Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Affiliate Marketing Itu Apa? Membangun Bisnis Online Lewat Program Affiliasi

Affiliate Marketing; Affiliator; Affiliate; Digital Marketing; Digital; SEO; Marketplace; Ecommerce; Marketer;
Affiliate Marketing

Kondisi ekonomi yang semakin sulit memaksa masyarakat mencari alternatif lain dalam mendapatkan penghasilan tambahan selain dari pekerjaan utama.

Banyak cara yang dilakukan. Mulai dari mencari ide jualan online, membuat konten untuk mendapatkan adsense, menjadi freelancer di website seperti fiverr atau upwork, hingga mencari microjob melalui game atau aplikasi penghasil uang.

Selain contoh-contoh di atas, ada satu lagi hal yang bisa kamu lakukan untuk menambah pendapatan, yaitu dengan mengikuti progran affiliate marketing.

Sebenarnya, affiliate marketing itu apa? Dan bagaimana caranya agar bisa mendapatkan uang dengan menjadi seorang affiliate? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

 {tocify} $title={Table of Contents}

Apa Itu Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan salah satu teknik digital marketing yang semakin populer di kalangan pebisnis online. Namun, apa sebenarnya affiliate marketing itu?

Sederhananya, affiliate marketing adalah proses di mana kamu bertugas menjadi seorang affiliator dengan mempromosikan produk atau jasa pihak lain melalui link afiliasi atau kode refferal yang disediakan oleh perusahaan atau pemilik produk.

Apabila terdapat calon konsumen yang membeli produk lewat link afiliasi atau refferal codes yang disebar, maka otomatis kamu akan menerima komisi dari hasil penjualan tersebut.

Konsepnya memang sederhana, namun sangat efektif dilakukan. Karena kita tidak harus memiliki produk tersebut, untuk dapat menghasilkan uang dengan cara mempromosikan produk-produk tadi.

Lantas, hal Ini membuat program affiliate marketing dinilai sesuatu yang mudah dijalankan dalam ikut memulai bisnis online.

Di dunia affiliate marketing, ada tiga pihak yang terlibat, yaitu pemilik produk sebagai pebisnis online, seorang affiliate yang bertugas membantu mempromosikan produk dari pihak pertama, serta calon konsumen yang tertarik membeli produk tersebut.

Link afiliasi adalah kunci utama dalam lingkaran affiliate marketing ini. Dimana, tautan afiliasi adalah sebuah link unik yang diberikan oleh pemilik produk kepada para affiliate supaya mereka membantu mempromosikan produk mereka lewat link tersebut.

Setiap kali konsumen mengklik link afiliasi dan membeli produk tadi, maka affiliator akan menerima fee.

Selain link affiliasi, sering juga pihak perusahaan atau pemilik produk menggunakan kode referral dalam kegiatan affiliate marketing. Sistemnya kurang lebih sama seperti link affiliasi di atas.

Akan tetapi, supaya bisa sukses menjalani program affiliate marketing, kamu perlu mengetahui segala hal tentang apa yang mesti dilakukan oleh seorang affiliate marketing.

Mulai dari cara memilih produk untuk dipromosikan, cara membangun relasi antara affiliator dengan pemilik produk, serta bagaimana cara melakukan promosi produk atau jasa secara efektif lewat konten berkualitas tinggi dan penerapan teknik SEO.

Dalam dunia digital marketing, program affiliate marketing menawarkan cara menarik dan efektif dalam rangka membangun bisnis online yang sukses.

Jadi, jika ingin mulai merintis bisnis online sendiri, coba untuk ikuti berbagai program termasuk affiliate marketing ini, dan lihatlah kesuksesan yang bisa dicapai.

Cara Kerja Affiliate Marketing

Cara kerja affiliate marketing ini sebenarnya sangat sederhana. Dimana, pemilik produk dan juga perusahaan memberikan link afiliasi atau kode referral kepada seorang affiliator marketing untuk mereka bantu promosikan.

Ketika calon pembeli mengklik tautan afiliasi atau menggunakan kode refferal untuk membeli sebuah produk, maka pemasar afiliasi akan mendapatkan imbalan sesuai kebijakan pemilik produk.

