Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Digital Marketer Adalah: Menerapkan Bisnis Online di Era Digital

Digital Marketer, Digital Marketing, Digital
Digital Marketer Adalah

Digital Marketer Adalah: Menerapkan Bisnis Online di Era Digital - Perkembangan teknologi saat ini, membuat segala sesuatu beralih ke digital, tak terkecuali bidang bisnis. 

Bisnis online kian marak dipraktekkan oleh pelaku bisnis, hingga semakin populer dengan dibuktikannya berbagai transaksi jual beli online di marketplace maupun e-commerce.

Dunia digital marketing menuntut pelaku usaha tradisional untuk beralih ke cara online, agar tidak tertinggal jauh oleh para kompetitornya.

Ketatnya persaingan, memaksa para pengusaha untuk menonjolkan diri mereka supaya dapat menarik minat konsumen potensial. Inilah alasan mengapa seorang digital marketer berperan penting dalam kesuksesan bisnis online.

Digital marketer adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk mempromosikan produk atau jasa melalui berbagai media maupun platform digital, seperti website, media sosial, email, atau iklan online.

Tugas utama dari seorang digital marketer adalah untuk menarik perhatian calon konsumen serta membangun brand atau merek produk secara online.

Untuk mengetahu lebih dalam perihal digital marketer, maka pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang arti dan peran digital marketer dalam bisnis online serta strategi digital marketing yang dipakai dalam rangka meningkatkan usaha online di era digital.

{tocify} $title={Table of Contents}

Apa itu Digital Marketer

Digital Marketer adalah seseorang yang memiliki skill dibidang pemasaran digital, untuk mengembangkan bisnis onlinenya atau menjadi freelancer digital marketer, untuk membantu perusahaan lain memiliki nilai jual tinggi dimata konsumen.

Tugas utama seorang Digital Marketer adalah mempromosikan produk secara online dan memantau grafik perkembangannya, agar tercapainya target pasar yang ingin dijangkau.

Penting bagi seorang Digital Marketer memiliki wawasan luas seputar dunia digital, teknologi digital, perilaku konsumen secara online, dan penerapan strategi pemasaran digital.

Mereka memanfaatkan pengetahuan itu untuk mengembangkan digital advertising campaign agar sukses meningkatkan visibilitas suatu produk secara online, sehingga mampu mendatangkan traffic organic.

Selain itu, agar bisnis bertahan dalam jangka panjang, maka Digital Marketer perlu menguasai keterampilan SEO (Search Engine Optimization) dan SMM (Social Media Marketing).

Skill tersebut dibutuhkan untuk memastikan bahwa website perusahaan muncul di page one Google, sehingga mendapatkan jumlah visitor yang banyak dari pengguna internet.

Dikarenakan persaingan yang kompetitif dan perubahan yang terjadi pada algoritma dan teknologi, membuat seorang Digital Marketer harus terus belajar dan mengikuti tren digital terbaru. Agar mereka tetap mampu menghasilkan konten yang kreatif dan inovatif.

Peran Seorang Digital Marketer

Apabila ahli pada dunia digital marketing, seorang Digital Marketer mengemban tanggung jawab untuk mengembangkan dan menjalankan strategi marketing secara efektif lewat platform digital.

Berikut peran seorang Digital Marketer pada proses digital marketing:

Mengelola Iklan Digital

Mengelola iklan digital merupakan salah satu tugas dari seorang Digital Marketer. Seorang Digital Marketer adalah orang yang memerankan tugasnya dengan melibatkan proses pembuatan skema, mengembangkannya, serta mengimplementasikan kampanye iklan digital secara efektif.

Pertama-tama, Digital Marketer perlu tahu kemana arah tujuan pemasaran yang ingin dicapai perusahaan. Setelah itu, mereka dapat mengembangkannya lewat rencana digital advertising campaign, sesuai  tujuan perusahaan tersebut.

Kampanye iklan online bisa dilakukan melalui berbagai platform, seperti Google AdWords, Facebook Ads, Instagram Ads, atau jaringan periklanan lainnya.

Pada proses pembuatan iklan, Digital Marketer harus mampu membuat sebuah iklan menarik, supaya efektif dalam menarik perhatian calon pelanggan.

Jangan lupa, untuk memilih kata kunci yang tepat, menentukan target audiens yang relevan, dan memilih jenis iklan paling efektif.

Selain itu, mereka wajib mempertimbangkan budget iklan. Pastikan pengeluaran iklan sebanding dengan hasil yang diharapkan. Untuk itu, kamu dapat memilih menggunakan metode Cost Per Click atau Cost Per Impression.

