Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20+ Cara Mendapatkan Uang Tanpa Modal di Internet untuk Pemula

Cara Mendapatkan Uang
Cara Mendapatkan Uang Tanpa Modal di Internet

Evin - Kebutuhan yang tidak ada batasnya, membuat orang-orang mencari cara mendapatkan uang tambahan, salah satunya lewat internet.

Saat ini, masyarakat sudah banyak yang melek akan teknologi demi menunjang keseharian mereka, dari kegiatan belajar mengajar, sebagai sarana hiburan, hingga ikut memulai bisnis digital marketing.

Nah, dari pemasaran digital ini banyak dari mereka yang memanfaatkannya sebagai lahan dalam menghasilkan uang dari internet. Terlebih lagi, hal ini bisa dilakukan tanpa perlu mengeluarkan modal seperserpun.

Apa-apa saja contohnya, mari kita cari tahu.

{tocify} $title={Table of Contents}

1. Menulis Blog

Blogging merupakan kegiatan menulis yang telah membantu banyak blogger mendapatkan uang. Berbeda dengan portal berita yang formal dan kaku, penulisan artikel pada blog yang luwes menjadi ciri khas tersendiri bagi masing-masing blogger.

Mereke nulis disini tentu bukan hanya sekedar menyalurkan hobby atau mengisi waktu luang saja. Pastilah juga ingin mendapatkan uang baik dari iklan adsense, adsterra, ataupun mgid.

Bermain blog ini memang harus sabar, tidak bisa sebulan bikin blog langsung gajian. Karena perhitungan pendapatan dari iklan tergantung dari beberapa hal, seperti banyaknya page view, jumlah klik iklan, dan juga besaran cost per click.

Masalahnya, agar mampu bersaing dengan kompetitor kita juga harus mengerti tentang SEO, backling, link building dan lainnya supaya artikel Anda berada diposisi atas pada mesin pencari.

Selain dari iklan, lewat blog Anda masih berpeluang mendapatkan uang dari subscriber, jualan online, ataupun promosi berbayar.

2. Admin Media Sosial

Bagi yang sering main intagram, mungkin kalian pernah lihat akun-akun besar seperti dagelan, 9gag, dan faktabola.

Dengan jutaan follower, mudah bagi mereka menghasilkan uang dari produk-produk yang menawari kerja sama.

Cara ini, bisa dipakai sebagai salah satu alternatif mendapatkan pundi-pundi uang dengan menjadi admin media sosial.

Cukup gunakan hobby Anda saja dalam membuat akun. Misalkan, jika hoby sepakbola maka bisa buat akun yang membahas seputar bola.

Ciri khasnya tergantung pilihan masing-masing, apakah membahas informasi bola dengan serius, atau dibumbui dengan komedi untuk menarik perhatian pengunjung.

3. Menjadi Gamer

Kalau dulu, banyak yang beranggapan kalau bermain game hanya menghabiskan waktu dan uang. Namun, saat ini game justru berpeluang membantu Anda dalam memperoleh pendapatan.

Banyak yang bisa kita hasilkan duit dari game ini. Misalkan, dengan ikut kompetisi, menjadi streamer gaming, upload ke youtube dan lainnya.

Bahkan, kalau memang jago Anda bisa menjadi joki dan menolong orang lain meningkatkan peringkat mereka.

Atau, membuat akun sebanyak-banyaknya, lalu menjualnya kembali dengan harga tergantung dari level akun tersebut. 

4. Program Affiliate Marketing

Kalian pernah lihat di youtube seseorang membagikan sebuah link affiliasi? Untuk apa mereka melakukan itu?

Tujuannya, untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan ikut program affiliate marketing.

Banyak platform-platform yang menyediakan program affiliasi ini. Baik marketplace seperti Tokopedia, Shopee, dan Niagahoster memberlakukan program affiliate demi menambah pengguna mereka.

Dengan ikut gabung pada platform tersebut, dan menyebarkan kode referral yang kita punya, maka apabila ada pengguna lain yang bergabung lewat referral code yang disebar tadi, maka nantinya kita akan mendapatkan reward.

5. Aplikasi Penghasil Uang

Yang lagi ngetrend saat ini dan banyak dibicarakan di media sosial untuk menambah pemasukan, yaitu aplikasi penghasil uang.

Sudah banyak sebenarnya aplikasi-aplikasi yang menawarkan bonus dan hadiah apabila penggunanya mau mendownload dan melakukan kegiatan-kegiatan pada aplikasi tersebut.

Contohnya, ada aplikasi tiktok, snack, hello, maupun aplikasi fintech bibit.

