meta description adalah satu dari banyaknya bagian penting dari optimasi mesin pencari (SEO) yang menentukan bisa tidaknya situs kamu berada diperingkat atas atau tidak.

Itulah sebabnya, kamu harus tahu kalau meta description itu sendiri memiliki jumlah karakter terbatas.

Google biasanya akan menampilkan kira-kira 155 karakter saja dari meta description yang muncul pada mesin pencari. Artinya, kamu mau tidak mau cukup menulis meta deskripsi sesingkat-singkatnya.

Jangan sampai terlalu panjang. Karena kalau tidak, kalimat pada meta description akan terpotong. Berarti, jika terlanjur membuat kalimat yang panjang, maka sebaiknya edit ulang kalimat meta deskripsi yang lebih pendek.

2. Memberikan Nilai

Selain soal jumlah karakter yang tepat, meta description haruslah menarik dan memberikan nilai bagi pengguna. Meta description yang tepat itu, tentu mesti memberikan penjelasan singkat dan jelas perihal apa saja yang bisa dilihat dari isi artikel tersebut.

Dalam pembuatan meta description yang menarik, kamu wajib mengidentifikasi target audiens dan pastikan kalau meta description yang dibuat sesuai dengan apa yang dibutuhkan mereka.

Buatlah meta deskripsi dengan kata-kata yang menarik dan tata bahasa yang baik agar kalimat tersebut mudah dicerna oleh pembaca.

Kamu juga harus memberikan nilai pada setiap meta description. Kamu semestinya meberikan keterangan tentang isi artikel, dan nilai apa yang didapat dari konten tersebut.

3. Menggunakan keyword

Salah satu faktor penting dari SEO agar situs kamu mudah ditemukan pada mesin pencari adalah dengan menggunakan kata kunci yang tepat. Tak terkecuali penggunaan kata kunci pada meta description. Kata kunci yang tepat bisa membuat situs kamu ada di halaman terdepan.

Untuk menggunakan kata kunci yang tepat, maka kamu harus tahu betul apa keyword utama yang digunakan dalam artikel tersebut. Berarti, pada tahap awal kamu buat meta description dengan menyisipkan kata kunci target yang ingin dioptimalkan. 

Kemudian, kata kunci yang ditentukan tersebut tercantum dalam meta description situs kamu. Hal ini mempermudah mesin pencari untuk menemukan apa yang ingin dicari oleh pengguna internet.

Penggunaan kata kunci yang relevan juga dapat meningkatkan visibilitas situs web pada mesin pencari Google. Oleh karena itu, cek kembali apakah kata kunci yang tercantum pada meta deskripsi berkaitan dengan konten yang dibuat.

Namun ingatlah. Selalu berhati-hati dalam penggunaan kata kunci. Jangan serakah atau melakukan keyword stuffing. Dimana, kamu memasukkan kata kunci yang berlebihan.

Jika melakukan hal tersebut, maka efektivitas pada meta description bisa berkurang. Dan hal tersebut dinilai buruk oleh algoritma Google.

4. Unik dan Original

Cara lain untuk menulis meta description adalah pastikan kalimatnya unik dan original. Jangan mencoba untuk menduplikat meta deskripsi milik orang lain dan dimasukkan ke dalam situs website kamu.

Tujuannya, pembuatan meta deskripsi yang unik dan original agar dapat dibedakan dengan situs lain.

Dengan menulis deskripsi yang unik, berarti kamu memberikan nilai tambah bagi visitor yang berkunjung ke dalam situs web. Deskripsi dengan kata-kata unik dan menarik akan membuat pengunjung merasa tergerak untuk mengklik artikel kamu.

5. Identifikasi Target Audiens

Perhatikan juga soal target audience yang hendak dituju. Dengan mengidentifikasi target audiens, kamu bisa menentukan tipe dari deskripsi yang ingin ditulis.

Contoh, apabila kamu memiliki target audiens yang ingin melakukan pembelian produk, maka isi deskripsi dengan keunggulan yang ditawarkan dari produk tersebut.

Jangan lupa, untuk beri penjelasan, mengapa mereka harus membeli produk kamu. Atau beri tulisan yang mengarahkan keunggulan dari produk kamu dengan produk lain.

Bisa juga yang ingin membuat artikel informasi. Maka buat ringkasan tentang isi dari topik informasi yang dibahas. 

6. Gunakan Kalimat Pertanyaan

Ketika menulis meta description, gunakan kalimat pertanyaan atau pernyataan menjual untuk menarik perhatian audiens.

