Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Link Building Adalah: Panduan Meningkatkan SEO Website

Link Buildink, Link, Backlink, Tautan
Link Buildink

Pada era digital saat ini, memiliki situs web yang mampu menarik perhatian visitor begitu penting untuk menambah penghasilan. Namun, itu saja tidak cukup. Untuk mendapatkan traffic organik yang tinggi dan meningkatkan peringkat situs web, kamu perlu fokus pada link building.

Link building adalah salah satu aspek penting dalam penerapan strategi SEO yang efektif. Link building bekerja dengan membangun tautan yang mengarah ke situs website kamu dari situs lain. Tujuannya, untuk meningkatkan domain rating atau domain authority.

Banyaknya link yang tertanam pada situs lain mengarah ke situs web kamu, maka akan meningkatnya domain rating yang kamu punya, terlebih link tersebut berasal dari situs berkualitas. Sehingga, website kamu akan banyak memperoleh lalu lintas organik.

Namun, berhati-hatilah dalam menerapkan link building. Sebab, kalau tidak akan berakibat buruk pada website kamu. Akan berbahaya bagi website jika penerapan link building dilakukan dengan praktik yang tidak benar. Bisa saja, Google akan menghapus index dari situs kamu.

Oleh karena itu, praktikan proses link building dengan benar. Serta hindari cara yang tidak etis yang dapat mengancam kelangsungan hidup website.

Untuk tahu cara melakukan link building yang benar, pahami dulu apa itu link building.

{tocify} $title={Table of Contents}

Apa itu Link Building?

Link building adalah proses mendapatkan backlink yang tertanam pada situs lain dan menuju ke website kamu. Backlink merupakan tautan yang berasal dari web lain ke situs kamu dengan tujuan agar dapat meningkatkan DA PA dan akhirnya memperoleh banyak traffic organik.

Namun, jangan asal menanam backling. Kamu harus selektif dalam menempatkan tautan ke tempat lain. Semakin banyak backlink berkualitas tinggi yang menuju situs kamu, maka semakin tinggi pula rating domain yang kamu punya.

Dengan demikian, alamat situs kamu akan mudah ditemukan oleh mesin pencari, dan hasil pengindeksan konten berlangsung cepat.

Dalam penerapan SEO, tautan masih menjadi salah satu faktor dalam menilai peringkat. Dalam hal ini, tautan tersebut disebut backlink atau link masuk kedalam situs kamu. Terlebih lagi, jika backling yang didapat relevan dengan website kamu.

Namun, seperti yang telah dikatakan di atas, kamu harus pandai-pandai dalam menanam backling. Jika menaruh tautan di situs berkualitas rendah atau meletakkan link disitus yang menurut Google berbahaya, maka bisa merusak peringkat SEO. Parahnya lagi, jika Google memberikan penalty berupa deindex atau juga sandbox. 

Karen Itulah, memiliki 1 backling berkualitas lebih baik dibandingkan memperoleh 1000 backlink sampah. Sebab, link building bukan hanya soal seberapa banyak kamu mendapatkannya, tetapi seberapa bagus suatu backling itu kamu dapatkan.

Ada beberapa teknik link building yang bisa dipakai dalam memperoleh tautan berkualitas tinggi dari website lain. Namun, disarankan untuk menggunakan metode teknik yang sah agar memastikan link building yang kamu terapkan tidak merusak SEO.

Teknik Link Building untuk SEO

Membangun link building yang baik untuk SEO membutuhkan beberapa cara yang dipakai dalam teknik dan praktiknya. Berikut adalah teknik-teknik yang benar dan dapat membantu kamu meningkatkan domain authority:

1. Mendapatkan Backling

Mendapatkan backling adalah salah satu cara teknik link building yang tepat diterapkan untuk meningkatkan domain rating. Asalkan, backling yang didapat berasal dari situs berkualitas tinggi dan relevan dengan niche kamu. Sangat berbahaya jika kamu malah menaruhnya kedalam situs yang jelas-jelas melanggar kebijakan Google.

Situs website berkualitas tinggi mempunyai otoritas yang baik di mata Google dan memiliki banyak pengunjung yang aktif. Ketika kamu menanam tautan di website tersebut, maka hal itu akan mendapatkan sinyal positif dari algoritma, kalau situs kamu benar-benar terpercaya dan bisa menjadi sumber referensi bagi pihak lain.