Deretan aplikasi tadi merupakan sampel contoh dari puluhan aplikasi yang tersebar di playstore, yang akan memberikan kalian hadiah dengan mengerjakan berbagai tugas, seperti mengajak pengguna lain bergabung, menonton video, membaca artikel, dan lain sebagainya.

6. Mengisi Survey

Saat browsing internet, mungkin Anda pernah lihat iklan online tentang survey berbayar.

Yap, itu benar adanya. Walaupun mungkin hasilnya tidak terlalu besar dan butuh waktu lama untuk mendapatkan hadiah uangnya.

Tapi, dengan memiliki waktu senggang, tidak ada salahnya kita mencoba untuk mengisi survey tersebut.

Ada beberapa paid survey yang bisa kalian coba, seperti Surveyon, Ysense dan Yougov.

7. Menjual Foto Digital

Apakah kalian termasuk orang yang hoby memotret sesuatu? Jika iya, maka hasil jepretan kalian bisa dijual pada situs-situs seperti Shutterstock.

Tentunya, hasil yang dibagikan haruslah bagus, jernih, dan tidak blur. Untuk itu, selain kamera yang bagus, diperhatikan juga teknik pengambilan gambar seperti shutter speed.

Hasilnya, cukup lumayan. Foto digital ini akan membantu Anda untuk menambah pemasukan tambahan.

8. Menjual Buku Online

Selain artikel, kalian bisa memanfaatkan hobby nulis dengan membuat buku. Bukan buku fisik, melainkan buku online yang bisa diperjual belikan lewat situs internet.

Genrenya bebas. Bisa komedi, romance, horror, ataupun buku-buku pembelajaran tentang investasi dan bisnis.

Saat ini, sudah banyak situs toko online yang bisa dititipkan hasil karya yang kalian buat, seperti playstore, gramedia, dan juga berdikari.

9. Menjadi Selebgram

Bagi yang suka scroll-scroll postingan instagram orang lain, mungkin sering dijumpai produk-produk endorsment yang ditawarkan oleh influencer kepada followers mereka.

Itulah kelebihan dari seorang selebgram apabila mereka memiliki banyak pengikut. Namun, tentu tidaklah gampang dalam menggaet followers.

Butuh usaha dalam memposting foto dan video yang dibagikan, sambil berharap postingan mereka tersebut dapat menarik perhatian akun lain, dan memberikan like serta komentar positif.

Pada akhirnya, hal ini akan meningkatkan insight instagram, dan memperbesar peluang untuk mendapatkan produk-produk promosi.

10. Konten Kreator Tiktok

Selain instagram, aplikasi lain yang bisa datangkan uang yaitu tiktok. Aplikasi berbagi video ini sekarang telah banyak digunakan orang, sehingga menambah peluang mendapatkan keuntungan.

Dengan menjadi konten kreator tiktok, kalian bisa membagikan video-video apapun sesuai kebijakan developer. Cara ini memang identik dengan instagram.

Untuk meraih uang disini, kalian bisa membagikan kode referral, saweran, atau berjualan pada tiktok shop. 

11. Membangun Channel Youtube

Youtuber adalah istilah bagi konten kreator yang bergelut di dunia youtube dan mendapatkan penghasilan yang besar.

Saking besarnya pendapatan yang diterima, bahkan banyak orang-orang yang menjadikan youtube sebagai tempat pencaharian utama.

Terdapat contoh ide konten youtube yang bisa dibangun, sesuai hobi dan minat masing-masing.

Mau itu bikin konten gaming, tutorial, konten sejarah, edukasi bisnis, dan seterusnya. 

12. Jasa Kursus Online

Belajar bukan hanya bisa dilakukan di sekolah, tapi juga bisa ditempat kursus. Namun, sekarang ternyata bukan hanya ada tempat kursus fisik, tetapi juga telah banyak pihak-pihak yang mengadakan kursus online.

Mungkin yang sudah sering dikenal seperti ruang guru. Dimana website ini menghadirkan kursus dari berbagai mata pelajaran yang diajarkan oleh para pengajar terbaik.

13. Jasa Desain

Pebisnis online yang ingin mempromosikan produknya lewat media sosial, tentu akan melakukan segala cara agar akun mereka ramai pengunjung.

Salah satu caranya, dengan mempercantik halaman profil seperti logo, banner, thumbnail, dan sebagainya.

Masalahnya, belum tentu semua orang bisa desain. Nah, disinilah dibutuhkan jasa desain grafis bagi mereka yang membutuhkan design untuk membantu kegiatan bisnis online.

14. Menjadi Editor

Pada poin di atas terdapat para youtuber yang ingin membagikan video youtube mereka untuk mendatangkan uang.

