Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Membuat Backlink Berkualitas Tinggi pada Website

Backlink, Link Building, SEO;
Cara Membuat Backlink Berkualitas Tinggi

9 Cara Membuat Backlink Berkualitas Tinggi pada Website - Sebagaimana kita tahu, untuk mendapatkan peringkat lebih baik di mesin pencari google, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan, salah satunya backlink.

Backlink menjadi faktor penting untuk mendapatkan rangking atas di beranda Google, terutama apabila backlink tersebut merupakan backlink berkualitas.

Sebenarnya apa itu backlink dan bagaimana cara membangun backlink yang baik? Berikut akan diulas lebih dalam.

{tocify} $title={Table of Contents}

Apa Itu Backlink

Backlink adalah tautan yang ditanam pada situs lain lalu mengarah ke halaman situs website kamu sendiri. Backlink seringkali dianggap sebagai salah satu faktor utama strategi SEO, karena dapat meningkatkan skor atau nilai domain authority sebuah website.

Dimana, tingginya domain rating berpengaruh pada peringkat yang didapatkan masing-masing website pada search engine.

Membangun backlink berkualitas sangatlah penting dilakukan. Karena satu backlink berkualitas lebih baik jika dibandingkan dengan seratus backlink sampah.

Ada beberapa kategori dimana suatu backlink dikatakan sebagai backlink berkualitas atau bukan. Salah satunya adalah adanya relevansi antara situs kamu dengan situs yang ditanamkan backlink.

Apabila backlink tersebut satu niche dengan situs milikmu, maka backlink tersebut baik dimata google search console, sehingga efektif dalam meningkatkan peringkat website dan mendatangkan traffic organik.

Manfaat Backlink untuk SEO

Backlink adalah salah satu faktor penting dalam optimasi mesin pencari atau SEO.

Di atas telah dijelaskan bahwa backlink berkualitas berpotensi mendatangkan traffic organik.

Lalu sebenarnya apa manfaat lain yang dapat diperoleh dari backling tersebut, berikut diantaranya:

Meningkatkan Peringkat Website

Di atas juga telah dijelaskan kalau backlink berpengaruh terhadap peringkat website di search engine. Lalu bagaimana hal tersebut bisa terjadi?

Hal ini karena backlink dianggap sebagai tanda pengakuan dari website lain kalau konten kamu tersebut berkualitas, sehingga pantas untuk dijadikan bahan rujukan bagi pengguna internet.

Semakin banyak website lain menjadikan situs kamu sebagai bahan referensi hingga memberikan backlink, maka berpeluang untuk dapat bersaing di peringkat atas beranda Google.

Meningkatkan Domain Authority

Jika mendapatkan backlink berkualitas dari situs lain, terutama website tersebut memiliki domain rating yang tinggi, maka akan membantu meningkatkan skor domain authority website kita sendiri, sehingga memiliki reputasi baik di mata mesin pencari serta pengguna internet.

Banyaknya backlink berkualitas kamu dapatkan dari situs lain, semakin banyak pula situs lain yang akan mempercayai konten kita, lalu mengutipnya kedalam postingan mereka.

Memperoleh Trafik Organik

Selain dapat meningkatkan Skor DA PA, Backlink tentunya juga berpengaruh terhadap banyaknya organic traffic yang dihasilkan.

Hal itu jelas karena tingginya domain rating berbanding lurus dengan perbaikan peringkat Google, termasuk berpeluang untuk mendapatkan posisi di page one

Sedangkan, apabila banyak artikel kita yang masuk page one berdasarkan kata kunci tertentu, tentu peluang mendapatkan trafik organik lebih besar dan lebih banyak daripada artikel-artikel yang berada di page two, page three dan seterusnya. 

Sehingga dapat disimpulkan kalau backlink juga bermanfaat terhadap jumlah trafik organik yang datang berkunjung.

Tingkatkan Keterlibatan Pengguna

Backlink yang baik adalah apabila backlink tersebut relevan atau satu niche dengan situs kita. Dengan demikian, bisa membantu meningkatkan keterlibatan pengguna dengan konten kamu.

