Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Content Writing Adalah: Tips Menjadi Penulis Konten

Content Writing, content, writing, konten, penulis konten, text
Content Writing

Content Writing Adalah: Tips Menjadi Penulis Konten - Saat ini, bisnis online semakin berkembang pesat, hingga membuat banyak enterpreneur mulai menjalani bisnis di dunia maya.

Salah satu kunci sukses bisnis online adalah dengan memiliki konten berkualitas, unik, dan menarik bagi pengunjung situs website atau pada platform media sosial.

Inilah mengapa content writing atau penulisan konten begitu penting sekali dalam strategi digital marketing. Untuk itu, dalam artikel ini, kita akan membahas tentang arti content writing, serta tips menjadi seorang content writer atau penulis konten professional.

{tocify} $title={Table of Contents}

Apa itu Content Writing

Content writing adalah suatu kegiatan menulis konten pada situs website atau blog pribadi dengan tujuan memberikan berbagai informasi, mendatangkan banyak traffic ke situs web atau blog, serta menghasilkan pendapatan lewat tulisan tersebut.

Dalam dunia digital marketing saat ini, menjadi seorang content writer yang handal membuat tulisan artikel sangat dibutuhkan bagi pelaku bisnis. Sebab, konten tersebut diperlukan dalam membangun brand awareness dan juga meningkatkan engagement melalui target audience.

Seorang penulis konten harus memiliki skill menulis dengan gaya tulisan sendiri atau memiliki karakter tersendiri, sehingga tulisan tersebut terlihat unik dan menarik, sesuai dengan target audiens.

Karena itulah diperlukan pemahaman teknik copywriting agar menghasilkan konten berkualitas.

Selain teknik copywritng, penulis konten tentunya harus menguasai bahasa yang tepat dalam artian mudah dimengerti oleh pembaca, supaya informasi dapat tersampaikan dan mudah dicerna dengan baik, serta mudah dipahami oleh para pengunjung.

Yang namanya online business, tentu kita berharap kalau webiste bisnis banyak dikunjungi visitor. Hal itulah yang membuat suatu postingan erat kaitannya dengan SEO. Baik seo on page maupun seo off page dibutuhkan dalam mendatangkan banyak organic traffic.

Oleh karena itu, content writer haruslah bisa mengoptimalkan teknik SEO dalam setiap pembuatan konten. Gunakanlah kata kunci yang tepat, meta deskripsi yang menarik, lalu juga memberikan heading sesuai dengan topik postingan yang dibuat.

Menjadi content writer professional bukanlah hal yang mudah, namun dengan skill, keahlian, dan juga keterampilan dalam menulis artikel, setiap orang bisa menjadi penulis konten yang mumpuni.

Tips Menjadi Penulis Konten

Tak bisa dipungkiri, apabila ingin menjadi penulis konten profesional bukanlah hal yang mudah. Butuh keterampilan skill menulis, memahami target audience, dan juga melakukan berbagai riset secara cermat.

Berikut ini merupakan tips-tips bagi kamu apabila ingin menjadi penulis konten professional:

Kuasai Bahasa yang Tepat

Tujuan kita membuat artikel maupun konten yaitu supaya dapat mempengaruhi pembaca lewat informasi yang disampaikan.

Agar mereka paham dengan maksud tulisan kita tersebut, sebaiknya pakai bahasa yang kiranya mudah dimengerti oleh target audiens. Pergunakan tenses, idiom, dan slang secara tepat, karena berpengaruh dalam membangun koneksi dengan target audience.

Menggunakan tenses yang benar membuat konten terkesan lebih profesional. Pastikan kamu perhatikan tenses yang digunakan agar postingan terdengar lebih jelas.

Idiom dan slang diperlukan agar bisa memberikan warna berbeda pada konten. Namun, jangan asal menggunakannya. Karena kalau tidak, para pembaca bisa salah mengartikannya. Kuasai idiom dan slang, sesuai dengan konteks artikel agar postingan konten terkesan enak dilihat.

Pahami Target Audience

Dalam bisnis online, tentu produk yang dijual memiliki target pasar. Contohnya, jika menjual produk kecantikan, berarti kamu menargetkan wanita dewasa. Atau jika menjual item game, artinya target pasar kita merupakan para gamer.

Begitu juga saat membuat konten artikel. Sebagai content writer tentu kita pahami dulu siapa yang menjadi target audiens. Hal ini penting dilakukan agar tulisan artikel cocok dengan karakter pembaca.

Termasuk tentang gaya bahasa. Gunakan gaya bahasa sesuai dengan target audience. Karena hal ini akan membuat content terlihat lebih relevan bagi pembaca dan mudah dipahami oleh mereka.

Kuasai gaya bahasa tersebut, karena hal itu akan menuntun kita menjadi seorang penulis konten professional.

Melakukan Riset

Apapun kontennya, apapun topiknya, tetap melakukan riset adalah hal yang wajib dilakukan bagi content creator. Cara ini dilakukan supaya tema yang dibahas masuk dalam karakter target audiens.

