Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SEO Off Page: Teknik Meningkatkan Peringkat Situs Web

SEO off page, SEO on page, SEO, Backling, Link Building
SEO off page

SEO off page adalah teknik untuk meningkatkan peringkat website lewat aktivitas di luar situs kamu. Cara ini dibuat salah satunya dengan mendapatkan backling. Kamu bisa memperolehnya lewat bcakling profile, anchor text dari situs lain, atau dengan memanfaatkan platform media sosial.

Search engine seperti Google, juga turut mempertimbangkan faktor SEO off page dari backling sebagai bahan untuk menentukan rangking di daftar halaman mesin pencari.

Banyaknya link berkualitas tinggi yang masuk dan mengarah ke website kamu, maka akan berdampak pada meningkatnya skor DA PA dari domain milikmu. Sehingga, dapat memperbaiki peringkat situs di beranda Google.

Selain itu, tingkat popularitas platform media sosial seperti Facebook dan Instagram, juga bisa membantu mendorong situs website agar lebih dikenal banyak pengguna. Ujung-ujungnya, jumlah visitor yang berkunjungpun akan bertambah.

Untuk itu, kali ini akan dibahas teknik-teknik SEO off-page yang efektif dalam menaikkan nilai domain authority serta memikirkan bagaimana caranya memperoleh lebih banyak lalu lintas organik.

{tocify} $title={Table of Contents}

Teknik SEO Off Page

Tadi telah dijelaskan kalau SEO Off Page adalah metode menaikkan ranking situs melalui aktivitas diluar website. Berikut terdapat beberapa teknik SEO off page dalam rangka memperbaiki dan memperoleh skor domain rating, diantaranya:

1. Backling

Backling merupakan cara untuk meningkatkan DA PA secara alami yang berasal dari luar situs. Membangun piramida link building yang berasal dari situs "raksasa" bakal memberikan dampak signifikan terhadap situs kamu.

Website akan dianggap sebagai berorientasi baik dimata search engine jika berhasil memperoleh backling berkualitas. Sehingga, Google menganggap jika situs kamu layak menjadi salah satu sumber referensi bagi pengguna internet.

Dalam mendapatkan backling, kamu bisa melakukan cara-cara seperti guest post dengan meminta izin terlebih dahulu kepada pemilik situs, agar memperbolehkan kamu menanam backling dari website mereka.

Akan tetapi, kamu juga harus ingat agar selalu selektif dalam memilih situs untuk backling. Pastikan website tersebut memiliki domain rating yang lebih tinggi dari kamu agar lebih optimal dalam mendatangkan traffic.

Jangan lupa juga melihat nilai spam skor. Pastikan mereka memiliki nilai SS kurang dari 10%. Dan yang gak kalah penting, tautkan link kedalam situs yang relevan dengan niche kamu.

2. Membuat Konten Berkualitas

Teknik lain dalam penerapan SEO Off Page adalah dengan membuat konten berkualitas yang sesuai dengan niche dari website kamu. Buatlah artikel yang unik, tidak copas, serta informatif dan didukung dengan teknik copywriting yang menarik perhatian pembaca.

Dengan begitu, maka algoritma Google akan memandang konten kamu sebagai suatu yang bermanfaat. Dengan demikian, bukan tidak mungkin pembaca setia akan kembali mengakses blog kamu sambil menunggu update konten terbaru.

3. Share di Media Sosial

Tahukah kamu, jika hampir setiap smartphone memiliki akun pengguna media sosial aktif didalamnya. Dan itu harus kamu optimalkan dalam mendatangkan visitor ke blog atau website.

Memanfaatkan media sosial juga salah satu teknik dari SEO off page. Dimana akan lebih efektif, jika kamu memiliki akun medsos dengan jumlah followers manusia (bukan bot) yang banyak.

Dengan begitu, kamu bisa berinteraksi dengan pengikutmu sambil mempromosikan situs website dengan mengshare dan mengarahkan mereka ke halaman web.

Untuk daat melakukan hal di atas, edit profil akun media sosial semenarik mungkin. Sertakan kata kunci dalam kolom deskripsi profil untuk meningkatkan visibilitas website.

Aktiflah di media sosial dengan menjawab pertanyaan yang dilontarkan audiens dikolom komentar. Gunakan platform media sosial yang cocok dengan bisnis online kamu.

Misalkan, LinkedIn cocok untuk menerapakan bisnis B2B, sedangkan Instagram efektif dalam penjulan produk fashion.

Dan yang terpenting, posting gambar dan video yang bagus dan dari angle kamera terbaik, agar menonjolkan keunggulan produk.

4. Menjadi Member Forum

Indonesia memiliki kaskus yang hingga saat ini masih menjadi sarana terbuka untuk setiap member melakukan diskusi berbagai hal. Dan tentu saja berpartisipasi di forum membuka peluang dalam memperkenalkan brand.

Biasanya, forum memiliki kategori untuk mengelompokkan suatu hal yang ingin dibahas. Untuk itu temukan forum yang berhubungan langsung dengan niche website kamu.

