Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Backlink Adalah: Arti Serta Jenis-jenisnya

Backlink Adalah, Backlink, Dofollow, Nofollow, Kontekstual
Backlink Adalah


Backlink adalah istilah yang mungkin sering kita dengar dalam dunia SEO. Backlink berperan penting dalam meningkatkan peringkat situs website di mesin pencari Google.

Jika kamu seorang blogger atau pemilik website untuk bisnis online, kamu tentunya sudah familiar dengan istilah backlink. Namun, memang tidak semua tahu apa itu backlink, terlebih bagi pemula dimana istilah ini mungkin terdengar asing ditelinga dan terlihat membingungkan.

Jadi, dalam panduan ini, saya akan membahas yang perlu diketahui tentang backlink, termasuk definisi, serta jenis-jenis backlink dalam menunjang ranking website.

{tocify} $title={Table of Contents}

Backlink Adalah

Backlink adalah link yang mengarah ke situs kamu dari sumber eksternal. Artinya, sewaktu pemilik website lain memberikan tautan menuju ke situs kamu, maka hal itu dianggap sebagai backlink. Backlink ini dikatakan sebagai otot dari sebuah website agar mampu bersaing dengan para kompetitor.

Semakin banyak backlink berkualitas dan satu niche yang didapatkan dari situs lain, maka semakin besar pula peluang situs kamu muncul di halaman pertama hasil pencarian beranda Google.

Meskipun backlink dapat memberikan manfaat untuk SEO, tetapi jangan sembarangan memasang backlink. Kiranya, agar tidak terindikasi spam oleh algoritma Google.

Memperoleh satu backlink berkualitas, lebih berharga dibanding mendapatkan seribu backlink sampah. Oleh karena itu, jumlah pada backlink memang penting, tetapi tetap diperhatikan darimana backlink itu berasal.

Jenis-Jenis Backlink

Ada variasi jenis backlink yang perlu kamu tahu, dalam upaya membangun link building untuk situs website. Setiap jenis backlink ini memiliki kualitas dan fungsi berbeda-beda. Berikut adalah beberapa jenis backlink yang umum dan mungkin telah kamu ketahui:

Backlink Dofollow

Pertama yaitu backlink dofollow. Dimana backlink dofollow adalah jenis backlink yang paling diinginkan oleh para "backlink hunter". Hal ini dikarenakan backlink dofollow turut membantu meningkatkan peringkat situs kamu di search engine.

Backlink dofollow memungkinkan mesin pencari untuk mengikuti tautan dan menghitungnya sebagai backlink yang sah.

Namun, tetap perlu diingat bahwa tidak semua backlink dofollow berkualitas tinggi. Tentunya, harus diperhatikan website apa yang memberikan kamu backlink dofollow tersebut. Selain itu, sebagian situs yang memberikan backlink dofollow mungkin memiliki otoritas rendah.

Karena itulah, lebih baik menanam backlink dofollow dengan benar hanya dari situs-situs berkualitas dan memiliki domain authority tinggi dan relevan dengan niche website kamu.

Selain itu, jumlah backlink dofollow memang penting, namun tidak serta merta selalu menjadi faktor utama dalam meningkatkan peringkat website. Algoritma Google lebih memperhatikan kualitas backlink daripada kuantitasnya.

Untuk membangun backlink dofollow yang berkualitas, kamu dapat melakukan berbagai cara berikut:

  • Buat konten berkualitas supaya menarik perhatian situs website lain agar mereka mau memberikan backlink.
  • Melakukan guest post di blog lain yang satu niche dengan blog kamu serta meminta izin agar mereka memberikan backlink dofollow.
  • Membangun relasi dengan pemilik situs  lain dan meminta backlink dofollow sebagai imbalan.

Dalam membangun backlink dofollow, hindari segala tindakan yang dianggap sebagai spam seperti membeli backlink atau melakukan link farming. Hal tersebut justru akan merugikan situs kamu sendiri dan dapat menyebabkan penurunan peringkat pada search engine.

Backlink Nofollow

Sama seperti backlink dofollow, backlink nofollow juga merupakan jenis backlink yang umum digunakan. Namun bedanya, backlink nofollow tidak berpengaruh langsung dalam memberikan traffik secara signifikan.

Biasanya, backlink nofollow dipakai oleh pemilik website sebagai langkah menghindari stigma negatif dari perilaku spamming atau dari sumber situs yang dianggap tidak berkualitas.

Ketika situs lain memberikan backlink jenis nofollow mengarah ke situs kamu, mereka akan memberitahu mesin pencari untuk tidak mengfollow tautan tersebut dan tidak menganggapnya sebagai backlink yang sah.

Mereka bertujuan memberikan backlink nofollow, mungkin dimaksudkan agar menghindari pemberian backlink ke tempat-tempat berbahaya, yang bisa berakibat buruk pada situs mereka kedepannya.