Untuk itu, akan dijelaskan lebih rinci lagi bagaimana sebenarnya program affiliate marketing bekerja. Berikut beberapa tahapan-tahapannya dalam program affiliate marketing:

  1. Pemilik produk atau perusahaan membuat bisnis online, lalu membuat produk atau jasa yang ingin dipromosikan lewat program affiliate marketing.
  2. Pemilik produk memberikan sebuah link afiliasi atau referral code kepada affiliator untuk mempromosikan produk mereka.
  3. Affiliator marketing melakukan promosi produk melalui link afiliasi dan juga kode refferal tersebut.
  4. Calon pembeli yang tertarik, membeli produk tadi dengan mengklik tautan afiliasi atau menggunakan referral code.
  5. Calon konsumen akan diarahkan ke aplikasi atau situs website dari pemilik produk, lalu mereka membeli produk atau menggunakan jasa tersebut.
  6. Setelah transaksi pembelian selesai, maka secara otomatis affiliator akan menerima komisi dari hasil penjualan produk.

Berbagai tahapan tadi dapat berbeda-beda tergantung kebijakan perusahaan atau pemilik produk yang bermitra dengan seorang affiliate. Namun, pada dasarnya konsep dasar dari setiap affiliate marketing semuanya sama.

Dalam program affiliate marketing, seorang affiliator berperan penting dalam setiap kegiatan promosi produk atau penggunakan jasa layanan kepada calon konsumen.

Oleh karena itu, apabila kamu hendak ingin mengikuti program affiliate marketing ini, kiranya perlu membangun hubungan baik dengan pemilik produk.

Secara keseluruhan, affiliate marketing adalah cara efektif dan efisien untuk mempromosikan produk, dalam rangka memulai membangun bisnis online.

Jenis-Jenis Affiliate Marketing

Didalam affiliate marketing, terdapat jenis-jenis yang dapat dipilih oleh affiliate marketer. Berikut merupakan beberapa jenis affiliate marketing secara umum:

Pay Per Click (PPC)

Pada jenis pay per click ini, sebagai affiliator akan menerima komisi ketika ada calon konsumen mengklik link afiliasi yang tersedia. Model ini biasanya dipakai untuk kegiatan promosi produk atau jasa yang murah, karena itulah komisi yang diterima relatif kecil.

Pay Per Lead (PPL)

pada model jenis ini, affiliator akan menerima komisi saat audiens mengisi formulir atau melakukan call to action yang diminta, melalui link atau kode referral. Jenis pay per lead biasanya memiliki imbalan komisi yang lebih besar.

Pay Per Sale (PPS)

Dalam metode pay per sale, seorang affiliate akan menerima komisi ketika terdapat konsumen yang melakukan pembelian produk melalui link afiliasi yang disebar. Biasanya, model jenis ini merupakan metode yang paling banyak ditemukan dalam program affiliate marketing.

Two Tier Affiliate Marketing

Pada jenis two tier affiliate marketing, para affiliator tidak hanya menerima komisi dari penjualan produk konsumen, tetapi mereka juga memperoleh komisi lewat affiliator lain yang direkrut olehnya.

Karena itulah, hal ini memungkinkan kita bisa mendapatkan penghasilan yang jauh lebih besar.

Multi Level Marketing (MLM)

Dalam model ini, pemasar afiliasi selain menerima komisi dari transaksi penjualan lewat link affiliasi atau kode refferal, mereka juga menerima fee dari affiliator lain yang direkrut olehnya, serta affiliator lain lagi yang diajak oleh affiliator tersebut.

Jenis ini identik dengan sistem two tier affiliate marketing, cuma bedanya metode ini merupakan jaringan yang lebih besar, sehingga disebut MLM.

Tips Affiliate Program

Apabila Anda berkeinginan untuk mengikuti program affiliate marketing ini, ketahui terlebih dahulu definisi serta jenis-jenis affiliate marketing seperti yang telah dikemukakan di atas.

Setelah itu, barulah Anda bisa mengikuti tips-tips berikut supaya berhasil menjalani program affiliate ini.

