Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Bikin Artikel Pakai Open AI Chat GPT dengan Mudah

Open AI Chat GPT, artificial intelligence
Cara Bikin Artikel Pakai Open AI Chat GPT


Evin - Bikin artikel memang susah-susah gampang. Biasanya, dulu orang-orang sibuk membuat sebuah artikel hingga banyak menghabiskan waktu yang lama.

Namun, kali ini berbeda. Berkat bantuan teknologi canggih berbasis AI, hanya dalam hitungan menit Anda bisa buat satu artikel dengan lebih dari 1.000 kata.

Ok, tanpa perlu panjang lebar lagi mari langsung kita praktekkan cara membuat artikel dengan bantuan chat gpt.

{tocify} $title={Table of Contents}

Buka Situs Open AI ChatGPT

Saat ini, terdapat dua versi dari chat gpt, yaitu versi biasa dari websitenya, dan juga chatgpt extension google chrome.

Bedanya, kalau dalam extension chrome sudah tersedia berbagai prompt dalam membantu penulisan artikel, namun pada versi website tidak terdapat prompt tapi bisa kita buat perintahnya sendiri.

Untuk sementara, akan kita bahas proses pembuatan artikel menggunakan chatgpt versi biasa dari websitenya.

Pertama bisa Anda kunjungi websitenya lewat link berikut Chatgpt.

Setelah itu, silahkan signup untuk membuat akun yang bisa terhubung lewat Google, Microsoft, atau Apple.

Cari Longtail Keyword

Sebagai permulaan, Anda mesti menentukan judulnya terlebih dahulu. Nah, di chatbot ini bisa kita kasih perintah supaya diberikan beberapa longtail keyword untuk dipilih sebagai judul artikel.

Misalkan, Anda ingin menulis artikel dengan kata kunci email marketing. Lalu dalam kotak pesan chat gpt bisa diketik seperti ini, "berikan longtail keyword tentang email marketing".

Dalam seketika akan muncul deretan longtail keyword yang bisa menjadi alternatif judul. Hasilnya, bisa dilihat pada gambar di bawah.


Longtail Keyword

Seperti yang tertera pada gambar, chat gpt langsung menyediakan sepuluh longtail keyword, diantaranya:

Cara membuat strategi email marketing yang efektif, panduan langkah demi langkah untuk memulai kampanye email marketing, alat analisis untuk mengukur keberhasilan kampanye email marketing, dan seterusnya.

Tinggal dipilih salah satu dari kata kunci ekor panjang di atas, yang menurut Anda lebih menarik dan menjual untuk dipasang sebagai judul.

Buat Artikel

Apabila sudah memilih satu diantara longtail keyword tersebut, maka Anda hanya tinggal memberikan perintah untuk membuatnya. Contoh perintanya seperti ini, "buat artikel dengan judul strategi retensi pelanggan melalui email marketing".

Chatgpt ini ada yang berbayar dan gratisan. Tentu untuk menghemat uang mending pilih yang gratis saja kan? Namun, masalahnya Anda akan menghadapi berbagai kendala saat memerintahkan chatgpt saat membuat artikel.

Salah satunya, penulisan artikel akan berhenti di tengah jalan padahal artikel belum selesai dibuat. Solusinya, Anda tinggal memberikan perintah "next" atau "continue" untuk melanjutkannya.

Masalah lain, terkadang chatgpt error. Kita memberikan perintah untuk melanjutkan artikel, tapi malah dibuat artikel baru dari awal. Ya, gak apa-apa juga karena itu resiko dari pemain gratisan.

Satu lagi, apabila dalam artikel tersebut terdapat heading, dimana heading tersebut hanya sedikit sekali jumlah baris kalimatnya, Anda bisa memberikan perintah "expand on" disertai judul heading tersebut.

Tujuannya, agar AI ini akan memberikan heading dengan kalimat paragraf yang lebih banyak dari sebelumnya.

Buat Outline Articles

Supaya artikel terlihat rapi dan tidak berantakan, maka dibutuhkan heading dan subheading untuk mengatur dan menyusun kerangka konten.