Meskipun backlink nofollow tidak memberikan pengaruh secara langsung pada teknik SEO Off Page, tetapi mereka masih berfungsi dalam meningkatkan kesadaran merek serta membantu membawa traffik organik ke situs kamu.

Selain itu, meskipun backlink nofollow tidak berpengaruh secara langsung terhadap ranking Google, tetapi mereka tetap masih bermanfaat dalam membangun profil backlink secara sehat alami.

Oleh karena itu, pastikan untuk menyisipkan backlink nofollow ketempat yang aman dan berkualitas sesuai dengan niche blog kamu.

Backlink Edu dan Gov

Backlink edu dan gov merupakan jenis backlink yang katakan sangat amat berharga dalam dunia SEO. Edu dan gov adalah singkatan dari education dan government. Artinya, backlink ini berasal dari situs-situs edukasi dan instansi pemerintah.

Ekstensi domain berakhiran .edu dan .gov dianggap memiliki otoritas dan kepercayaan tertinggi di mata search engine, sehingga hal ini membuat backlink yang berasal dari situs ini dianggap backlink berharga.

Mendapatkan backlink .edu dan .gov tidaklah mudah, karena mereka biasanya hanya menaruh link eksternal ketempat-tempat berkualitas dan relevan dengan konten mereka.

Namun, apabila berhasil mendapatkan backlink dari situs website ini, maka lantas akan membantu meningkatkan peringkat website kamu pada mesin pencari secara signifikan.

Agar berhasil memperoleh backlink dari domain .edu dan .gov, mungkin bisa kamu ikuti tips and trick berikut:

  • Membuat konten yang relevan dari situs mereka dan unik, hingga dapat menarik perhatian situs website edu dan gov.
  • Menyediakan sumber yang informatif dan berguna dalam membantu dunia pendidikan dan pemerintahan.
  • Berpartisipasi dalam komunitas online  terkait dengan dunia pendidikan atau pemerintah sehingga membangun relasi dengan anggota lainnya.

Namun, perlu diingat kalau jangan terlalu fokus mendapatkan backlink dari situs berdomain .edu dan .gov. Karena yang terpenting, berhasil memperoleh backlink berkualitas yang sesuai dengan blog dan artikel kamu.

Tetap melakukan link building secara tepat dan benar, agar efektif dalam menaikkan domain rating, hingga akhirnya mengundang banyak traffik organik.

Backlink Kontekstual

Untuk membuat backlink kontekstual sebenarnya sangatlah mudah dan simpel. Kamu hanya perlu menulis sebuah artikel atau postingan lalu menambahkan link yang mengarah ke situs website kamu.

Backlink kontekstual kerap kali dipergunakan pada saat kamu menulis artikel dan menyisipkan backlink dalam salah satu kata kunci. Link tersebut mengarah ke situs kamu, sehingga artikel kamu dianggap menjadi salah satu artikel berkualitas, karena menjadi rujukan dari situs lain.

Jadi, tidak perlu khawatir atau bingung lagi saat membuat backlink kontekstual. Cukup tulis saja artikel yang menarik dan berkualitas, lalu tambahkan keyword, dan tanamkan backlink di salah satu kata kunci yang memiliki estimasi search volume tinggi dalam sebulan.

Kabarnya, backlink kontekstual lebih disukai bot algoritma Google, bila dibandingkan dengan jenis-jenis backlink lainnya.

Backlink Profile

Backlink profile menjadi teknik mencari backlink termudah. Karena, kamu hanya menanam backlink pada profil dari sebuah website yang menjadi target backlink.

Dalam proses pembuatan backlink profil, kamu bisa mengisi informasi profil seperti di bio, dengan menyisipkan alamat website atau blog kita. Dengan begitu, tautan yang ditaruh pada profil akan menjadi backlink yang mengarah ke website atau blog kita.

Membuat profil di berbagai platform bukan hanya sekedar membantu mendapatkan backlink saja, tetapi juga dapat meningkatkan trust dari pengunjung terhadap website yang dikelola.

Hal ini karena audiens bisa melihat info lengkap seputar website atau bisnis kita pada platform yang berbeda-beda.

Namun, sama seperti jenis backlink sebelumnya kalau tidak semua platform cocok untuk diberikan backlink. Pastikan kamu mengamati website tersebut, baik dengan melihat DA PA dan spam scorenya.

Selain itu, pastikan kamu mengisi informasi profil secara lengkap dan akurat agar visitor mendapatkan informasi bermanfaat mengenai website atau bisnis yang dijalankan.

Jadi, buatlah profil di platform-platform dengan penuh perhatian dan isi dengan sebenar-benarnya. Letakkan backlink profile pada banyak platform sehingga bermanfaat bagi website atau blog kita. Dengan begitu, kamu dapat menambah nilai popularitas dan reputasi website dalam dunia digital.