Namun, apabila ingin hasil video yang bagus, tentu diperlukan proses editingan yang bagus pula.

Biasanya, mereka meminta bantuan editor untuk mengedit video-video mereka agar hasilnya terlihat jauh lebih menarik.

Jika Anda memiliki skill dibidang ini, tidak ada salahnya mencoba untuk menjadi seorang editor.

15. Website Penghasil Uang

Memiliki keahlian diberbagai bidang tampaknya menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda, termasuk dalam dunia digital marketing.

Karena, terdapat beberapa website penghasil uang dalam setiap pengerjaan tugas. Sebut saja fiverr dan latium diluar negri serta project.co.id kepunyaan website lokal.

Pekerjaannya bervariasi, contohnya edit foto, translate naskah, hingga pembuatan website.

16. Jasa Penulisan Artikel

Selain membuat konten artikel untuk blog sendiri, Anda juga bisa membuatnya untuk blog orang lain.

Dengan membuka jasa penulisan artikel, cukup kiranya untuk membantu Anda mendapatkan uang lebih.

Untuk harganya sendiri bervariasi. Tergantung Anda mematoknya berapa. Tetapi, biasanya bedasarkan niche dan juga jumlah kata dalam satu artikel tersebut.

17. Jual Produk di Marketplace

Punya produk kerajinan tangan, tapi bingung mau jual kemana. Mau buka toko fisik, tapi gak ada modal buat sewa toko.

Sementara kalau buka toko online, juga diperlukan biaya besar untuk menyewa hosting dan domain.

Jika ingin mendapatkan uang tanpa modal pada bisnis online, maka bisa Anda jual produk tadi lewat platform marketplace Tokopedia, Shopee dan Bukalapak.

Anda bisa meletakkan barang dagangan disini secara gratis dan cuma-cuma.

18. Jasa Pembuatan CV

Jika ingin melamar pekerjaan, maka CV adalah salah satu hal yang dilihat oleh hrd. Banyak yang beranggapan kalau bagus jeleknya desain cv, akan menentukan nasib pelamar kerja. 

Dengan begitu, apabila mahir mendesain sesuatu, maka coba juga untuk membuat cv.

Jika membuat jasa pembuatan cv, Anda bisa upload hasil design ke instagram, dan kalau perlu bagikan ke akun-akun job seeker.

Dengan begitu, akan banyak calon pelamar kerja yang melihat hasil desain Anda, dan bukan tidak mungkin mereka mau menyewa jasa kita.

19. Mengerjakan Micro Job

Main internet dapat uang? Tentu saja bisa. Walaupun Anda hanya iseng-iseng mengerjakan micro job.

Website microjob yang populer saat ini seperti sproutgigs dan clickworker. 

Sproutgigs yang dulu bernama picoworker ini menawarkan tugas-tugas seperti membaca artikel, follow akun media sosial, menonton video, dan masih banyak lagi.

Sementara clickworker memiliki tugas-tugas uhrs, yang memberikan Anda uang gratis.

Microjob ini mungkin bukanlah website yang menghasilkan banyak uang dalam waktu singkat.

Akan tetapi, dollar yang diterima cukup untuk menambah-nambah uang saku lewat tugas-tugas yang tersedia.

20. Buka Jasa SEO

Apabila terbiasa bikin artikel, maka sedikit banyak Anda mengerti tentang SEO. Dengan pemahaman tersebut, bisa dimanfaatkan untuk memperoleh uang dengan membuka jasa SEO.

Seperti yang Anda ketahui, kalau SEO ini terbagi dua, yaitu SEO on page dan SEO off page. Keduanya bisa diterapkan dalam jasa bisnis ini.

Jasa Konsultasi SEO ini hasilnya lumayan besar. Bahkan ada yang dibayar 10 juta perbulan untuk menangani website klien.

21. Narator Buku

Banyak orang yang ingin mengetahui isi bacaan buku, tapi malah malas membacanya.

Hal ini membuka kesempatan bagi Anda untuk menjadi seorang narator buku.

Pekerjaan ini mengharuskan Anda membaca isi keseluruhan buku, dan menceritakannya kepada klien Anda tersebut.

Money

Kesimpulan

Sebagai digital marketer, mungkin sempat terlintas dibenak Anda, tentang bagaimana cara mendapatkan uang tanpa modal di internet.

Hal ini terlihat wajar, karena kondisi ekonomi masing-masing orang mengharuskan mereka memutar otak untuk mendapatkan pemasukan tambahan.

Nah, poin-poin di atas, sepertinya akan membantu Anda dalam menghadapi masalah finansial.

Posting Komentar untuk "20+ Cara Mendapatkan Uang Tanpa Modal di Internet untuk Pemula"