Ketika pembaca berkunjung ke situs lain dan ternyata di dalam artikel tersebut terdapat backlink menuju situs kita. Lalu, tautan tersebut diklik oleh pembaca tersebut, sehingga audiens masuk ke situs kamu untuk membaca konten yang lebih lengkap.

Hal ini sama saja dapat membuat adanya keterlibatan pengguna dengan konten kamu dan bisa memperkuat hubungan antara audiens dengan pemilik situs atau pembuat artikel.

Sehingga, dapat disimpulkan apabila backlink menjadi salah satu faktor penting dalam melakukan pengoptimalan terhadap mesin pencari atau lebih tepatnya SEO off Page.

Cara Membuat Backlink

Setelah mengetahui apa-apa saja manfaat dari backlink, tentunya sebagai pemilik website, kita berkeinginan untuk mendapatkan backlink, terutama backlink berkualitas.

Dikarenakan backlink merupakan kunci untuk meningkatkan peringkat website, membuat para pemilik situs berlomba-lomba memperoleh backlink.

Namun, cara membuat backlink berkualitas tinggi dalam piramida link building bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Perlu proses yang tidak sebentar dan perlu waktu cukup lama untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Berikut adalah beberapa cara membuat backlink berkualitas tinggi yang baik dan sehat bagi pemilik website:

1. Buat konten berkualitas

Tahap awal untuk cara membangun backlink adalah dengan membuat konten berkualitas.

Karena backlink menjadi bahan referensi bagi situs lain, tentunya tidak akan mungkin mereka mau memberikan kalian backling kalau kontennya tidak berkualitas, kecuali kalau kalian membayar mereka.

Untuk itu diperlukan pembuatan konten berkualitas supaya mereka benar-benar mempercayai situs kita sebagai situs lengkap dari apa yang disajikan oleh mereka.

Pastikan konten bersifat informatif, mudah dimengerti, dan memberikan nilai tambah serta bermanfaat bagi pembaca.

2. Gunakan Teknik Broken Link

Teknik broken link building maksudnya mengganti link rusak atau mati dengan link baru.

Biasanya cara ini sering dilakukan blogger pada situs wikipedia. Biasanya, wikipedia banyak memberikan backlink dari sumber situs lain.

Akan tetapi, terkadang situs yang dituju justru sudah rusak atau hanya menghasilkan 404 not found.

Oleh karena itu, kita menawari wikipedia untuk mengganti backlink rusak tersebut dengan backlink yenag tertuju ke situs kita. 

Walaupun kabarnya saat ini backlink dari wikipedia bersifat nofollow, tetapi teknik ini masih banyak diburu oleh para blogger atau pemilik situs website lainnya. 

3. Lakukan Guest Blogging

Guest blogging adalah mendapatkan backlink dengan berkunjung ke blog atau situs lain. Setelah itu, kita menulis artikel untuk situs website lain tersebut sebagai tamu dan tidak lupa untuk menyertakan backlink ke situs sendiri.

Pastikan situs yang dituju untuk guest post merupakan website berkualitas, domain tinggi, dan kalau perlu pembahasannya berhubungan dengan situs kita.

Melakukan guest blogging mungkin susah-susah gampang, tergantung apakah si pemilik website bersedia memperbolehkan kita menanam backlink ditempat mereka atau tidak.

4. Anchor Text

Pemilihan anchor text yang tepat juga mempengaruhi kualitas backlink. Caranya, gunakan anchor text dengan memiliki kata atau kalimat yang sama dengan artikel untuk menanam backlink.

Contoh, kalau situs untuk menanam backlink tersebut membahas finansial, maka kita gunakan anchor text bertemakan keuangan, seperti saham, obligasi, asset, cash, credit, dan sebagainya.

Jangan lupa untuk menggunakan anchor text yang memiliki banyak volume pencarian. Kamu bisa pakai tools gratisan seperti google keyword planner, atau keyword surfer untuk mencari search volume secara gratis.