Backling Blogroll

Selain itu, ada lagi jenis backlink yang sangat populer pada pemain  blogger lama, baik bagi pengguna Blogspot, WordPress, maupun pemakai CMS lainnya. 

Backling tersebut dinamakan backlink blogroll. Dimana, backlink blogroll ini seringkali diletakkan pada halaman blog dengan menambahkan widget, dan terdapat pada sidebar berisi kumpulan blog dari pengunjung atau followers.

Backlink blogroll dikatakan sebagai backlink dengan pengaruh power yang kuat. Tak heran, jika jenis backlink ini sering diincar oleh para pengguna blog lainnya.

Namun, sepertinya saat ini fitur blogroll sudah tidak lagi digunakan. Karena sekarang ini, para blogger lebih memilih membuang widget yang tidak perlu, agar tidak memberatkan halaman blog saat hendak dibuka.

Apabila halaman blog berat dan terhitung lama saat ingin dibuka, maka besar kemugkinan pengunjung akan langsung keluar dari halaman blog, hingga menimbulkan masalah bounce rate. Hal ini dinilai tidak baik dari segi SEO

Backling Media Sosial

Media sosial kerap dimanfaatkan oleh para blogger dalam mendapatkan backlink. Jenis backlink ini bisa kamu gunakan untuk memperoleh trafik organik ke website atau blog, melalui backlink media sosial.

Apabila kamu memiliki akun media sosial, maka kamu bisa  memanfaatkan media sosial tersebut. Kamu dapat menempatkan link blog pada profil atau pada konten saat kamu membagikan sebuah postingan.

Misalnya, apabila kamu punya akun Instagram, kamu bisa meletakkan backling blog pada bio instagram kamu. Jadi, audiens yang sedang melihat profil instagram kamu, maka mereka tentu mendapati adanya tautan yang menarik perhatian mereka.

Begitu juga dengan akun-akun media sosial lainnya, seperti pada platform Facebook, Pinterest, Twitter, LinkedIn, bahkan Whatsapp sekalipun.

Dengan menempatkan link blog dalam bio profil atau postingan, akan menambah nilai visibilitas dan meraih organic traffic menuju blog atau situs website.

Backlink Forum

Jika kamu sering bermain-main mengunjungi forum-forum, mungkin kamu beberapa kali mendapati pengguna forum meletakkan sebuah tautan sewaktu berdiskusi dengan pengguna lainnya.

Bukan tanpa alasan mereka melakukan itu. Karena, bertujuan dalam mendapatkan backlink dari situs forum tersebut. Terlebih lagi, kalau forum yang menjadi target backlink memiliki domain authority tinggi dan cocok disisipkan sebuah backlink.

Indonesia sendiri memiliki forum-forum yang sering dipakai oleh para blogger. Contohnya Kaskus, ataupun forum tanya jawan seperti Quora.

Backling Comment

Pernahkah kamu melihat sebuah artikel, lalu artikel tersebut banyak berisikan tautan pada kolom komentar? Nah, orang-orang yang menaruh tautan tersebut bermaksud ingin mendapatkan backling comment dari fitur kolom komentar.

Jenis backlink ini memanfaatkan fitur comment bar dari sebuah blog atau situs website orang lain dan menyertakan link menuju website kita. Namun, tentu saja tidak asal sembarang blog bisa menjadi saran promosi bagi backlink tadi.

Website dari sumber backlink sekiranya harus memiliki kategori yang berkaitan dengan website kamu.

Akan tetapi, sepertinya saat ini sudah tidak efektif dalam meletakkan backlink pada kolom komentar, karena telah dianggap spam oleh algoritma. Kecuali, jika hanya diberikan kepada blog tier 3 atau 4.

Backling Bookmark

Backlink bookmark sosial merupakan platform atau tempat dalam menyimpan tautan ke beberapa website. Dimana, jenis backlink ini sangat populer, sehingga membuat metode spam sering terjadi lewat platform bookmark.

Oleh sebab itu, kamu mesti mengerti syarat-syarat serta kebijakan yang sulit dimengerti dalam memperoleh backlink ke situs web tujuan.

Kesimpulan

Backlink adalah salah satu faktor SEO untuk dapat meningkatkan ranking peringkat dan otoritas website kamu pada search engine.

Dalam dunia digital marketing, jika kamu memiliki sebuah bisnis online, tentunya kamu berharap website bisnis kamu berada pada page one Google.

Salah satu caranya, dengan mendapatkan backlink sebanyak mungkin. Namun, pastikan dalam membangun link building kamu menyeleksi situs-situs agar mendapatkan backling berkualitas tinggi, dan relevan dengan niche website bisnis yang dikelola.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, dan berharap sukses membangun backlink yang baik untuk situs website kamu kedepannya.

Posting Komentar untuk "Backlink Adalah: Arti Serta Jenis-jenisnya"