Selain faktor kualitas, penting juga melihat apakah situs tersebut relevan dengan situs milikmu atau tidak. Saat website lain yang terkait dengan topik yang sama memberikan link untuk kamu, maka sekali lagi algoritma akan memberikan lampu hijau menandakan jika website kamu dinilai bermanfaat, khususnya bagi situs dengan niche yang sama.

Selanjutnya perhatikan juga estimasi traffic perbulannya. Tidak efektif kamu menanam backling yang bertraffic rendah. Carilah situs dengan traffic tinggi agar bisa ikut mendongkrak traffic milikmu.

Satu lagi, perhatikan reputasi website. Kamu bisa menilainya dengan melihat angka spam scorenya. Sebisa mungkin tanam backling ke tempat yang memiliki spam score maksimal 10%.

Dapat disimpulkan, untuk mulai membangun link building, maka perhatikan beberapa faktor-faktor, diantaranya Domain (DA) dan Halaman (PA), Relevansi Konten, Traffik, serta Reputasi.

2. Guest Posting

Menulis artikel tamu atau guest posting adalah salah satu teknik link building yang efektif dan populer dalam upaya menaikkan ranking situs pada beranda Google.

Guest posting melibatkan seorang penulis yang membuat artikel dan diposting pada situs lain. Teknik ini dilakukan sembari berharap mendapatkan backlink yang mengarah ke situs kamu.

Namun, untuk memperoleh backling lewat guest post tidaklah mudah. Kamu harus benar-benar pintar dalam membuat artikel berkualitas, agar mereka bersedia memberikanmu backling. Kalau mereka menilai artikel buatanmu biasa saja, bukan tidak mungkin link yang ditanam akan dinonaktifkan.

Untuk itu, buatlah artikel yang bagus, menarik, dan dapat mengundang pembaca. Satu hal lagi, artikel yang dimuat berisikan penjelasan informatif dan bermanfaat bagi pembaca setia.

Dan juga, buatlah artikel dengan gaya bahasa ciri khas sendiri, agar terdapat perbedaan dengan penulis lainnya. Tentu saja, artikel yang dibuat bersifat menarik dan mudah dibaca, serta gampang dicerna dan memenuhi standar kualitas konten yang diterapkan si pemilik situs.

Guest posting adalah metode teknik link building yang efektif, tetapi butuh waktu dan usaha untuk mendapatkan hasil yang ingin dicapai.

3. Membuat konten berkualitas

Membuat konten berkualitas ternyata erat kaitannya dengan penerapan link builiding. Karena, jika ada visitor yang membaca artikel kamu dan mereka menyukainya, bukan tidak mungkin suatu hari nanti mereka akan memasang link menuju website kamu sebagai bahan referensi. Dengan begitu, kamu akan dapat backling secara cuma-cuma.

Untuk melakukannya, kamu harus sungguh-sungguh secara optimal membuat artikel yang bagus. Biasakan untuk riset kata kunci, agar mengetahui sesuatu yang sedang trending beserta statistiknya.

Dengan demikian, hal yang lagi hangat tersebut dapat menarik minat target audiens untuk mengklik konten kamu.

Jangan lupa, disetiap konten tetap menampilkan informasi yang mengandung nilai edukasi bagi pembacanya. Gunakan bahasa sendiri, namun tetap mudah dipahami.

Tulisan yang lengkap memang bagus. Tapi, bila perlu tambahkan media pendukung berupa gambar, infografis, video, atau map sebagai intent navigasi, agar konten artikel tidak monoton saat dilihat. 

Dan yang terpenting, konten kamu bersifat unik dan berasal dari hasil tulisan sendiri. Bukan plagiat dari meniru artikel orang lain. Sebab, sekarang ini telah banyak situs penyedia cek plagiarisme.

Tulisan yang kamu buat akan ketahuan jika hasil copas dari karya orang lain. Hal itu dinilai Google sebagai suatu yang tidak bermanfaat.

Jika konten kamu asli dan benar-benar bermanfaat bagi orang lain, maka pemilik situs website lain secara sukarela ingin menautkan backlink ke situs pribadi kamu.

Menggunakan teknik link building yang tepat, maka kamu dapat menerapkan SEO dan akan menarik lebih banyak visitor potensial. Sehingga, berpengaruh terhadap peningkatan traffic organik.

4. Memanfaatkan Media Sosial

Memanfaatkan media sosial menjadi cara lain yang bisa untuk menerapkan praktik link building. Dengan fitur media sosial, kamu bisa memperoleh link dari akun media sosial orang lain yang tertarik dengan konten kamu.

Bahkan, bisa jadi mereka juga akan membagikan konten kamu kepada followers mereka, sehingga akan meningkatkan visibilitas dan popularitas konten.

