Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Motion Graphic Adalah, dan Tips Menerapkannya dalam Konten

Motion Graphic Adalah, Motion Graphic, Grafik Motion. Video
Motion Graphic Adalah

Motion Graphic adalah salah satu teknik desain grafis yang sedang populer saat ini. Teknik ini mengkombinasikan animasi, efek, teks, dan elemen visual lainnya untuk menciptakan konten visual menarik dan informatif.

Perkembangan dunia digital, memaksa seorang video editor mampu melakukan teknik motion graphic. Karena metode ini sangat penting saat membuat konten video menarik dalam iklan online .

Tidak hanya itu, penerapan motion graphic sering memberikan keuntungan bagi para pelaku bisnis online. Dengan menggunakan trik ini, mereka mampu membuat konten visual menarik, agar efektif dalam menjangkau target audiens.

Beberapa contoh penerapan motion graphic dibidang marketing seperti,  video iklan promosi, presentasi, atau tutorial.

Namun, supaya implementasi motion graphic bisa berjalan dengan baik, kamu perlu paham bagaimana konsep dasar serta menerapkannya kedalam konten. Salah satu cara untuk mempelajari motion graphic adalah dengan ikut kursus atau melihat video tutorial online.

{tocify} $title={Table of Contents}

Dasar-dasar Teknik Motion Graphic

Berikut dasar-dasar teknik motion graphic dalam proses pembuatan konten visual:

1. Animasi

Animasi Motion Graphic adalah teknik perubahan bentuk, gerakan objek, atau perubahan warna.

Animasi ini sebagai penarik perhatian audiens dan memperjelas isi pesan yang ingin disampaikan. Animasi berperan dalam menciptakan nuansa atau suasana hati tertentu didalam video.

Salah satu cara menciptakan animasi kedalam Motion Graphic adalah dengan menggunakan keyframe animation.

Keyframe animation memungkinkan kamu dapat menentukan posisi serta rotasi objek gambar pada waktu tertentu dan program software akan secara otomatis mengkalkulasikan jumlah animasi di antara keyframe tersebut.

Selain itu, terdapat teknik animasi lainnya, seperti easing, overshoot, dan bounce. Dimana, teknik-teknik ini digunakan agar animasi lebih halus dan alami. Teknik ini membantu menghilangkan kekakuan, hingga membuat gerakan animasi lebih dinamis.

Perlu diingat, apabila animasi tersebut harus digunakan dengan tepat dalam Motion Graphic. Jika terlalu banyak animasi yang tidak relevan, maka berakibat terganggunya isi pesan yang ingin disampaikan serta mengurangi efektivitas video kamu.

Oleh karena itu, gunakanlah animasi hanya pada saat-saat tertentu atau sewaktu dibutuhkan saja.

Dengan memahami animasi dan beragam teknik yang digunakan dalam Motion Graphic, kamu dapat menciptakan video menarik, kreatif, dan efektif dalam meningkatkan engagement audiens serta bisa memperkuat merek bisnis.

2. Ilustrasi

Tak kalah pentingnya dengan animasi, ilustrasi juga menjadi salah satu unsur elemen penting didalam Motion Graphic.

Ilustrasi digunakan agar memperjelas isi pesan pada video. Ilustrasi didalam Motion Graphic bisa berupa gambar 2D atau 3D, yang bisa dibuat melalui aplikasi desain grafis.

Penggunaan ilustrasi bertujuan membantu menambah daya tarik visual video. kamu dapat menggunakan ilustrasi, sebagai cara menggambarkan ide-ide kompleks atau konsep abstrak yang sulit untuk dijelaskan hanya lewat kata-kata saja.

Ilustrasi akan memperkuat merek produk bisnis kamu dengan memadukan warna dan bentuk, dengan identitas brand kamu. Selain itu, ilustrasi bisa digunakan untuk menciptakan nuansa alami didalam hasil video.

Misalnya, kamu memakai ilustrasi menggunakan warna-warna cerah dan background menarik untuk membuat video berenergi dan penuh semangat.

Atau menggunakan warna-warna lembut dan bentuk sederhana, agar video yang dibuat terlihat lebih formal dan profesional.

Pastikan menerapkan ilustrasi visual, apabila memang relevan dengan video kamu. Jika berlebihan, bisa mengganggu para penonton ketika mereka ingin melihat pesan melalui video.

Dengan memahami penggunaan ilustrasi dalam motion graphic, maka kamu bisa menciptakan video menarik, serta efektif dalam upaya menarik perhatian target audiens.

3. Teks

Teks atau tulisan merupakan satu diantara elemen penting dalam pembuatan video motion graphic. Tekstual dapat berupa judul, narasi, atau caption tambahan saat menampilkan video.

Pemilihan font, size, warna, serta positioning teks yang tepat, membantu memperjelas isi pesan lewat pembuatan video.

Teks juga bisa dimanfaatkan sebagai alat memperkuat identitas brand bisnis online, dengan penggunaan font serta warna yang konsisten, sesuai dengan merek.

Namun, apabila menambahkan teks pada video grafik motion, pastikan jika teks tersebut bisa dibaca dengan jelas oleh audiens. Oleh karena itu, gunakanlah jenis font yang mudah dibaca, ukurannya cukup besar, dan warna yang digunakan kontras dengan background.

Selain itu, maksimalkan sisi kreativitas lebih dalam dari diri kamu. Bisa dengan menambahkan animasi pada teks kedalam video motion graphic. Animasi pada teks bertujuan agar videonya terlihat lebih menarik, serta memberikan kesan dinamis.

