Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Riset Pemasaran Produk Minuman dalam Berbisnis

Contoh Riset Pemasaran Produk Minuman
Contoh Riset Pemasaran Produk Minuman

Evin - Produk minuman dengan beragam varian dan rasanya yang menggoda, selalu berhasil mencuri perhatian kita.

Tetapi tahukah Anda, di balik nikmatnya ada riset pemasaran yang rumit dan cerdik dengan melibatkan aspek-aspek yang tak terduga?

Seperti apa contohnya?

Berikut ringkasan artikel yang akan membawa Anda mengungkap rahasia di balik kesuksesan pemasaran produk minuman dan berhasil menaklukkan hati konsumen. Mari kita mulai!

{tocify} $title={Table of Contents}

Faktor-faktor Riset Minuman

Saat melangkah ke dunia marketing, produk minuman memancarkan pesona yang tak terbantahkan. Segelas minuman yang panas maupun dingin, menyegarkan, dan nikmat merupakan daya tarik utama yang membuat konsumen penasaran untuk mencobanya.

Tapi, apakah faktor-faktor yang membuat produk minuman ini begitu menggoda?

Bermain dengan Rasa

Permainan rasa di lidah dari setiap tetesan air yang masuk, membuat pembeli seakan-akan berniat kembali membeli minuman tersebut di lain waktu.

Lalu, bagaimana penjual menggabungkan berbagai bahan alami untuk menciptakan sensasi rasa yang tak terlupakan? Inilah yang akan kita bahas dalam bagian ini.

Rasa adalah segalanya dalam produk minuman. Market research membawa kita masuk ke dunia f&b bagian minuman dimana ahli seni meramu bahan menciptakan kombinasi rasa yang unik.

Kemasan yang Menjual

Kemasan bisa dibilang jurus pamungkas dalam menarik perhatian pelanggan. Dalam riset pemasaran produk minuman, desainer berbakat memikirkan setiap detail kemasan dengan cermat.

Dari warna hingga bentuk botol, semuanya memiliki makna tersendiri. Setiap pebisnis temasuk industri makanan dan minuman juga memperhatikan masalah kemasan fisik ini.

Bahkan, apabila dirasa tidak sanggup atau tidak cukup ide dalam memikirkan bentuk kemasan, seorang enterpreneur tidak ragu menyewa marketing agency untuk mendesain contoh kemasan yang menjual.

Branding yang Mengena

Pemilik bisnis agar produknya dikenali semua orang, artinya mereka perlu sebuah brand yang cepat diingat hanya dengan sekali melihat logonya saja.

Branding adalah cerminan identitas produk termasuk minuman. Bagaimana sebuah merek mampu menciptakan citra yang kuat dan mengena di hati konsumen?

Pelaku bisnis seringkali berupaya menemukan cara-cara cerdik dan sentuhan personal yang membuat merek minuman mereka menjadi ikon di pasaran.

Promosi yang Kreatif

Promosi adalah kunci membuka pintu kesuksesan produk minuman. Riset pemasaran membawa kita menyelami strategi promosi yang kreatif dan unik.

Apa saja langkah-langkah cerdik yang dapat memikat konsumen dan meninggalkan kesan mendalam?

Salah satu caranya dengan melakukan experiential marketing. Dimana dengan cara ini, seorang salesman langsung bertatap muka dengan konsumen dan menawarkan untuk mencicip minuman mereka secara gratis.

Contoh Riset Pasar Produk Minuman

Di atas telah dibahas faktor-faktor apa saja yang menentukan dalam mengembangkan bisnis produk minuman Anda.

Poin-poin yang telah dijelaskan tadi, sangat penting apabila Anda ikut terjun kedalam industri ini.

Namun, persaingan yang begitu ketat memaksa mereka berinovasi untuk memenangkan pasar.

Karena itu diperlukan kegiatan riset pasar. Seperti apa bentuknya? Berikut akan disajikan contoh riset pemasaran produk minuman dalam berbisnis.

1. Produk Minuman Susu

Susu menjadi salah satu cairan yang sangat penting bagi tubuh. Dengan kaya akan kandungan seperti vitamin, protein, dan kalsium, susu berperan besar dalam menguatkan struktur tulang.

Hal semacam ini membuat terciptanya ide kreatif dalam berjualan minuman susu. Seperti yang kita tahu, varian rasa yang banyak dipasaran seperti vanilla atau coklat telah banyak dijumpai di pasar.

Dengan begitu, Anda bisa memadukan minuman susu dengan varian rasa baru yang kiranya belum pernah dijumpai.

Mungkin bisa juga dipadukan dengan beragam buah yang dicampurkan kedalam susu tersebut.

2. Produk Minuman Teh

Selain susu, minuman teh juga sering kita lihat di toko-toko atau minimarket. Aroma yang khas adalah senjata utama dari produk teh dalam memancing konsumen untuk melakukan pembelian.

Teh
Kemasan juga menjadi faktor yang dilihat bagi pembeli. Ada yang bentuknya kotak maupun botol dari kedua brand tersebut yang saat ini sangat menguasai market.