Setelah iklan diluncurkan, tugas mereka belum selesai. Digital Marketer harus terus memantau performa iklan dan melakukan perbaikan apabila hasilnya tidak sesuai harapan.

Contohnya, kamu bisa merubah kata kunci, mengganti target audiens, dan mengubah metode iklan yang digunakan.

Lakukan analisis data secara rutin, agar tingkat keberhasilan kampanye iklan digital tinggi. Hal ini harus dilakukan secara berkala dalam teknik Search Engine Marketing.

Membuat Konten Digital

Membuat konten digital merupakan salah satu peran yang diemban oleh seorang Digital Marketer. Konten digital bisa berupa artikel, audio, video, infografis, atau konten visual lainnya yang dibuat sebagai alat promosi sebuah produk atau jasa.

Konten yang dibuat haruslah terlihat menarik dan memberikan nilai tambah bagi calon pelanggan, agar mereka mau mengkonsumsi atau memakai produk kita.

Sebelum pembuatan konten, Digital Marketer haruslah menyesuaikan konten yang hendak dibuat dengan target audiens. Selain itu, konten yang dibuat harus sesuai dengan format platform yang digunakan.

Dalam membuat konten iklan, seorang Digital Marketer tentunya mesti selalu update mengikuti tren terbaru. Kamu bisa melihatnya lewat hashtag yang tertera pada media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube, ataupun Tiktok.

Membuat konten digital pada proses promosi mungkin agak sulit dilakukan Digital Marketer. Untuk itu, kamu harus belajar lebih giat lagi, untuk dapat membuat konten digital yang menarik layaknya seorang Content Creator.

Mengelola Media Sosial

Peran lain dari seorang Digital Marketer adalah mengelola media sosial. Di tengah maraknya pengguna media sosial, menjadi peluang bagi pelaku bisnis online memasarkan produknya lewat platform tersebut.

Seorang Digital Marketer harus paham betul seluk beluk media sosial, agar dapat mengelolanya secara efektif. Mereka perlu mengetahui beragam karakter pada pengguna media sosial, dan dari sana kamu bisa mengelompokkannya untuk menentukan siapa target audiensnya.

Biasanya, pengguna Facebook berusia dewasa, sementara banyak pemilik akun Instagram didominasi oleh anak muda. Karena pertimbangan inilah, Digital Marketer dapat memetakan karakter pengguna media sosial, dan membuat konten postingan di platform yang tepat.

Postingan konten haruslah menarik, unik, relevan, dan bermanfaat bagi calon konsumen. Selain itu, Digital Marketer harus dapat memprediksi perkiraan dalam menjadwalkan postingan konten. Publish konten tersebut dikala frekuensi traffic tinggi.

Terakhir, seorang Digital Marketer tetap selalu pantau performa media sosial secara teratur dan memperbaiki segala kekurangan pada media sosial.

Dengan cara ini, maka platform media sosial bisa menjadi wadah promosi gratis bagi pelaku bisnis online.

Menerapkan Strategi SEO

Search Engine Optimization atau yang disingkat SEO adalah salah hal yang wajib dipahami oleh Digital Marketer. Dimana, teknik SEO digunakan sebagai langkah memberikan peringkat yang lebih baik di mesin pencari seperti Google.

Pada proses melakukan penerapan SEO, hal-hal yang mesti dilakukan yaitu melakukan riset keyword, mengoptimalkan konten, dan menerapkan praktek link building.

Riset keyword perlu dilakukan untuk mengetahui kata kunci apa yang sedang trending atau sering dicari oleh banyak pengguna, dan memasukkan keyword tersebut ke dalam konten media sosial atau situs website.

Selain itu, digital marketer juga perlu mengoptimalkan konten agar sesuai dengan standar search engine, seperti menyisipkan kata kunci pada judul atau link artikel, menambahkan meta deskripsi, dan pemberian visual gambar ataupun video untuk memperkaya isi artikel.

Terakhir, Digital Marketer perlu membangun piramida link building. Dimana, dengan mencari backlink berkualitas pada website lain dengan domain authority tinggi, serta satu niche dengan artikel yang dibuat, maka akan membantu konten artikel mendapatkan ranking lebih baik.

Algoritma Google seringkali berubah-ubah. Hal ini lantas menyulitkan Digital Marketer dalam bermain SEO untuk membantu menaikkan peringkat situsnya dimata mesin pencari.

Untuk itu, seorang Digital Marketer harus tahu dan harus siap dengan badai algoritma yang akan datang menerjang. Dengan mengetahui perihal algoritma, maka Digital Marketer akan sanggup bertahan dari masalah tersebut.