Tetapi, mungkin masih ada yang belum tahu bagaimana atau apa yang mesti ditulis pada heading tersebut.

Inilah gunanya chatgpt. Selain mampu membuat artikel secara cepat dan praktis, alat ini juga memiliki kelebihan dalam menampilkan struktur artikel yang disertai kata kunci pada setiap headingnya.

Caranya mudah. Anda tinggal memberikan perintah "buat outline artikel tentang judul artikel Anda", dan chat gpt akan langsung memberikan rangkaian struktur artikel dari awal pendahuluan hingga akhir berupa kesimpulan.

Selebihnya, Anda tinggal expand disetiap heading dan subheading tersebut, agar memunculkan kalimat-kalimat panjang disetiap baris paragrafnya.

Kelebihan Chatgpt

Bagi para blogger, membuat artikel secara instan memang diperlukan apalagi jika mereka tidak memiliki waktu lebih karena kesibukan lain.

Peran chatgpt sangat bermanfaat membantu penulis dalam menulis artikel secara cepat.

Selain itu, alat ini juga menyediakan pilihan kata kunci, sehingga Anda tidak perlu capek-capek lagi untuk melakukan riset keyword.

Jadi, open AI ini sangat berguna dalam pembuatan artikel singkat maupun artikel panjang. 

Bukan hanya itu, masih ada lagi kelebihan yang dimiliki oleh chat gpt. Misalkan, alat ini bisa dipakai untuk membuat deskripsi singkat dalam bentuk meta description.

Selain itu, bagi pelaku bisnis, chat gpt bisa dipakai saat mereka akan melakukan kegiatan promosi. Alat ini bisa dimanfaatkan dalam mencari contoh kata-kata promosi produk.

Bagi konsumen yang suka akan suatu produk bisnis dan ingin memberikan komentar positif, namun sulit menemukan kata-kata yang cocok, dengan bantuan chatgpt ini pelanggan dapat menyusun kalimat untuk review produk. 

Kekurangan Chatgpt

Tools ini benar-benar memberikan segudang manfaat tapi bukan berarti sempurna, karena juga ditemukan berbagai kekurangan didalamnya. 

Contoh, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya kalau pemain tools gratisan akan menemui kendala seperti jaringan yang putus-putus sehingga mengakibatkan penulisan artikel tersendat.

Kekurangan lainnya, belum tentu hasil yang dibuat menjadi artikel SEO. 

Kenapa begitu, karena sering ditemukan pengulangan kata yang bikin pembaca agak malas melanjutkan bacaannya.

Dengan begitu, Anda mesti melakukan optimasi SEO agar konten yang dibuat dinilai ramah oleh mesin pencari.

Terlebih lagi, AI dalam bentuk pembuatan teks ini telah ramai diperbincangkan orang, sehingga kini banyak penggunanya.

Efeknya, tingkat keunikan sebuah artikel akan rendah, karena hasil yang ditampilkan mirip atau kalimatnya itu-itu saja. Sulit sekali memang mendapati hasil chatgpt unik 100 persen di 1text.

Sehingga ada inisiatif untuk menggunakan spinner agar merubah beberapa kata dalam konten.

Masalahnya, hasil spinner kadang tidak nyambung dan tidak enak dibaca. Jadi, mau tidak mau supaya hasilnya lebih unik, Anda juga mesti melakukan penulisan artikel dari buah pikiran sendiri.

Penutup

Chatgpt memang membantu penulis dalam membuat konten artikel secara cepat. Namun, hasilnya terlihat kaku dan formal layaknya portal berita sehingga kurang cocok dipakai pada blog moneysite.

Tapi, jika Anda menerapkan praktek link building dengan membuat beberapa blog tier 1 dan 2, maka chat gpt memudahkan Anda untuk mengisi artikel di blog tersebut.

Posting Komentar untuk "Cara Bikin Artikel Pakai Open AI Chat GPT dengan Mudah"