Mungkin Anda bisa memainkan imajinasi untuk membuat kemasan yang berbeda dari yang sebelumnya. Sehingga kemasan produk Anda memiliki ciri khas tersendiri.

3. Produk Minuman Kopi

Sama halnya dengan kedua contoh di atas, kopi menjadi salah satu jenis produk minuman yang banyak diincar oleh pelanggan.

Cappucino, latte, atau moccacino adalah variasi rasa yang sering terdengar.

Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku bisnis, untuk menciptakan rasa yang belum pernah dijual, sebagai bahan untuk menarik pecinta kopi.

4. Produk Air Mineral

Air mineral bermerk memang memguasai pasar saat ini. Terlebih lagi didukung dengan teknologi canggih, sehingga menjaga kesegaran air tersebut saat diminum oleh konsumen.

Namun, walau kualitasnya terjamin, harga adalah masalah yang dipikirkan oleh konsumen. Karena air minum bermerk memiliki taksiran harga yang jauh lebih tinggi.

Ini menjadi kesempatan bagi pebisnis air minum isi ulang. Dengan ikut berkompetisi lewat penawaran harga yang lebih murah.

Akan tetapi, karena air mineral adalah sumber kehidupan bagi manusia, jadi tetap harus dituntut soal kesterilan air tersebut.

5. Produk Minuman Berenergi

Karena aktivitas yang padat, para pekerja sering menkonsumsi minuman berenergi apalagi disaat pekerjaan yang masih menumpuk.

Dengan meminum jenis minuman ini, sangat dirasakan pekerja karena mendapat tambahan stamina yang lebih tinggi.

Namun, minuman berenergi juga beresiko. Jika dikonsumsi secara berkala, akan memiliki efek jangka panjang bagi kesehatan tubuh.

Sebagai pelaku bisnis, Anda tidak ada salahnya meriset, dan menemukan cara agar minuman berenergi yang ingin dijual setidaknya dapat meminimalisir gangguan kesehatan.

6. Minuman Soda

Coca cola adalah salah satu contoh minuman soda yang menguasai pasar internasional.

Jika Anda menyukai minuman bersoda dan berencana ikut menjadi pebisnis minuman ini, mungkin bisa berkompetisi lewat desain dan kemasan.

Rancanglah logo yang identik dengan bisnis Anda. Seperti Coca cola dan Pepsi yang telah mendunia, kita juga bisa meniru kesuksesan mereka lewat desain yang bisa meningkatkan brand.

7. Minuman Boba

Saat ini, minuman boba sangat digemari khususnya anak muda. Minuman kekinian ini sering dilirik konsumen, sehingga tak heran kini sudah berjamurnya merek minuman boba yang tersedia baik di mall, toko, maupun etalase pinggir jalan.

Mereka-mereka ini pandai membaca situasi pasar karena memang minuman boba sangat disukai remaja.

Bagi pebisnis baru, survey terlebih dahulu bagaimana rasa yang ditawarkan pesaing. Dari sana, akan menambah ide untuk mengkombinasikan varian rasa baru dengan boba milik kita sendiri.

Dengan banyaknya pesaing, sehingga promosi adalah langkah yang tepat dilakukan. Cara efektif agar boba kita dikenal luas, maka aktiflah promosi jualan online.

Anda bisa mengshare ke media sosial, bikin website bisnis, atau mendaftarkannya ke perusahaan startup seperti Gojek lewat fitur Gofood. Cara ini lebih praktis jika konsumen ingin order via aplikasi.

8. Produk Ice Cream

Ice cream bukan hanya disukai oleh anak-anak, tetapi semua kalangan juga menggemari minuman ini termasuk orang dewasa.

Minuman dingin ini terdapat berbagai bentuk wadah kemasan. Ada yang dari plastik, ataupun cup.

Ice cream dengan wadah cup saat ini sepertinya lebih disukai pembeli. Karena tidak gampang tumpah apabila ice cream mulai meleleh.

Nah, penggunaan cup bisa dipakai untuk membangun bisnis ice cream. Soal bentuknya, bisa Anda pikirkan sendiri. 

Kalau selama ini umumnya berbentuk kotak atau bulat, mungkin Anda bisa memikirkan bentuk lain seperti segitiga sebagai pembeda.

Kesimpulan

Seiring perjalanan kita melalui riset pemasaran produk minuman, kita menyadari bahwa setiap tetes minuman memiliki cerita tersendiri.

Dari rasa hingga kemasan, dari branding hingga promosi, semua elemen saling terkait dalam menciptakan kenikmatan sejati, hingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.

Contoh-contoh riset minuman di atas juga memberikan warna tersendiri ditengah persaingan yang ketat, karena semakin majunya ide pemikiran yang dimiliki kompetitor.

Semoga artikel ini memberikan wawasan baru dan menginspirasi Anda untuk mengeksplorasi lebih dalam tentang pesona produk minuman yang tak tergoyahkan.

Posting Komentar untuk "Contoh Riset Pemasaran Produk Minuman dalam Berbisnis"