Memanfaatkan media sosial dalam penerapan link building, usahakan untuk membuat artikel yang sedang viral agar dishare oleh banyak akun. Terdapat banyak platform media sosial yang bisa kamu manfaatkan seperti Instagram, Facebook, LinkedIn, dan juga Twitter. 

Jangan sampai lupa untuk menyisipkan tautan ke dalam postingan media sosial, dan sertakan keyword untuk menambah kecepatan indeks untuk tampil pada hasil pencarian Google.

Pada platform media sosial juga manfaatkan fitur-fitur yang tersedia. Misalnya, kamu membuat grup di Facebook atau mengsharenya pada forum diskusi seperti kaskus. Sehingga, kamu bisa melakukan interaksi dengan anggota grup atau forum tersebut.

Pentingnya Link Building untuk SEO

Link building adalah proses meningkatkan domain. Hal itu juga membuat backling begitu penting untuk SEO. Karena tautan dari luar dapat mendongkrak visibilitas website kamu di hasil pencarian.

Ketika mesin pencari seperti Google atau bing menilai suatu website, mereka akan meninjau dan melihat dari berbagai sisi, dimana salah satunya yaitu link yang masuk ke situs kamu.

Dengan membangun link building, maka kamu telah memperhatikan komponen dari SEO off page dalam pencarian backling. Sekali lagi, pastikan untuk memilih mana website yang tepat dan pantas untuk kamu tanamkan backling.

Secara keseluruhan, link building adalah penting dalam dunia SEO, karena link dari situs lain yang memiliki skor DA PA tinggi akan membantu kamu untuk mencari dan menjadi sumber traffic.

Dengan suksesnya link building, situs kamu akan memiliki kredibilitas yang baik di mata mesin pencari dan daat mencapai tujuan penerapan SEO off page.

Yang Dihindari dalam Link Building

Saat mulai menerapkan link building, penting untuk diingat jika untuk selalu melakukan cara yang natural. Sebisa mungkin menghindari cara "nakal" yang justru bisa berakibat fatal kedepannya.

Oleh karena itu, kamu mesti menghindari praktik link building dengan cara yang tidak etis tersebut.

Berikut ini termasuk cara yang untuk dihindari dalam praktek link building:

Menanam Link pada Spam Web

Sebelum  menanam link pada situs lain, perhatikan spam score website tersebut. Situs yang memiliki persentase spam tinggi hanya akan merugikan domain kita dimata mesin pencari.

Selain itu, reputasi website juga bisa menurun. Oleh karena itu, setidaknya tanam link ke tempat website yang memiliki spam score maksimal 10%.

Membeli Backling

Membeli backling secara berbayar merupakan praktik yang tidak sah dan dapat menurunkan reputasi situs website kamu. Terlebih lagi, jika kamu membeli backling dari situs yang tidak memiliki relevansi dengan niche situs kamu.

Google dengan bot algoritmanya bisa mendeteksi link tautan yang dibeli sebagai manipulasi peringkat pada mesin pencari. Untuk itu, lebih baik mendapatkan backling secara natural dan alami.

Tautan Berlebihan

Memiliki tautan yang banyak memang dibutuhkan. Namun, apabila didapat dalam waktu singkat, hanya akan mendapat sinyal negatif dan mencurigakan bagi mesin pencari.

Jadi, jangan berlebihan. Carilah backling secara berkala, agar bot Google menganggapnya sebagai sesuatu yang wajar.

Link yang Tidak Relevan

Telah disebut di atas, kalau dapatkan backling dari situs yang relevan dengan topik yang kamu bahas. Jadi, jangan asal melempar tautan.

Karena kalau tidak, bisa-bisa mesin pencari akan menandai situs kamu terindikasi melakukan kecurangan dalam menerapkan link building.

Kesimpulan

Dalam dunia SEO, link building adalah komponen penting dalam menerapkan SEO off page dalam rangka meningkatkan skor pada domain authority.

Pada akhirnya, pengaplikasian link building akan berefek pada meningkatnya lalu lintas organik yang masuk pada situs website kamu.

Dengan mempraktekkan link building dengan benar, maka kamu bisa memperbaiki nilai skor domain yang berpengaruh pada ranking Google.

Dengan demikian, kamu yang mau situsnya berada ada peringkat atas, maka link building adalah salah satu strategi yang tidak boleh dilewatkan.

Posting Komentar untuk " Link Building Adalah: Panduan Meningkatkan SEO Website"