Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan SEO dalam Meningkatkan Link Building

Link Building
Panduan SEO dalam Meningkatkan Link Building


Berbagai cara telah dilakukan agar konten berhasil masuk ke halaman pertama Google, termasuk menerapkan stretegi SEO dengan benar. Akan tetapi, terkadang hal tersebut masih belum bisa terpenuhi.

Jika itu terjadi, tandanya Anda sebagai pemilik website mesti lebih giat lagi dalam melakukan optimasi, supaya artikel yang diposting mampu bertahan ditengah ketatnya persaingan.

Salah satunya, dengan meningkatkan link building. Dimana, cara tersebut bertujuan sebagai upaya dalam mendapatkan domain authority yang tinggi, agar bisa masuk ke peringkat atas di beranda Google.

{tocify} $title={Table of Contents}

Apa Itu Link Building

Singkatnya, link building adalah metode mendapatkan tautan dari situs lain menuju website kita. Praktek dari backlink ini merupakan bagian SEO off page.

Link building sendiri memiliki dua jenis, yaitu internal backling dimana jenis ini berkegiatan menaruh link dihalaman berbeda namun masih di website yang sama, serta backlink external yang Anda tanam pada situs lain.

Hal semacam ini wajib dilakukan apabila Anda ingin mengembangkan sebuah website, karena backlink bisa diartikan sebagai makanan bagi website itu sendiri.

Namun, Anda mesti berhati-hati dalam menanam backlink ini. Sebab, jika asal meletakkan link di sembarang tempat, maka akan dikonfirmasi sebagai spam oleh Google, dan bisa-bisa website kita akan terkena pinalti, seperti halaman situs tidak akan terindeks oleh search engine.

Jadi, usahakan mendapatkan backlink berkualitas dalam merawat sebuah situs web. Untuk caranya, bisa diperhatikan di bawah ini.

Cara Meningkatkan Link Building

Telah dikatakan di atas kalau praktik link building haruslah sesuai dengan ketentuan Google untuk menghindari hukuman yang diberikan.

Untuk itu, berikut adalah cara untuk membangun link building.

1. High Quality Content

Sebagai langkah awal, memiliki konten berkualitas memang harus dilakukan apabila ingin mendapatkan backlink.

Bagaimana tidak, kalau isi konten tersebut tidak menarik atau tidak menjual, orang lain tentu enggan menjadikan situs Anda sebagai bahan rujukan. Karena itulah pentingnya memiliki high quality content.

Meningkatkan konten berkualitas, selain bertujuan untuk membangun link building, juga bermaksud agar artikel yang akan dibuat ber SEO, sehingga menjadi salah satu faktor perangkingan. 

Supaya artikel dipandang sebagai konten berkualitas, banyak cara yang harus dilakukan.

Mulai dari optimasi gambar, berikan penjelasan dalam bentuk infografis, video yang relevan, struktur outline yang rapi dengan memberikan heading dan subheading, gunakan bahasa yang luwes atau tidak terlalu formal, hingga pemilihan kalimat menarik dalam judul.

2. Guest Post

Selayaknya tamu yang berkunjung ke rumah orang, guest post adalah proses menulis artikel sendiri saat bertamu ke website lain, dan di tampilkan pada website tersebut, dengan menyertakan sebuah link mengarah ke situs web sendiri.

Akan tetapi, tetap berhati-hati saat melakukan guest blogging agar Google tidak menilai kalau kita semata-mata hanya ingin mendapatkan sebuah link saja.

Untuk itu, buatlah artikel secara alami supaya konten yang dibuat terkesan berkualitas.

Jangan lupa, untuk selalu mengecek kondisi situs tujuan. Sebab, bisa saja situs tersebut dinilai sebagai website berkualitas rendah.

Anda bisa memantaunya lewat Ahrefs atau Moz, untuk dapat melihat statistiknya seperti jumlah traffic, keyword, domain rating, hingga spam scorenya. 

Anda mesti melihat kesehatan situs tersebut sebelum memutuskan, apakah disana merupakan tempat yang cocok untuk menanam backlink atau tidak.

3. Gabung ke Forum Online

Forum masih menjadi tempat yang bisa mendatangkan banyak trafik organik. Hal itulah yang menyebabkan banyaknya para blogger menitipkan link mereka disana.

Dengan ikut bergabung ke forum online seperti kaskus atau reddit, memperbesar peluang Anda mendapatkan banyak view, terlebih jika artikel Anda itu, sesuai dengan apa yang dibahas pada forum tersebut.

Namun, backlink forum ini memang beresiko. Jadi, jangan terlalu sering meletakkan tautan pada sebuah forum untuk mencegah terkena deteksi spam.

