Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Rekomendasi Jualan Online untuk Remaja dalam Berbisnis

Rekomendasi-Jualan-Online-untuk-Remaja
Rekomendasi Jualan Online untuk Remaja

10 Rekomendasi Jualan Online untuk Remaja dalam Berbisnis - Jika kalian sedang mencari cara untuk menghasilkan uang tambahan, berjualan online bisa menjadi solusi tepat.

Selain praktis dijalani, berjualan secara online juga bisa menghasilkan keuntungan yang besar apabila dilakukan dengan benar.

Namun, dengan begitu banyaknya pilihan ide berbisnis online, serta platform mana saja yang dapat menjadi wadah untuk berjualan, sehingga mungkin kalian merasa bingung harus memulai dari mana.

Jangan khawatir, karena artikel ini akan memberikan rekomendasi jualan online untuk remaja yang bisa menjadi opsi untuk membantu kalian sukses berjualan di era digital.

{tocify} $title={Table of Contents}

Platform Jualan Online

Sebelum memulai berjualan online, banyak faktor yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Selain ide produk, strategi marketing, design produk, hingga platform mana saja sebagai tempat bagi kalian untuk berbelanja.

Dalam urusan platform, kalian harus memilih platform yang tepat. Memilih platform berpengaruh terhadap strategi marketing masing-masing bisnis.

Kalian bisa menggunakan instagram dalam mempromosikan produk bisnis online. Instagram adalah platform terpopuler di kalangan remaja. Selain digunakan untuk sharing foto dan video, Instagram kerap dimanfaatkan pelaku bisnis sebagai platform jualan online.

Dengan fitur Instagram Shop, kalian bebas melakukan promosi terhadap barang yang dijual.

Selain itu, kamu bisa juga menempatkan barang dagangan ke salah satu marketplace seperti Shopee. Dimana, website bisnis berwarna oren ini merupakan salah satu platform jualan online yang sangat populer di Indonesia.

Dengan fitur seperti Shopee Mall atau Shopee Live, kamu bisa memperluas jangkauan target pasar.

Selain Shopee, Tokopedia bisa juga menjadi tempat bagi kalian yang ingin jualan online secara gratis.

Marketplace yang telah bekerjasama dengan salah satu startup transportasi online ini, sudah sering kita dengar menjadi salah satu tempat jualan online paling banyak direkomendasikan termasuk bagi remaja. 

Platform media sosial selain instagram yang saat ini lagi booming dalam hal julan online yaitu Tiktok. Aplikasi yang awalnya sebagai tempat berbagi video ini, sekarang telah merambah dunia bisnis dengan menghadirkan Tiktok Shop.

Keempat platform di atas menjadi contoh sarana jualan online bagi remaja. Selain itu masih banyak lagi ecommerce yang menawarkan fitur serupa.

Setelah menentukan platform mana yang dipakai, dari sana barulah kita memikirkan bagaimana cara melakukan promosi pemasaran terhadap produk bisnis online.

Ide Jualan Online Remaja

Lalu, apa saja, rekomendasi jualan online untuk remaja supaya bisa menghasilkan cuan? Berikut ini daftarnya:

1. Gambar Stiker

Terkadang, orang-orang gemar sekali mengoleksi gambar. Terlebih lagi kalau gambar tersebut merupakan sesuatu yang digemari, seperti pemain bola, karakter gaming, atau karakter anime. 

Hal tersebut menjadi peluang jualan online untuk remaja. Stiker gambar tersebut bisa ditempelkan ditempat-tempat tertentu seperti laptop, ponsel, cangkir atau barang-barang lainnya, hingga menjadi sebuah hiasan.

Nah, lewat toko online, para remaja bisa menawarkan berbagai paket gambar stiker. Kamu juga dapat menambahkan teks berisikan quotes atau kata-kata mutiara. Stiker tadi bisa dijual dengan jumlah satuan atau secara paket berdasarkan temanya.

2. Aksesoris Smartphone

Beberapa tahun belakangan, telah banyak penjual aksesoris smartphone, baik itu berupa tempelan stiker biasa ataupun casing handphone.

Ini menjadi salah satu rekomendasi jualan online untuk remaja selanjutnya. Sebab, casing handphone merupakan aksesoris berbagai ponsel manapun yang diminati oleh banyak orang, termasuk dikalangan remaja. 

Kamu bisa menjual casing sesuai design atau gambarnya. Bisa bergambar klub bola, anime character, atau gambar visual lainnya.

Bisa juga dengan membuat desain yang unik, dan lucu untuk menyasar remaja perempuan. Selain itu, bisa juga menyisipkan gambar pada casing sesuai tema lainnya, seperti inisial nama, tempat wisata, sketsa wajah, dan tema-tema lainnya.

Perhatikan juga dalam memilih supplier. Pilihlah supplier yang menawarkan beragam aksesoris ponsel tersebut dengan kualitas terbaik, supaya tidak membuat calon konsumen kecewa.

3. Aksesoris Fashion

Masih dalam hal aksesoris, namun kali ini merambah dunia fashion. Bagi remaja perempuan, kamu bisa pilih untuk menjual fashion assesoris seperti gelang, anting dan lainnya.

Terhitung aksesoris fashion ini mempunyai banyak peminat, maka bisa kalian jadikan rekomendasi jualan untuk dijajakan secara online. 

