Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Cara Iklan di Youtube yang Mudah dan Efektif

Cara Iklan di Youtube
Cara Iklan di Youtube

Panduan Cara Iklan di Youtube yang Mudah dan Efektif - Youtube bukan hanya sebagai platform untuk menonton video. Kini, Youtube juga berperan sebagai salah satu media iklan yang efektif dalam meningkatkan brand awareness dan menjual produk.

Bagi yang belum mencoba memasang iklan di Youtube, jangan khawatir! Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan panduan cara iklan di Youtube demi meraih banyak keuntungan bagi penjualan produk Anda. 

{tocify} $title={Table of Contents}

Apa itu iklan di Youtube

Mungkin Anda masih bertanya-tanya, "Apa itu iklan di Youtube?" Secara sederhana, iklan di Youtube merupakan bentuk iklan pada platform video sharing terbesar di dunia, yaitu Youtube. Iklan di Youtube bukan hanya sekedar iklan biasa yang sering kita lihat di televisi atau internet.

Ada beberapa jenis iklan di Youtube, seperti iklan display, iklan overlay, iklan pre-roll, dan iklan bumper. Masing-masing jenis iklan di Youtube ini memiliki fungsinya tersendiri. Apabila Anda ingin beriklan di Youtube, maka bisa opsi pilihan sesuai dengan tujuan iklan.

Mengapa dikatakan bahwa iklan di Youtube efektif meningkatkan volume penjualan produk? Salah satu alasan utamanya adalah karena Youtube punya jumlah pengguna aktif yang sangat besar, sehingga potensi target audiens juga bisa mencakup banyak kalangan.

Selain itu, dengan mengetahui cara iklan di Youtube, maka Anda bisa mensetting fitur targeting secara akurat, sehingga iklan yang dipasang bisa menargetkan target penonton.

Namun, tentu saja supaya mampu memaksimalkan efektivitas iklan di Youtube, dibutuhkan strategi yang tepat dan konten yang menarik. Jangan khawatir, pada poin-poin selanjutnya saya akan mengulas lebih detail tentang cara iklan di Youtube agar efektif terhadap penjualan.

Jenis-jenis Iklan di Youtube

Terdapat jenis-jenis iklan di Youtube yang bervariasi tergantung pada arah tujuan, serta disesuaikan dengan budget iklan. Berikut ini adalah beberapa jenis iklan di Youtube secara umum:

Iklan Skippable

Jenis iklan ini biasanya muncul di awal atau selama video Youtube berlangsung dan bisa dilewati oleh pengguna setelah waktu 5 detik. Iklan skippable merupakan jenis iklan di Youtube berupa video atau gambar dengan deskripsi teks.

Iklan Non-Skippable

Jenis iklan ini muncul pada awal atau di pertengahan video Youtube. Jenis iklan ini tidak dapat diskip oleh penonton. Durasi iklan non-skippable biasanya berlangsung sekitar 15 detik.

Walaupun hanya berlangsung selama 15 detik, tapi karena iklan ini tidak bisa dilakukan skip, maka jenis ikla non-skippable kerap dikeluhkan oleh pengguna Youtube.

Iklan Display

Jenis iklan display ini seringkali muncul di samping video Youtube dalam bentuk gambar atau teks. Iklan display juga dapat tampil pada beranda Youtube, atau pada saat kita mengetikkan kata kunci di halaman Youtube search.

Iklan Overlay

Jenis overlay merupakan iklan pop-up. Dimana, iklan overlay tampil di bagian bawah video Youtube. Iklan overlay berbentuk gambar disertai teks.

Apabila Anda ingin menhapusnya, maka bisa dilakukan dengan mengklik tanda silang di ujung kanan atas iklan, atau terlihat dengan ikon "x".

Iklan Bumper

Jenis iklan bumper merupakan ikaln berupa video pendek. Iklan bumper akan muncul di awal, akhir, atau saat video berlangsung. Jenis iklan bumper tidak akan bisa dilewati oleh penonton. Durasi iklan bumper sendiri berkisar antara 5 hingga 6 detik.

Setiap jenis iklan di Youtube punya kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Sebaiknya jika ingin beriklan di Youtube, pertimbangkan terlebih dahulu tujuan iklan, serta biaya yang dianggarkan untuk beriklan.

Selain itu, dalam dunia digital marketing, jangan lupa untuk mempertimbangkan strategi iklan untuk bisnis online, agar bisa mendapatkan hasil maksimal lewat cara iklan di Youtube.

Membuat Iklan di Youtube

Mungkin banyak yang belum paham. Sebenarnya, membuat iklan di Youtube tidak sesulit yang dibayangkan. Akan tetapi, memang ada beberapa hal yang mesti dipersiapkan terlebih dahulu sebelum memutuskan memasang iklan tersebut.

Berikut adalah langkah-langkah cara iklan di Youtube:

Buat Akun Google Ads

Pertama-tama, Anda harus memiliki akun Google Ads. Akun Google Ads merupakan platform periklanan produk Google. Google Ads dimanfaatkan bagi advertiser untuk membuat dan mengelola iklan di Youtube.

Jika dari kalian belum memiliki akun Google Ads, daftarlah terlebih dahulu secara gratis melalui situs resmi Google Ads.

Buat Youtube Ads Campaign

Setelah memiliki akun Google Ads, langkah berikutnya yaitu membuat Youtube Ads Campaign. Pada tahap ini, akan diminta untuk memilih jenis iklan, menentukan target audiens, serta perkiraan budget iklan.

Tentukan Jenis Iklan Youtube

Selanjutnya, kamu bisa memilih jenis iklan sesuai dengan keinginan masing-masing advertiser.

Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, jika terdapat jenis iklan di Youtube, di antaranya adalah iklan display, overlay, bumper, dan  lainnya.

Setting Target Audiens

Selanjutnya, setting target audiens iklan di Youtube dengan sangat spesifik, misalnya pasang berdasarkan lokasi geografis, usia, gender, minat, dan lain sebagainya.

Hal ini tentu saja akan memaksimalkan efektivitas iklan, karena hanya ditampilkan kepada penonton yang relevan dengan produk atau jasa bisnis online.

Tentukan Budget Iklan Youtube

Terakhir, tentukan budget iklan. Budget ini bisa dipilih per hari atau per campaign, tergantung pada kebutuhan iklan produk bisnis. Pilih juga metode iklannya, apakah memakai Cost Per Click atau Cost Per Miles.

Setelah semua tahapan selesai dilalui, advertiser hanya tinggal menunggu saat iklan tayang di Youtube. Setelah iklan berhasil tayang, jangan ditinggal begitu saja.

Ukurlah hasil kampanye iklan bisnis melalui laporan yang disediakan oleh Google Ads. Dari sana, bisa dilihat bagaimana performa iklan terhadap penjualan produk.

Apabila berhasil sukses menambah volume penjualan, maka kamu bisa memasangkan iklan secara teratur.

Akan tetapi, jika lebih besar pasak daripada tiang, dalam artian biaya iklan lebih besar dibandingkan hasil pendapatan, maka Anda bisa melakukan perbaikan dengan setting ulang pengaturan iklan.

Strategi Iklan di Youtube

Memasang iklan di Youtube bukan hanya tentang pembuatan konten iklan menarik, tetapi juga tentang bagaimana merancang strategi iklan yang tepat, agar iklan dapat menjangkau target audiens dengan efektif.

Targeted Advertising

Salah satu strategi iklan di Youtube terpopuler adalah menggunakan targeted advertising. Dimana, targeted advertising memungkinkan pemasang iklan untuk menargetkan iklan bisnis kepada audiens secara spesifik dan relevan dengan produk atau jasa bisnis oline.

Sebagai contoh, apabila seorang advertiser memiliki bisnis dengan menjual produk kecantikan, maka dia bisa menargetkan iklannya kepada wanita berusia 18-35 tahun.

Remarketing

Selain itu, strategi lainnya untuk memasang iklan Youtube, dengan menggunakan strategi remarketing. Teknik remarketing membuat kamu dapat melakukan target iklan kepada penonton yang sebelumnya sudah pernah berkunjung ke situs website atau channel Youtube Anda.

Hal ini berpeluang meningkatkan kemungkinan konversi. Karena, apabila audiens sudah mengenal produk bisnis kamu sebelumnya, maka mereka lebih mungkin melakukan call to action atau membeli produk bisnis Anda.

Influencer Marketing

Selanjutnya, bisa menggunakan strategi influencer marketing dalam strategi iklan di Youtube. Dengan melakukan kontak kerjasama bareng influencer Youtube atau lebih dikenal sebagai Youtuber, maka bisa meningkatkan volume penjualan produk bisnis.

Terlebih lagi, jika Youtuber tersebut memiliki jumlah subscriber puluhan ribu, ratusan ribu, atau bahkan jutaan subscriber, maka peluang bisnis akan dikenal banyak orang terbuka lebar lewat Youtuber tersebut. 

Tentu saja, strategi iklan di Youtube yang efektif harus disertai dengan konten iklan yang menarik dan relevan antara produk bisnis dan target audiens.

Pastikan konten iklan menonjolkan keunikan dari produk tersebut, serta menarik perhatian banyak audiens dengan penggunaan gambar, video, dan teks yang menarik.

Jadi, itu dia beberapa cara strategi iklan di Youtube, agar dapat diterapkan untuk meningkatkan efektivitas kampanye iklan bisnis online.

Strategi Konten Youtube

Youtube bukan hanya platform untuk menayangkan iklan, tetapi juga merupakan media untuk membuat konten menarik, agar dapat menarik perhatian penonton dan membangun hubungan dengan mereka.

Oleh karena itu, dengan menerapkan strategi konten Youtube, dapat membantu memperluas jangkauan bisnis online serta meningkatkan kesadaran merek atau brand.

Salah satu strategi konten Youtube yang efektif adalah membuat video tutorial atau how-to. Video tutorial bisa memberikan nilai tambah bagi subscriber kamu dengan menjelaskan panduan yang berguna terkait produk yang ditawarkan.

Misalnya, jika kamu pemilik toko handphone , maka bisa dengan membuat tutorial tentang cara menggunakan produk tersebut, atau melakukan review terhadap smartphone keluaran terbaru.

Selain itu, sebagai content creator kamu juga bisa bikin postingan video informatif dan edukatif. Konten video informatif dan edukatif tadi, dapat menunjukkan bahwa bisnis kamu merupakan sumber informasi terpercaya.

Misalnya saja, jika kamu menjual produk kesehatan, maka bisa dengan membuat video terkait manfaat makan makanan sehat atau cara menjaga kesehatan tubuh.

Terakhir, kamu juga bisa memakai strategi konten Youtube yang berfokus pada pengalaman merek. Misalnya, kamu bisa membuat video tentang kegiatan acara yang diadakan oleh bisnis, atau menampilkan testimoni dari pelanggan yang puas dengan produk bisnis kamu.

Hal ini serta merta dapat membangun hubungan dengan audiens dan meningkatkan kesadaran merek.

Posting Komentar untuk "Panduan Cara Iklan di Youtube yang Mudah dan Efektif"