Akan tetapi, perlu dicatat kalau SEO bukanhlah sesuatu yang instan dalam mendatangkan traffic layaknya SEM. Teknik SEO butuh waktu yang panjang agar memperoleh hasil yang signifikan.

Oleh karena itu, tetaplah bersabar dalam membangun konten. Konsistensi dan kesabaran adalah kunci dalam menerapkan strategi SEO.

Jalin Hubungan dengan Pelanggan

Sebagai seorang Digital Marketer, perlu kiranya menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan apabila ingin menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

Digital Marketer mestinya siap untuk berkomunikasi secara berkala dengan pelanggan. Hal ini bisa dilakukan melalui media sosial, email marketing, atau sarana komunikasi lainnya.

Dengan berinteraksi secara teratur, Digital Marketer dapat mengetahui apa sebenarnya yang diinginkan oleh calon konsumen dan memberikan mereka solusi berupa penawaran produk.

Agar konsumen update tentang produk atau bisnis online kamu, artinya Digital Marketer harus selalu menyediakan konten berkualitas dan unik untuk meningkatkan minat beli.

Update konten sangat bermanfaat bagi perkembangan bisnis online. Karena, konsumen akan merasa bahwa Digital Marketer adalah sumber informasi terpercaya.

Dengan terjalinnya hubungan yang baik dan terbina antara penjual dan pembeli, maka akan menciptakan sifat loyal dari konsumen terhadap produk bisnis online kamu.

Oleh karena itu, menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan merupakan hal lumrah dan patut diterapkan bagi seorang Digital Marketer.

Cara Menjadi Digital Marketer

Menjadi seorang Digital Marketer adalah profesi yang menggiurkan saat ini. Karena, selain dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan, kamu juga dapat menerapkannya pada bisnis online sendiri. Kamu perlu beberapa hal yang harus dilakukan untuk menjadi Digital Marketer yang sukses.

Seorang digital marketer harus selalu belajar terus menerus dan mengikuti trend perkembangan terbaru dalam dunia digital marketing. Terus mencari sesuatu yang baru, kalau perlu viral agar gampang ditemukan oleh pengguna internet.

Seorang digital marketer harus memiliki daya analisa yang akurat. Mampu menganalisis data, artinya implementasi SEO selaras dengan algoritma saat ini.

Dengan kemampuan analisa yang baik, seorang digital marketer bisa mengetahui bagian mana yang berhasil dan mana yang tidak, serta dapat diambil kesimpulan dan membuat keputusan yang tepat untuk meningkatkan performa website.

Yang tidak kalah penting adalah memiliki sisi kreatif dan inovatif. Pola pikir kreatif dari seorang digital marketer dapat membantu bisnis online mengikuti trend saat ini. Hal ini paling disukai masyarakat.

Selain itu, kekompakan antar tim harus terjaga dengan baik. Seorang Digital Marketer harus mampu bekerja baik secara individu maupun teamwork. Dalam dunia digital marketing, kerjasama dan koordinasi sangatlah efektif demi mencapai tujuan yang diinginkan.

Jadi, itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan, apabila mau menjadi seorang digital marketer yang sukses. Selain itu, ingat selalu kalau kesuksesan tidak datang dengan mudah, butuh usaha dan kerja keras secara konsisten.

Kesimpulan

Digital marketer adalah seorang profesional dalam dunia digital marketing. Mereka bertanggung jawab mengembangkan strategi marketing pada bisnis online ataupun perusahaan startup, dan memastikan bisnis dapat menjangkau audiens.

Dalam dunia pemasaran digital yang kerap kali berubah, menjadi seorang digital marketer adalah pekerjaan yang tidak mudah dikerjakan, namun bisa sukses apabila memiliki bekal berupa pengetahuan dan skill yang dibutuhkan.

Dengan tekad kuat, kemauan untuk terus belajar, dan cepat tanggap untuk beradaptasi dengan segala jenis perubahan, siapa pun dapat mencapai kesuksesan dalam karir ini.

Jadi, jika kamu tertarik untuk menjadi seorang digital marketer, mulailah mengembangkan keahlian dalam mengembangkan strategi pemasaran digital, membuat konten berkualitas, dan mengelola digital advertising campaign.

Dengan kerja keras dan dedikasi tinggi, kamu dapat menjadi seorang digital marketer sukses dan membantu bisnis mencapai kesuksesan dalam era digital.

Posting Komentar untuk "Digital Marketer Adalah: Menerapkan Bisnis Online di Era Digital"