Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Display Adalah, dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Iklan, Iklan Display Adalah, Ads, Advertising
Iklan Display Adalah

Iklan Display Adalah, dan Bagaimana Cara Menggunakannya - Di era digital marketing, iklan display telah menjadi salah satu metode yang sangat efektif dalam kegiatan promosi produk atau jasa.

Namun, mungkin diantara kamu masih bertanya-tanya, sebenarnya apa itu iklan display dan bagaimana cara menggunakannya dengan benar?

Untuk itu, artikel ini akan memberikan penjelasan lengkap seputar iklan display, serta tips-tips menggunakannya untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa.

{tocify} $title={Table of Contents}

Apa Itu Iklan Display

Mungkin masih banyak yang belum tahu apa itu iklan display. Sementara itu, Iklan display adalah salah satu jenis iklan digital berupa visual gambar, video, atau teks pada blog, website, aplikasi, atau platform  media sosial.

Umumnya, jenis iklan display adalah banner iklan yang seringkali ditemukan pada bagian atas, bawah, tengah atau sidebar diberbagai situs website.

Dalam dunia digital marketing, terdapat keuntungan menerapkan salah satu jenis iklan online ini. Manfaat yang diperoleh dalam menggunakan iklan display adalah dapat menargetkan target audiens secara tepat sasaran untuk produk atau jasa bisnis online.

Iklan display juga bisa meningkatkan kesadaran merek dan mampu memperkuat hubungan dengan calon pelanggan potensial.

Bagi yang ingin mempromosikan produknya dengan teknik Search Engine Marketing, biasanya pada setiap jaringan periklanan seperti Google Ads atau FB Ads, kita bisa mengatur tampilan iklan display pada situs web atau aplikasi tertentu.

Settingan iklan bisa diatur dengan menargetkan target audiens berdasarkan demografi, letak geografis, dan masih banyak lagi.

Namun, dalam memasang iklan, penting untuk diingat bahwa iklan display bukan satu-satunya jenis iklan digital.

Masih ada jenis iklan lainnya seperti iklan pop up, maupun melalui metode email marketing. Karena itu, pelu kiranya mempertimbangkan strategi pemasaran yang cocok dalam mempromosikan bisnis online kamu.

Cara Menggunakan Iklan Display

Menggunakan iklan display bisa menjadi strategi efektif dalam meningkatkan volume penjualan produk atau jasa suatu bisnis online. Namun, sebelumnya kita harus memperhatikan beberapa hal mengenai digital ads campaign ini.

Tentukan Tujuan Iklan

Sebelum memulai kampanye iklan display, kamu harus menentukan tujuan kampanye iklan secara jelas. Apakah ingin meningkatkan volume penjualan, meningkatkan kesadaran merek, atau menciptakan relasi yang kuat dengan para konsumen.

Tujuan memasang iklan display adalah,  jelas akan membantu seorang advertiser mengukur bagaimana performa dan tingkat keberhasilan suatu kampanye iklan display yang dipasang.

Tentukan Target Audiens

Tentukan target audiens apabila telah menentukan tujuan pemasangan iklan. Dalam mengatur settingan iklan, ada beberapa faktor yang mesti dipertimbangkan.

Faktor-faktor tersebut seperti umur, gender, minat atau hobby, lokasi geografis, dan perilaku online pada masing-masing individu pengguna internet.

Pilih Platform yang Tepat

Telah dikatakan di atas kalau terdapat banyak jaringan periklanan dan juga platform-platform untuk menampilkan Iklan display. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Pilihlah platform yang cocok dengan konten atau produk yang ditawarkan.

Selain platform dan network ads, tentukan juga format iklan yang tersedia. Pilih formatnya sesuai dengan produk bisnis.

Contohnya apakah ingin memasang banner, format iklan video, gambar, teks, dan tentunya mengatur iklan responsif agar tidak berantakan ketika muncul di website.

Riset Keyword

Baik saat membuat konten ataupun beriklan, kita tidak terlepas dengan yang namanya riset keyword. Melakukan riset kata kunci juga diperlukan pada saat memasang iklan.

Misalkan, produk atau jasa kita merupakan jasa penulisan artikel. Dari situ, bisa dilihat keyword mana yang sering di ketik oleh pengguna internet yang memiliki hubungan dengan jasa penulisan artikel.

Contohnya, bisa ditambahkan keyword jasa SEO, konsultan SEO, jasa ketik artikel, jasa pembuat artikel, artikel seo terpercaya, dan lain sebagainya. 

Buat Konten Menarik

Ada beberapa tips agar audiens mau mengklik iklan display kamu, salah satunya harus membuat konten menarik dan unik.

Gunakan gambar berkualitas tinggi dan pakai font yang mudah dibaca, supaya teks kata atau kalimat mudah dipahami oleh audiens sehingga menarik perhatian mereka.

Analisa Performa Iklan

Sebagaimana jenis iklan lainnya, setelah kampanye iklan display selesai dipasang, tidak boleh dibiarkan begitu saja. Sebagai seorang advertiser, harus selalu melakukan analisa performa iklan, dan mengamati kinerja kampanye iklan display tersebut.

Perhatikan berapa jumlah view iklan, jumlah klik, serta konversi penjualan. Data-data ini akan membantumu dalam meningkatkan digital ads campaign dimasa depan.

