Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cari Tahu Cara Memulai Bisnis Online Baju dari Nol di Era Digital

Jualan, Online, Digital, Marketing, Baju, Vector
Cara Memulai Bisnis Online Baju dari Nol

Saat ini, bisnis online kian berkembang pesat, terutama pada sektor fashion. Bagi yang tertarik memulai bisnis online baju dari nol, perlu kiranya memahami beberapa hal dasar mengenai industri fashion ini.

Era digital marketing ini, diperlukan riset pasar dalam mematangkan marketing strategy. Hal ini menjadi sangat penting dilakukan, supaya dapat menjalankan bisnis online dengan lancar.

Oleh karena itu, dalam artikel ini akan diberikan tips-tips terbaik untuk memulai bisnis online baju dari nol, mulai dari memilih jenis produk hingga mengoptimalkan strategi marketing.

{tocify} $title={Table of Contents}

Memilih Jenis Produk Baju

Sebelum memulai jualan baju secara online, seharusnya dilakukan pemilihan jenis produk baju, agar yang dijual benar-benar berkualitas.

Untuk itu, sebelum memulai bisnis online baju dari nol, kita perlu melakukan riset pasar terlebih dahulu. Riset pasar berguna dalam menentukan jenis produk baju apa yang paling cocok untuk dijual.

Setidaknya, perhatikan beberapa hal saat melakukan riset pasar, seperti:

  • Trend fashion saat ini
  • Jenis baju paling banyak dicari
  • Harga cukup terjangkau
  • Target pasar yang ingin dituju

Setelah menentukan jenis produk baju yang ingin dijual, maka selanjutnya adalah mencari supplier terpercaya dan berkualitas. Survey ke tempat-tempat penyedia bahan baju untuk mencari supplier dari toko atau produsen ternama.

Walaupun begitu, tetap pastikan agar kualitas bahan yang dipilih memang benar-benar sesuai dengan kualitas yang diinginkan calon konsumen.

Untuk itulah, perlunya melakukan survey ke beberapa sampel konsumen agar mengetahui kebiasaan dan karakter para konsumen ketika melakukan pemilihan bahan baju.

Membuat Brand Bisnis Online Baju 

Setelah menentukan jenis produk baju apa yang cocok, serta mendapatkan supplier penyedia bahan, maka kamu perlu membuat brand bisnis online. Branding adalah salah satu kunci utama dalam membangun bisnis online baju dari nol.

Dalam mempersiapkan branding business, perhatikan juga beberapa hal berikut:

Merek yang Mudah diingat

Sebagai langkah awal dalam branding, tentunya harus mempersiapkan nama merek bisnis online terlebih dahulu. Merek disini berkaitan dengan produk baju yang hendak dijual.

Pilih nama brand unik dan mudah diingat oleh konsumen. Tujuannya agar merek bisnis online kita telah tertanam diingatan mereka, dan menjadi pilihan pertama saat konsumen ingin kembali membeli baju.

Logo Bisnis Unik

Setelah merek, kemudian buatlah logo unik yang mampu menarik perhatian pembeli. Disarankan untuk tidak membuat logo ala kadarnya. Tetapi, buat design logo yang memiliki arti seputar bisnis online baju.

Memang tidak semua orang bisa membuat logo yang bagus. Akan tetapi, saat ini sudah banyak ditemukan jasa pembuatan logo.

Kalian bisa menemukannya di marketplace seperti Shopee dan Tokopedia, mencari lewat situs-situs freelancer seperti Fiverr dan Sribulancer, atau mencari lewat website bisnis para pembuat logo online.

Konsep Visual Target Pasar

Membuat nama brand dan logo juga harus disertai dengan konsep visual sesuai target pasar yang dituju. Jadi, tidak asal sembarang membuat nama merek, karena apabila berlainan antara brand dengan target konsumen, maka bisnis online akan terlihat aneh.

Bisa diambil contoh, apabila kamu berjualan baju bernuansa islami, dengan memiliki stok baju koko dan sebagainya, maka designlah logo dengan bertemakan religi.

Begitupun jika pemilik bisnis baju online ingin berjualan baju bertemakan anime dengan menjual baju-baju cosplay atau sekedar design baju bergambar anime. Maka, tentukanlah nama merek dan design logo seputar dunia anime.  

Membuat Website Bisnis Baju Online

Dalam dunia digital marketing, agar dapat meningkatkan volume penjualan, berarti kita juga harus mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk membuat website.

Pembuatan website ini berguna untuk meningkatkan citra brand, sembari berharap agar mampu mencapai target pasar dalam jangkauan luas. Untuk itu, perlu memperhatikan hal-hal berikut dalam membuat website online business.

Pilih Platform yang Sesuai

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kalau website berguna dalam meningktan jumlah penjualan. Namun, kita juga perhatikan dalam pemilihan platform. Pilih platform mana yang sesuai dengan bisnis online.