1. Pilih Produk Berkualitas

Ketika mulai ikut program affiliate marketing, pertama yang harus diperhatikan yaitu produk mana yang ingin dipromosikan.

Hal ini biasanya sering dijumpai pada marketplace Shopee. Dimana banyak pengguna Shopee memilih produk-produk berkualitas tinggi dan memiliki nilai serta bermanfaat bagi para konsumen.

Selain itu, praktek ini kerap ditemukan pada website-website atau aplikasi. Contohnya aplikasi Bibit, dimana salah satu aplikasi berbasis investasi ini, juga memberlakukan fitur affiliate marketing.

Misalnya, jika kamu sebagai pengguna bibit apps, dan berhasil mengajak orang lain untuk bergabung di aplikasi bibit melalui kode referral yang disebar, maka kamu akan memperoleh komisi.

2. Buat Konten Berkualitas

Untuk dapat menarik perhatian pembeli, tentu kita harus memikirkan bagaimana caranya. Salah satunya dengan cara buat konten berkualitas.

Terlebih lagi jika memiliki subscriber atau followers yang banyak. Hal itu akan mempermudah kerja kamu dalam menarik perhatian konsumen potensial.

3. Gunakan teknik SEO

Penerapan teknik SEO memang sangat berpengaruh pada tingkat keberhasilan program affiliate marketing. Baik itu saat membuat video youtube, maupun sewaktu menulis artikel di blog.

Ketika ingin promosikan produk pihak lain dalam program affiliate di youtube, kamu bisa menerapkan teknik SEO dengan menyisipkan kata kunci pada judul, deskripsi, maupun hashtag.

Begitu juga kalau kamu ingin mempromosikannya lewat blog pribadi. Kamu dapat memerhatikan langkah serupa dengan memasukkan keyword pada title, meta description, heading, subheading, maupun pemberian backlink.

Teknik SEO ini semata-mata untuk meningkatkan rangking artikel atau blog di search engine, dan membuat artikel kamu muncul di halaman atas. Sehingga, artikel kamu yang berisikan program affiliate marketing tersebut, mudah ditemukan dan mereka tertarik untuk mengikutinya.

4. Coba Strategi Baru

Bisnis online memang fleksibel, dan sering berubah-ubah. Dengan demikian, hal itu membuat pelaku bisnis online termasuk affiliator untuk cepat beradaptasi atas segala perubahan tersebut.

Dengan begitu, selalu coba strategi baru, dan terus melakukan pembaruan disertai perbaikan-perbaikan supaya program affiliate yang dijalani dapat bertahan lama dan terus menghasilkan pundi-pundi rupiah.

5. Jalin Hubungan Sesama Affiliator

Di dunia digital marketing, saat melakukan bisnis online seperti affiliate marketing, kita butuh berhubungan satu sama lain, termasuk menjaga relasi dengan affiliator lain.

Walaupun mungkin terjadi persaingan antar affiliator, tetapi tetap dengan terjalinnya relasi sesama affiliator lain, bakal mempermudah kita dalam mendapatkan informasi-informasi penting seputar produk-produk pada marketplace

Kesimpulan

Banyak timbul pertanyaan, sebenarnya Affiliate marketing itu apa. Sebab, masih banyak yang belum paham tentang dunia affiliate ini.

Sederhananya, program affiliate marketing adalah salah satu model bisnis online dalam menghasilkan penghasilan tambahan. 

Berbagai cara dilakukan oleh para affiliator untuk mengikuti program ini. Dimuali dengan menentukan produk berkualitas, hingga menjalin relasi yang baik antar affiliator.

Butuh konsistensi dan kesabaran, karena memang program ini memerlukan waktu yang panjang agar memperoleh penghasilan yang signifikan dari affiliate marketing.

Jadi, apabila Anda belum mencoba model affiliate marketing, cobalah sekarang untuk membantu menambah penghasilan kamu diluar pekerjaan utama.

Posting Komentar untuk "Affiliate Marketing Itu Apa? Membangun Bisnis Online Lewat Program Affiliasi"