Namun, pastikan memasukkan teks pada point-point pentingnya saja. Supaya tidak terkesan ramai, hingga membuat video terlihat tidak menarik. Pastikan berikan white space untuk memberi ruang kosong pada video agar terlihat rapi.

4. Efek

Teknik lain yang penting diterapkan kedalam motion graphic adalah penggunaan efek khusus seperti efek transisi ataupun efek suara. Efek-efek ini dapat digunakan untuk menambah efek dramatis pada video motion graphic.

Gunakan efek transisi, seperti transisi teks atau gambar visual. Misalnya dengan menambahkan dua jenis gambar berbeda, dan diurutkan penayangannya dalam tempo singkat.

Efek suara akan memabantu menambah adegan dramatis dalam video. Seperti, efek suara pada pergantian slide dari slide satu ke slide berikutnya. 

5. Software

Terakhir, Motion Graphic melibatkan penggunaan software khusus untuk proses editingan video, seperti Adobe After Effects atau Adobe Premiere Pro.

Software ini sangat berguna untuk mempermudah proses pembuatan motion graphic dan memungkinkan editor untuk melakukan editingan serta memperbaiki motion graphic dengan mudah.

Itulah beberapa konsep dasar-dasar teknik pada motion graphic yang perlu diketahui jika kamu ingin mencoba teknik ini dalam strategi marketing bisnis online.

Dengan memahami basic-basic tadi, kamu bisa membuat motion raphic dengan efektif untuk memperkuat merek serta meningkatkan engagement audiens.

Motion Graphic dalam Bisnis Online

Tentu saja! Motion Graphic adalah alat atau cara efektif dalam bidang pemasaran bisnis. Sebab, video yang ditampilkan pada iklan digital berpengaruh terhadap call to action oleh audiens.

Pertama-tama, motion graphic dapat meningkatkan daya tarik konten visual. Dengan teknik animasi, motion graphic bakal membuat konten video lebih menonjol di antara konten visual lainnya.

Hal ini mempengaruhi pada peningkatan tingkat engagement dari konten yang dibuat, serta membantu menambah nilai brand awareness bisnis online.

Selain itu, motion graphic sangat efektif dalam menjangkau target audiens. Menggunakan metode motion graphic, artinya kamu dapat mengekspresikan isi pesan lewat cara sederhana, sehingga mudah dicerna oleh audiens.

Hal ini turut membantu online business dalam mencapai target pasar dan meningkatkan konversi.

Tips Menerapkan Motion Graphic

Motion Graphic adalah teknik yang sangat fleksibel dan dapat diterapkan lewat berbagai konten kreatif. Berikut ini beberapa tips untuk memadukan teknik motion graphic dalam konten kreatif:

Video Promosi

kamu dapat menggunakan teknik motion graphic untuk membuat bentuk video promosi produk atau jasa agar terlihat lebih unik.

Dalam postingan video tersebut, kamu bisa menambahkan elemen visual seperti animasi, ilustrasi, efek dan teks untuk memperjelas isi pesan dan memperkuat brand bisnis online.

Presentasi

Dalam presentasi, motion graphic dapat dimanfaatkan untuk memperjelas konsep atau menimbulkan ide-ide yang sulit dijelaskan hanya lewat kata-kata saja.

Untuk itu, dengan menggunakan elemen visual seperti grafik, animasi, dan teks, presentasi yang dibuat akan lebih berwarna dan menghindari kesan monoton.

Social Media

Motion graphic juga kerap digunakan untuk membuat konten kreatif di berbagai platform media sosial seperti Youtube, Instagram, Facebook, atau TikTok.

Dalam postingan konten tersebut, kamu bisa menyisipkan elemen-elemen visual seperti animasi dan lainnya untuk mendatangkan traffic organic dan meningkatkan jumah view pada setiap postingan.

Infografis

Infografis adalah salah satu metode penyampaian informasi yang kompleks secara visual. Dalam Infografis, teknik motion graphic dapat membantu menambah pemahaman bagi visitor ketika melihat postingan infografis.

Pesan atau data yang dibuat pada infografis akan menambah keakuratan data, dan mempermudah penonton dalam memberikan penilaian informasi.

Video Edukasi

Teknik motion graphic seringkali digunakan dalam video-video edukasi seperti tutorial atau kursus online.

Dalam video tersebut, kamu bisa menambah elemen visual yang relevan terhadap isi konten. Teknik grafik motion ini mempermudah penonton menangkap arah video, lewat panduan-panduan dari motion graphic.

Dalam menerapkan Motion Graphic kedalam konten, gunakanlah sisi kreativitas dalam setiap project. Bisa menggunakan elemen visual seperti animasi, efek, dan teks.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa motion graphic adalah teknik animasi yang sangat berguna dibidang digital marketing, karena bisa meningkatkan daya tarik konten secara visual, serta menaikkan nilai engagement dari target audience.

Sebagai seorang digital marketer, Untuk menerapkan teknik motion graphic dengan baik, kamu perlu memiliki wawasan luas soal editingan video serta skill keterampilan yang memadai.

Oleh karena itu, disarankan untuk mempelajari dasar-dasar teknik motion graphic terlebih dahulu dan menggunakan software yang tepat untuk menghasilkan konten visual yang menarik.

Dalam penerapan motion graphic, pastikan juga kemana arah tujuan dan target audience dari konten yang kamu buat.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba menerapkan teknik motion graphic kedalam setiap konten kamu.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Motion Graphic Adalah, dan Tips Menerapkannya dalam Konten"