Mengikuti tips-tips di atas, artinya kamu berpeluang meningkatkan penjualan dan memperkuat brand produk bisnis online lewat iklan display. Selalu amati setiap pergerakan grafik iklan, sebagai bahan evaluasi untuk performa yang lebih baik lagi.

Platform Iklan Display

Supaya produk bisnis lebih dikenal luas dan memperoleh banyak penjualan, salah satu caranya dengan memasang iklan online.

Berarti, kita butuh wadah atau Platform sebagai tempat pemasangan iklan. Berikut beberapa platform iklan display yang kerap digunakan oleh advertiser:

Google Ads

Google Ads adalah salah satu jaringan iklan online yang memungkinkan pengiklan untuk dapat menayangkan iklan display mereka.

Produk buatan Google ini menampilkan tampilan iklan pada jaringan Google, meliputi situs website, blog pribadi, dan aplikasi.

Selain itu, Google Ads juga menayangkan iklannya pada platform berbagi video Youtube. Sebagaimana yang sering kita lihat pada saat menonton Youtube, seringkali muncul iklan pada awal, akhir atau ditengah-tengah pada saat video berlangsung.

Google Ads memungkinkan pemasang iklan untuk mendapatkan target audiens berdasarkan kata kunci, tema, atau perilaku para audiens.

MGID

Sama seperti Google Ads, MGID merupakan jaringan periklanan online yang saat ini banyak dipakai oleh para blogger. Selain itu, MGID sering dipakai oleh portal berita untuk memasang iklan mereka disana.

MGID adalah jaringan iklan berbentuk native ads. Iklan native yang dipasang disini, kabarnya bernilai tinggi seperti adsense, sehingga membuat banyak pemilik situs memilih MGID sebagai network ads mereka.

Facebook Ads

Siapa yang gak tahu Facebook? Platform media sosial ini begitu populer di media 2010-an. Facebook mungkin bisa dibilang sebagai pionir bagi platform berbagi lainnya.

Bukan hanya itu, karena saat ini Facebook memiliki fitur Facebook Ads untuk memudahkan pemilik online business memasarkan produknya. 

Facebook Ads adalah platform iklan digital yang membuat advertiser bisa menampilkan iklan display baik itu di Facebook, Instagram, maupun Messenger.

Seperti network ads lainnya, Facebook Ads menyediakan berbagai opsi target audien berdasarkan demografi, minat, dan kondisi geografis.

LinkedIn Ads

LinkedIn adalah platform yang biasanya diperuntukkan bagi para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan. Banyak perusahaan-perusahaan atau pelaku bisnis memposting info lowongan kerja lewat situs ini.

Saat ini, LinkedIn memiliki fitur LinkedIn Ads. Dimana, LinkedIn Ads adalah platform iklan online yang memungkinkan advertiser dapat menampilkan iklan display di LinkedIn.

Platform ini kerap dipakai untuk menargetkan audiens berdasarkan kategori-kategori tertentu seperti, industri, atau pendidikan.

Pinterest Ads

Selain Facebook dan LinkedIn, ada lagi platform media sosial, dimana lewat platform tersebut kita bisa memasang iklan. Media sosial tersebut yaitu Pinterest.

Pinterest dipergunakan oleh para content creator untuk memasang foto dan menguploadnya ke Pinterest.

Dengan fitur Pinterest Ads, banyak manfaat yang diperoleh lewat fitur ini. Bisa menambah followers, meningkatkan engagment, impression, hingga memperoleh banyak volume penjualan.

Memilih platform jaringan iklan display yang tepat, efektif dalam meningkatkan kampanye iklan digital, sehingga target audiens yang dituju bisa tepat sasaran.

Untuk itu, kiranya perlu mengetahui setiap karakteristik dan kelebihan masing-masing saran pemasangan iklan digital tersebut,  sebelum memilih dimana kita ingin meletakkan iklan.

Kesimpulan

Iklan display adalah salah satu jenis iklan online yang sering dipakai oleh para pemilik situs untuk memasarkan produk atau jasa mereka.

Dalam mengembangkan strategi pemasaran iklan display, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Misalnya, advertiser harus menargetkan audiens mana yang ingin ditargetkan, konten iklan menarik dan responsif terhadap template yang digunakan.

Selain itu, pastikan pengiklan konsisten menampilkan iklan display pada situs web atau aplikasi yang ditampilkan.

Ketiga, advertiser harus mengoptimalkan iklan agar meningkatkan konversi penjualan, dengan selalu memonitor, lalu melakukan analisis bagaimana kinerja kampanye iklan sebagai bahan evaluasi.

Tidak kalah penting, supaya memilih platform atau jaringan periklanan mana yang cocok untuk memasarkan produk bisnis online kita.

Strategi marketing display ads efektif membantu meningkatkan kesadaran merek, menambah penjualan, serta memperluas pangsa pasar.

Lewat penjelasan dan tips-tips di atas, kiranya akan mempermudah pelaku online business untuk memasarkan produk atau jasa mereka dengan menjadi seorang advertiser.

Posting Komentar untuk "Iklan Display Adalah, dan Bagaimana Cara Menggunakannya"