Kalimat pertanyaan akan membawa target audiens merasa jika kamu memahami kebutuhan mereka, sehingga mereka tertarik agar melakukan klik untuk menemukan jawaban. Misalnya, "Mau tahu cara instan meningkatkan traffic website?"

Sementara itu, pernyataan menjual akan membuat pengunjung  tertarik untuk benar-benar melihat isi artikel kamu. Sebagai contoh, "Dapatkan traffic melimpah dalam meningkatkan konversi penjualan dengan tips yang diberikan di sini!"

Pastikan juga kalau kalimat yang digunakan relevan antara meta description dengan isi artikel, sehingga audiens ingin mengetahui lebih lanjut.

Jangan clickbait dengan memberikan judul dan meta deskripsi yang terlalu berlebihan atau mengklaim sesuatu yang tidak realistis, karena akan berakibat menurunya reputasi situs website.

7. Sertakan Call to Action

Dalam menulis meta description, sertakan call to action agar pengunjung yang melihat deskripsi pada mensin pencarian lebih tertarik untuk mengklik konten kamu.

Call to action (CTA) harus singkat, jelas dan menyajikan nilai bagi  penggunanya. Contoh penggunaan call to action yang baik dan benar adalah: "Klik untuk mengetahui lebih lanjut sekarang", "Dapatkan solusinya disini", atau bisa juga "Beli produknya disini".

Dengan menyertakan call to action dalam meta description, pengguna internet akan merasa jika situs kamu memiliki solusi dari permasalahan yang mereka alami.

Hal ini turut membantu meningkatkan tingkat konversi karena mereka akan lebih tertarik dan berkemungkinan melakukan tindakan lebih lanjut seperti mengisi contact form, atau membeli produk.

Jadi, penting bagi kamu untuk selalu memasukkan CTA semenarik mungkin dalam meta description.

Contoh Meta Description yang Baik

Dalam membuat meta description, akan diberikan contoh sebagai bahan referensi bagi kamu dalam menyusun kalimat pada meta deskripsi. Berikut beberapa contoh yang bisa digunakan:

1. Contoh untuk Website Bisnis

Berikut ini merupakan beberapa contoh meta description yang bisa diterapkan pada website bisnis:

  • "Dapatkan pakaian wanita model terbaru dengan harga terjangkau di situs kami. Belanja sekarang juga untuk mendapatkan diskon hingga 50%."
  • "Raih keunggulan kompetitif dengan jasa SEO kami. Tim kami siap membantu untuk meningkatkan bisnis Anda."

2. Contoh untuk Blog Pribadi

Jiika kamu seorang  blogger, maka bisa diterapkan template meta desciption seperti ini:

Blog Travel: "Keliling dunia dan ceritakan petualanganmu dengan travel blogger yang menginspirasi. Ayo berpetualang bersama kami!"

Blog Kesehatan: "Mau tips dan trik hidup sehat? klik disini untuk menemukan artikel kesehatan terbaik dari kami."

Blog Teknologi: "Tetap up to date dengan informasi gadget terbaru. Klik disini untuk explore teknologi lebih lanjut!"

Atau jika pemilik blog makanan, bisa gunakan contoh meta description di bawah ini.

Blog Makanan: "Resep masakan opor ayam lezat. Klik untuk cari tahu info masakan yang enak setiap hari."

Contoh untuk blog-blog pribadi seperti di atas bisa berbeda-beda tergantung topik dan niche blog tersebut. 

Kesimpulan

Meta description adalah elemen penting dalam penerapan strategi SEO dalam rangka meningkatkan tingkat klik dari hasil pencarian Google.

Yang perlu diperhatikan dalam menulis meta description, diantaranya jumlah karakter, menulis deskripsi yang menarik dan memberikan nilai, menggunakan kata kunci yang tepat dan relevan, serta menulis deskripsi yang unik dan orignal.

Dalam membuat kalimat meta description yang efektif, identifikasi target audiens dengan menggunakan kata pertanyaan atau pernyataan yang menjual. Sertakan juga call to action untuk menggerakkan pengunjung agar mengklik link artikel.

Dengan melihat beberapa contoh meta description di atas, kamu seharusnya sudah bisa memahami bagaimana cara menulis meta description yang efektif dan meningkatkan tingkat klik dari hasil pencarian Google.

Jangan ragu melakukan eksperimen dengan berbagai metode dan teknik dalam menulis kalimat meta description yang tepat untuk website atau blog.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Meta Description dan Fungsinya dalam SEO?"