Ingat, penulisan konten berperan penting  dalam menghasilkan konten berkualitas.

Dalam bisnis online, Pertama-tama lakukan riset bisnis. Cari tahu apa saja produk yang kiranya sedang trending dalam jangka waktu lama atau produk apa yang dirasa memiliki manfaat positif bagi masyarakat.

Riset produk tersebut, lalu kemas secara unik agar terlihat beda dengan kompetitor.

Selanjutnya, lakukan riset terhadap target audience. Riset ini akan banyak membantu kita dalam menentukan jenis konten sesuai gaya bahasa yang mereka sukai.

Lakukan riset tentang karakteristik mereka, beserta minat, hobi, kebutuhan, serta tata bahasa yang digunakan dalam saling berkomunikasi.

Terakhir, riset seputar topik konten. Melakukan riset pada tema yang dibahas, akan membantu kita mencari bahan yang sedang trending secara akurat dan up-to-date. Apabila dilakukan riset, maka artikel kaya akan informasi dalam penyajiannya.

Tulis dengan Gaya yang Menarik

Konten artikel, apabila ditulis dengan gaya yang menarik, maka akan membuat konten lebih mudah dicerna oleh visitor, sehingga dapat meningkatkan engagement lewat target audience.

Pakai gaya yang menarik, agar mampu memainkan sisi psikologis pembaca. Sehingga mereka mampu untuk membaca artikel atau konten secara keseluruhan.

Jika membuat konten pada media sosial, gunakan kalimat pendek. Apabila kalimat terlalu panjang, sulit bagi pembaca untuk mencerna ataupun mengingat konten.

Karena itulah, sebaiknya gunakan kalimat pendek dan jelas, supaya konten kita lebih mudah dipahami oleh target audiens.

Selain itu, paragraf pendek akan membuat konten terlihat lebih rapi. Beda halnya kalau konten tersebut terdiri dari banyak kalimat. Hal itu membuat tulisan terasa monoton terlebih lagi jika tidak adanya visual gambar pendukung.

Untuk itu,  pastikan menggunakan paragraf singkat agar mudah dipahami oleh pengunjung, sehingga mereka tidak kehilangan fokus saat membaca.

Menerapkan SEO pada Konten

Di atas telah dikatakan, kalau setiap artikel itu erat kaitannya dengan SEO. Jika kamu ingin artikel mampu bersaing dalam jangka panjang, maka teknik SEO, baik on page maupun off page harus dioptimalkan.

Mengoptimalkan konten pada SEO akan berpengaruh pada meningkatnya visibilitas serta traffic yang masuk ke website atau blog.

Dalam menerapkan SEO, tentukan kata kunci yang tepat. Hal ini akan membantu search engine dalam memahami pembahasan yang dibuat. Gunakan kata kunci yang relevan antara topik dengan postingan yang dibuat. Karena itulah, perlu untuk melakukan riset keyword.

Title sangat berpengaruh pada suatu artikel. Karena hal pertama yang dilihat oleh audiens saat mencari sesuatu adalah judul. Jadi, berikan headline unik dalam setiap pembuatan artikel. Ingat, judul harus mengandung kata kunci tertentu.

Maksimalkan juga Meta deskripsi. Karena meta description bisa meningkatkan klik-through rate dan mempermudah pencarian pada mesin pencari.

Tulis meta deskripsi sesingkat mungkin. Jangan lupa, untuk selalu menyisipkan kata kunci pada setiap meta deskripsi, agar memperkaya keyword pada suatu psotingan.

Selain itu, heading merupakan salah satu unsur SEO yang tidak boleh dinggap sepele. Sering yang banyak mengacuhkan heading, padahal heading juga mempengaruhi suatu artikel pada peringkat Google. Dengan meletakkan kata kunci pada heading, juga turut memperkaya keyword.

Terakhir, pada bagian SEO of page, yaitu backlink. Praktik link building pada artikel membantu menaikkan ranking artikel di mesin pencari.

Maksimalkan link building baik itu internal link ataupun eksternal link. Pada outbound link, cari website berkualitas dengan DA PA tinggi dan spam score rendah untuk kita tanam backlink.

Kesimpulan

Content writing adalah usaha dalam memberikan informasi penting pada pembaca lewat ulasan-ulasan, agar mampu mempengaruhi target audiens.

Menjadi penulis konten yang sukses tidaklah gampang. Selain skill, butuh kerja keras ekstra secara konsisten agar menghasilkan konten berkualitas.

Dalam dunia digital marketing, tugas content writer bukan hanya sekedar membuat content. Lebih dari itu, konten yang dibuat harus dioptimasi agar membuahkan konten menarik bagi pembacanya.

Untuk itu, diperlukan langkah-langkah dari memahmi target audiens, hingga melakukan riset, agar konten yang dibuat ber SEO dan mampu bersaing dengan para kompetitor.

Posting Komentar untuk "Content Writing Adalah: Tips Menjadi Penulis Konten"