Selain secara online, tentunya bisa kalian tawarkan hasil aksesoris tersebut secara offline, atau dari mulut ke mulut.

4. Jasa Penulisan Artikel

Saat ini telah banyak yang menawarkan jasa penulisan artikel baik melalui blog, website pribadi, maupun situs-situs freelancer.

Untuk itu, diperlukan keahlian mumpuni dalam menulis artikel yang baik, agar banyak klien memberikan pekerjaan tersebut. 

Jasa penulisan artikel sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk bagi kalangan remaja.

5. Menjual Photo Online

Kamu hobby motret ? jika iya, tidak ada salahnya hasil potret tersebut dijual secara online. Saat ini, telah tersedia situs penyedia foto gratis maupun berbayar seperti Freepik, Istock, ataupun Shutterstock. 

Sebenarnya menjual photo online tidaklah sulit dilakukan. Hanya perlu memakai kamera ponsel saja, sudah dapat mengambil objek gambar. Walaupun tentu dengan memakai DSLR hasilnya akan lebih jernih.

Untuk itu, mulailah mempelajari berbagai teknik pengambilan gambar, termasuk teknik shutter speed.

6. Membuka Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner memang gak ada matinya. Berbagai kalangan suka akan kelezatan makanan, termasuk remaja. Jadi, bisnis kuliner masih dianggap baik sebagai rekomendasi jualan online untuk remaja.

Terutama bagi yang bisa masak, sebaiknya salurkan skill kalian tersebut untuk menciptakan resep makanan unik.

Berhubung telah banyak pedagang makanan baik di toko-toko maupun pinggir jalan, untuk itu harus dibuatlah makanan unik yang berbeda dari penjual lainnya.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan produk makanan apa yang mau dijual, sebaiknya riset dulu pedagang sekitar atau daerah sekitar, agar memunculkan ide makanan untuk jualan

7. Bingkai Photo Lampu LED

Di kalangan remaja, foto merupakan salah satu barang penting terutama bagi remaja perempuan. Mereka kerap mengabadikan momen penting dalam sebuah potret gambar.

Nah, berhubung foto kerap dipajang pada suatu ruangan, maka membuka bisnis baru bagi kalangan remaja dengan mencetak foto dan memasangnya dengan bingkai photo lampu LED.

Lampu LED memiliki nilai estetik dalam memperindah tampilan foto. Namun, tidak sampai disitu, karena lampu terang ini juga berfungsi untuk lampu baca yang dapat memberikan cahaya terang sewaktu ingin membaca buku.

Jadi, selain untuk hiasan, bingkai lampu LED bisa dimanfaatkan sebagai penerang tambahan.

8. Jual Item Game Online

Hampir semua orang menginstall game di ponsel masing-masing. Karena penggemar game telah menyasar banyak kalangan khususnya remaja. Mereka bahkan bisa menghabiskan waktu sehari penuh hanya untuk bermain game tersebut.

Banyak pilihan game populer saat ini. Baik game mobile seperti Mobile Legends, dan PUBG, maupun game PC seperti DOTA 2, League of Legends ataupun Fortnite.

Terkadang, mereka gemar sekali membeli berbagai item, mulai dari skin, senjata, dan item-item lainnya. Tidak peduli berapapun harganya, biasanya mereka akan berusaha mendapatkan item yang diincar.

Pembelian item ini, selain untuk memenangkan pertandingan dengan menambah skill item, juga bermaksud untuk mempercantik tampilan skin pada karakter gaming tersebut.

Nah, karena itulah jual item game online tentunya banyak peminat dan masuk rekomendasi jualan online untuk remaja.

9. Reseller atau Dropshipper

Apabila kamu memiliki dana minim, mungkin boleh mencoba berbisnis dengan sistem dropshipper. Dengan menjadi seorang reseller, para remaja bisa menjalankan roda bisnisnya, walau modal terbatas.

Dari sekian banyak produk reseller, pakaian adalah satu diantaranya. Dengan masa pubertas yang dialami remaja. Sehingga membuat mereka selalu tampil modis, memaksa mereka sering berburu pakaian.

10. Menjual E-book

Informasi memang dibutuhkan sampai kapanpun. Orang-orang yang biasanya mencari informasi lewat buku fisik, namun kali ini telah banyak bertebaran buku dalam bentuk elektronik atau e-book.

Isi dari ebook bukan hanya seputar pelajaran, tetapi novel atau komik juga termasuk didalamnya. Hal itu tentu banyak dicari oleh para kawula muda.

Oleh sebab itu, apabila kamu pandai membuat cerita novel ataupun menggambar komik dengan alur cerita yang dapat menyentuh hati pembaca, maka ebook merupakan rekomendasi jualan online yang tepat.

Kesimpulan

Rekomendasi jualan online untuk remaja di atas menjadi ide baru bagi kalian-kalian yang ingin menghasilkan uang tambahan. 

Apabila bisnis kamu ini sukses, maka bisa dilanjutkan sebagai bisnis dengan prospek cerah.

Namun, apabila gagal pun, setidaknya kalian memiliki bekal untuk lebih baik lagi membangun bisnis online dimasa depan, berkat pengalaman berharga yang kalian dapatkan pada masa remaja.

Posting Komentar untuk "10 Rekomendasi Jualan Online untuk Remaja dalam Berbisnis"