Ikut serta dalam diskusi akan memberikan nilai tambah. Jangan sekedar promosi, namun berikan info yang lebih bermanfaat bagi mereka.

Patuhi aturan sesuai kebijakan forum dan jangan sesekali melakukan spam. Karena kalau tidak, bisa saja kamu langsung di "kick" dari anggota. Akun kamu diblokir, dan tidak dapat lagi mengakses forum dengan akun sebelumnya.

Dalam penerapan SEO off page, memang butuh waktu dan tidak dapat dilakukan secara instan. Jadi kamu harus sabar, apabila dalam waktu dekat belum membuahkan hasil.

Tips: Kalau kamu tipikal orang yang ingin cepat hasil dalam mendatangkan traffic, berarti kamu perlu mencoba teknik Search Engine Marketing (SEM). Namun, kamu harus berkorban dengan mengeluarkan biaya tambahan untuk beriklan.

Mengimplementasikan SEO Off-Page

Ada beragam cara untuk mengimplementasikan strategi SEO off page, yang bisa diikuti untuk meningkatkan jumlah kunjungan. Berikut beberapa langkah yang bisa diambil:

1. Identifikasi target audiens 

Dalam dunia digital marketing, sebelum kamu membuat produk untuk dijual, berarti kamu harus melakukan survey terlebih dahulu, untuk melakukan Identifikasi target audiens. Jadi, kamu mesti tahu siapa yang ingin dijadikan target pasar.

Misalkan, kamu memproduksi minuman jamu untuk orang dewasa. Jadi, kamu bisa mempersiapkan langkah-langkah untuk melakukan modifikasi dalam produk atau cara promosi.

2. Analisa Kompetitor

Selanjutnya, kamu dapat melakukan analisa kompetitor, dan ketahui bagaimana tingkat persaingan produk sejenis di daerah sekitar.

Misalkan, kamu memiliki artikel "tempat menjual makanan khas Pekanbaru". Dan dengan melakukan optimasi website, seperti menyertakan kata kunci dengan intent navigasi, maka situs kamu akan mudah ditemukan oleh search engine.

3. Menganalisis Hasil

Setelah menerapkan strategi SEO off-page, jangan biarkan hal itu berlalu begitu saja. Tapi, kamu harus memantau hasil dari penerapan SEO tersebut.

Ukur performa website setelah dioptimasi. Apakah efektif mendatangkan visitor dan terdapat Call To Action (CTA), atau perlu ada perbaikan agar masih bisa bersaing.

Untuk mengukur kinerja website. Saat ini telah banyak tools-tools yang dapat membantu kamu memonitor situs sendiri maupun kompetitor.

Kamu bisa menggunakan tools sultan seperti Ahrefs, atau alat berbayar lainnya contohnya Ubbersuggest dan SEMrush.

Jika modal dikit, kamu juga pakai tools gratisan semacam Google Analytic untuk mengukur kinerja website, dan Google Keyword Planner dalam meriset kata kunci.

Kamu juga bisa memanfaatkan Google Search Console dalam mencari keyword berdasarkan queri yang tersedia. GSC juga memungkinkan kamu untuk melakukan proses crawling dan indexing agar situs kamu muncul di page google.

4. Tinjau Sosial Media

Meninjau penerapan SEO off page juga dilakukan pada platform media sosial. Kamu bisa melihat bagaimana interaksi antara kamu dengan para followers.

Disana, kamu bisa perhatikan aktivitas pada media sosial. Berapa banyak jumlah postingan, seberapa banyak yang melihat dan nge like, serta memberikan komentar pada akun kamu. Dengan ikut membalas komentar mereka, maka akan terciptanya komunikasi yang bagus dan berimbas positif pada kunjungan website.

5. Evaluasi Berkala

Ingat, jangan abaikan statistik dari performa situs. Evaluasi berkala kerap dilakukan para digital marketer untuk mendapatkan konversi yang tinggi. Sehingga, mereka akan memiliki jumlah pendapatan yang besar.

Evaluasi penting untuk melihat data, konten mana yang menguntungkan, dan halaman situs mana yang belum membuahkan hasil. Sehingga, kamu bisa melakukan modifikasi terhadap kualitas konten tersebut.

Kesimpulan

Dunia digital terus mengalami perkembangan. Penerapan SEO, baik SEO On page maupun off page wajib dilakukan. Khusus SEO off page, menjadi serius untuk diperbincangkan dalam strategi marketing online.

Dengan teknik yang tepat serta mengimplementasikan strategi yang efektif, kamu bisa meninggikan domain authority, yang berdampak pada hasil pencarian search engine.

Selalu ingat bahwa sama seperti SEO on page, dalam SEO off page juga membutuhkan waktu yang tidak sedikit dalam memperoleh hasil. Untuk itu, diperlukan yang namanya konsistensi agar penerapan dilakukan secara maksimal.

Posting Komentar untuk "SEO Off Page: Teknik Meningkatkan Peringkat Situs Web"