Atau, jika memiliki dana berlebih tidak ada salahnya mencoba tools premium seperti Moz, ubbersuggest dan SEMrush. Kalau perlu pakai saja tools sultan seperti Ahrefs agar hasilnya lebih maksimal.

5. Dapatkan Backlink Blogroll

Banyak para blogger berlomba-lomba ingin mendapatkan backlink blogroll.

Karena hal ini dipercaya, kalau jenis backlink blogroll memiliki power lebih kuat dibandingkan backlink kontekstual atau backlink profile.

Bahkan tidak jarang pula mereka melakukan praktek PBN dengan membuat blog sebanyak mungkin, lalu memasang backlink tersebut pada widget, menu navigasi, header, dan footer.

6. Gunakan Media Sosial

Media sosial memiliki banyak penggunanya. Baik itu Instagram, Facebook, Twitter, Linkedin, ataupun Pinterest.

Hal ini menjadi peluang besar bagi pemilik situs untuk menanam backlink agar mendapatkan signal media sosial.

Kamu bisa meletakkan backlink pada profile, status, bio, atau menyisipkannya pada postingan platform media sosial tersebut.

Jadi, dengan banyaknya pengguna media sosial, maka tidak ada salahnya kita mengshare backlink pada berbagai platform media sosial agar lebih banyak mendatangkan traffic.

7. Backlink Situs Berkualitas

Sudah dijelaskan di atas, kalau situs tujuan backlink haruslah berkualitas. Sebelum meletakkan backlink, seharusnya dicek terlebih dahulu tentang website tersebut.

Kamu bisa pakai tools gratis Moz yang didapat dari extension Google Chrome untuk melakukan pengecekan.

Dengan demikian kita bisa melihat berapa jumlah skor Domain Authority, page Authority, dan yang gak kalah penting adalah berapa jumlah spam scorenya.

Apabila skor DA PA bagus atau tinggi, dan nilai spam scorenya rendah, maka website tersebut dinilai sehat dan cocok untuk ditanamkan backlink.

8. Backlink Forum

Forum merupakan wadah bagi anggotanya untuk bertukar informasi. Terkadang dalam informasi tersebut juga tertanam backlink didalamnya. Hal itu biasa dilakukan oleh para blogger.

Contohnya di Quora. Banyak blogger yang membagikan link website mereka agar menjadi backlink dan juga sambil berharap tautan tersebut diklik oleh anggota lainnya sehingga mendapatkan organic traffic.

Di Indonesia sendiri Kaskus menjadi forum berkualitas tinggi yang kerap dipergunakan oleh blogger-blogger untuk mendapatkan backlink.

Dengan mengikuti forum-forum dan komunitas online, memperbesar peluang kita mendapatkan backlink dan memperbanyak trafik.

9. Ketahui Backlink Kompetitor

Terkadang kita ingin menanam backlink tetapi tidak tahu situs untuk meletakkannya. Untuk itu, kita harus ketahui backlink kompetitor.

Caranya, bisa pakai Ahrefs atau Ubbersuggest. Disana, bisa dilihat darimana saja sumber backlink yang didapatkan para blogger.

Dengan begitu, kita bisa ikut menanam backlink disana. Seperti apa yang dilakukan oleh kompetitor kita.

Kesimpulan

Backlink adalah salah satu faktor SEO sebagai penentu dimana artikel kita berada pada peringkat mesin pencari Google.

Cara membuat backlink berkualitas tinggi membutuhkan waktu dan upaya yang konsisten. Namun, dengan mengikuti panduan serta beberapa tips di atas, kamu dapat membangun backlink secara alami.

Selalu Cek Skor DA PA setelah menanam backlink atau setelah backlink tersebut telah terindeks. Apabila artikel kita mengalami penurunan, maka dengan memberikan backlink peringkat artikel bisa kembali naik.

Posting Komentar untuk "9 Cara Membuat Backlink Berkualitas Tinggi pada Website"