Sekarang ini, telah banyak CMS yang menjadi wadah bagi pelaku bisnis untuk merancang website mereka. Sebut saja Blogspot, Wordpress, Wix, Joomla, dan lainnya.

Setiap CMS tadi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi, kalian bebas pilih mau pake platform mana sesuai dengan keinginan pribadi.

Tentukan Hosting dan Domain

Setelah memilih platform CMS nya, selanjutnya tentukan hosting untuk website tersebut. Hosting diibaratkan sebagai rumah dari sebuah website.

Banyak penyedia hosting bertebaran menawarkan jasanya. Di Indonesia sendiri, terdapat jasa penyedia hosting berbayar seperti Niagahoster, Hostinger, atau Dewaweb. Berhubung harga sewa hosting tergolong mahal, maka tentukan hosting sesuai budget yang dimiliki.

Selain hosting, tentukan juga nama domain dari website bisnis. Jika hosting dianggap sebagai rumah, maka nama domain dikatakan sebagai alamat dari website tersebut. 

Tentukan nama domain berdasarkan nama website bisnis online Anda. Sebaiknya buat nama domain yang tidak terlalu panjang, agar mudah diingat oleh konsumen

Desain Website Menarik

Konsumen bukan hanya melihat produk-produk yang dijual pada saat mengakses sebuah website, tetapi mereka juga memperhatikan bagaimana tampilan design website tersebut.

Desain website juga sangat penting dalam memulai bisnis online baju dari nol. Pastikan desain website dapat menarik perhatian dan membuat mereka betah berlama-lama berada di website kita.

Sebenarnya, dalam hal design itu tergantung pemilihan template. Pilihlah template yang menurut kamu bagus dan cocok bagi jualan baju kamu, disertai dengan pemilihan warna yang sepadan.

Atur tampilan website serta terstruktur rapi. Pintar dalam pemilihan widget agar tampilan terlihat estetik. Namun, cukup pergunakan widget seperlunya saja agar tidak memberatkan website ketika dibuka yang mengakibatkan website lemot.

Buat Konten

Setelah website berhasil dibuat, maka langkah selanjutnya adalah membuat konten pada halaman website. Konten bisa berisikan foto produk, video, hingga artikel-artikel penunjang dari produk kamu.

Ingat, segala hal yang berbau dengan konten identik dengan SEO. Penerapan SEO berguna supaya website kamu berada di halaman atas mesin pencari seperti Google.

Strategi Pasar Bisnis Online Baju

Setelah produk siap dijual, maka perlu kiranya untuk mematangkan strategi pemasaran bisnis online baju. Banyak cara yang bisa dilakukan. Berikut diantaranya:

Mengoptimalkan SEO

Di atas juga telah disinggung, bagaimana peran SEO (Search Engine Optimization) begitu penting dalam meningkatkan visibilitas website bisnis online baju kamu di mesin pencari Google.

Untuk itu, perhatikan pemberian kata kunci di setiap konten agar dapat menghasilkan konten berkualitas tinggi. Hal ini turut membantu meningkatkan peringkat website kamu di search engine.

Memasang Iklan

Apabila ingin mendapatkan banyak trafik lewat jalan pintas, maka memasang iklan adalah jawabannya. Iklan digital kerap digunakan website-website bisnis untuk meningkatkan visibilitas, maupun mendatangkan banyak organic traffic.

Praktik SEM (Search Engine Marketing) ini memang memiliki banyak manfaat dalam usaha bisnis online. Dengan banyaknya visitor berkunjung, memperbesar mereka melakukan pembelian produk baju online.

Banyak tersedia jaringan periklanan yang membantu Anda memasarkan produk. Seperti Google Ads, MGID, dan Adsterra. Atau bisa juga memasang iklan pada platform media sosial seperti di Facebook Ads, Pinterest Ads, serta Tiktok Ads.

Memanfaatkan Media Social

Selain website, tidak ada salahnya menggunakan media sosial sebagai sarana promosi. Beberapa platform memang telah banyak digunakan dalam kegiatan promosi suatu bisnis online.

Contohnya Instagram, Facebook, Tiktok, bahkan aplikasi messenger seperti Telegram pun dapat menjadi media efektif untuk mempromosikan bisnis online baju kamu.

Dengan banyaknya pengguna media sosial aktif, serta didukung oleh fitur-fitur dari platform media sosial tersebut seperti Tiktok Shop, mempermudah pelaku bisnis online memasarkan produknya.

Kesimpulan

Cara memulai bisnis online baju dari nol memang butuh usaha dan kerja keras, agar dapat meraih kesuksesan. Untuk itu, persiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu sebelum memutuskan ikut jualan baju online.

Seperti melakukan riset pasar, memilih produk baju yang cocok, memilih supplier, membuat brand yang menarik, membuat website dengan tampilan rapi, dan juga mengoptimalkan strategi pemasaran.

Apabila semuanya telah dikuasai, maka kamu bisa meraih sukses dalam memulai bisnis online baju dari nol. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Cari Tahu Cara Memulai Bisnis Online Baju dari Nol di Era Digital"