4. Broken Link Building

Teknik broken link building adalah cara mengganti link rusak pada halaman website lain, lalu berinisiatif menawarinya dengan link baru milik kita sendiri.

Sebagai contoh, misalkan situs A memiliki niche tentang riset makanan. Ketika melihat di salah satu postingannya, ternyata ada link rusak. Lalu kita menghubunginya agar link mati tadi diganti dengan link website sendiri.

Hal ini sering ditemukan pada website wikipedia. Sebagai situs raksasa, wikipedia menjadi daya tarik tersendiri bagi para blogger untuk berlomba-lomba mendapatkan backlink dari sana.

Walaupun saat ini jenis linknya nofollow, tidak menyurutkan minat blogger untuk mereplace dead link dengan tautan dari situs web sendiri.

5. Link Reclamation

Apabila Anda berfikiran seharusnya Anda mendapatkan link dari sebuah website namun tidak memperolehnya, Anda bisa melakukan link reclamation.

Dimana, link reclamation adalah kondisi saat Anda berhak meraih backlink dari situs milik orang lain. Link reclamation terbagi menjadi tiga bagian, yaitu mention tanpa link, error 404, dan gambar tanpa link.

  • Mention tanpa link adalah saat situs lain menulis tentang situs Anda, profil, atau nama blog atau website milik Anda, namun mereka tidak menyertakan link. Karena itulah, coba hubungi pemilik situs agar mereka menaruh website milik kita tepat di nama web sebagai anchor text nya.
  • Erro 404 terjadi saat sebelumnya Anda telah menaruh tautan di situs lain dan mengarah ke salah satu halaman website Anda. Namun karena sesuatu hal, halaman tersebut dihapus sehingga menyebabkan link mati. Dengan begitu, bisa Anda katakan ke pemilik web tersebut untuk menggantinya dengan backlink yang baru.
  • Gambar tanpa link bisa dicontohkan begini. Misalkan kita sudah capek-capek membuat gambar atau infografis, tetapi ternyata gambar tersebut di muat oleh orang lain tanpa izin. Disini, kita memiliki dua opsi. Menyuruh mereka menghapus gambar tersebut sebagai langkah perlindungan hak cipta, atau tetap memperbolehkan mereka memakai gambar Anda, dengan syarat harus diberikan keterangan sumber gambar dan juga backlink.

Khusus bagi gambar tanpa link, sebenarnya ini lumayan juga, terlebih lagi jika website mereka memiliki domain authority yang tinggi dan trafik organik yang stabil.

6. Amati Backlink Kompetitor

Terkadang kita bingung mau menanam backlink dimana lagi supaya blog bisa berkembang.

Nah, untuk dapat mengetahui website yang bisa kita pakai dalam praktik link building, salah satu caranya dengan mengamati backlink kompetitor.

Untuk mengeceknya, Anda butuh sebuah tools seperti ubbersuggest. Bukan hanya sebagai alat untuk riset keyword, namun ubbersuggest juga mampu mendeteksi tempat-tempat backlink dari suatu situs.

Setelah mendapatkannya satu persatu, maka saat itu juga mulailah membangun link building dari kumpulan web tersebut. 

Peran Link Building dalam SEO

Jika Anda mempelajari teknik SEO, artinya Anda telah mengetahui jenis dari SEO itu sendiri, yang salah satunya off page SEO.

Dari SEO off page tersebut, praktik link building adalah salah satu bagiannya. Dimana, hal ini dilakukan agar suatu situs web mampu berkembang dan menjadi bahan rujukan yang terpercaya bagi situs lain.

Peran link building dalam SEO dinilai sebagai sesuatu hal yang sangat penting. Karena, backlink masih menjadi salah satu faktor yang menentukan peringkat konten artikel kalian.

Memang, tidak semua backlink dinilai bagus atau bahkan justru menjadi sesuatu yang merugikan karena beresiko terkena pinalti apabila tidak diterapkan dengan benar.

Itu sebabnya, sebelum menaruh link sendiri pada website lain, perlunya memantau situs web tujuan, untuk menilai apakah web tersebut tergolong sehat dan cocok untuk disisipkan backlink atau tidak.

Kesimpulan

Praktek link building adalah salah satu metode yang sering digunakan para blogger dalam rangka menumbuhkembangkan situs atau blog mereka.

Sering ditemukan jika mereka melakukan proses drip feed, dimana dalam satu periode tertentu mereka setiap hari memberikan makan websitenya dengan backlink, agar situs Anda bisa tumbuh secara natural.

Posting Komentar untuk "Panduan SEO dalam Meningkatkan Link Building"