Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kode Referral Artinya: Simak Penjelasan Lengkapnya di Sini

Kode Referral Artinya, Code, Affiliate, Marketing, Affiliator, Affiliasi
Kode Referral Artinya

Mungkin Anda sering mendengar istilah kode referral. Dimana, kode ini berfungsi sebagai ajakan kepada orang-orang yang ingin bertransaksi atau mengikuti orang tersebut pada suatu kegiatan bisnis online.

Namun, apa sebenarnya arti dari kode referral? Di artikel ini, kita akan membahas secara detail tentang kode referral.

{tocify} $title={Table of Contents}

Apa Itu Kode Referral

Kode referral artinya adalah kode unik yang diberikan oleh platform aplikasi atau website kepada pengguna yang sudah terdaftar. Dimana kode tersebut dijadikan sebagai alat promosi untuk mengajak orang lain bergabung.

Dengan menggunakan kode referral artinya pengguna berpeluang mendapatkan insentif atau keuntungan tambahan, bisa berbentuk uang atau imbalan komisi sesuai kebijakan website.

Komisi ini diperoleh setelah berhasil mengajak orang lain bergabung menggunakan kode referral miliknya.

Kode referral ini biasanya terdiri dari huruf, angka, dan simbol atau kombinasi dari ketiganya, yang diberikan secara otomatis ketika mereka mengikuti program affiliate marketing.

Setiap pemilik kode yang terdaftar akan memiliki kode referral yang berbeda-beda. Sehingga, pengguna dapat memanfaatkan kode referral tersebut sebagai bahan ajakan untuk menarik orang lain bergabung pada aplikasi atau merchant.

Kode referral ini bermanfaat supaya pemilik kode afiliasi bisa mendapatkan uang dari hasil sebaran kode tersebut.

Disisi lain, bagi pengguna baru kode referral berguna dalam kemudahan bergabung ke platform penyedia kode yang bersangkutan.

Kode referral berbeda dengan kode promo, walaupun keduanya sama-sama memberikan keuntungan kepada penggunanya.

Adanya kode referral artinya pengguna dapat memperoleh keuntungan setelah kode mereka dipakai pengguna lain untuk bergabung pada aplikasi atau website yang sama.

Sementara itu, kode promo atau diskon bermanfaat bagi penggunanya dalam mendapatkan potongan harga saat melakukan pembelian produk.

Apabila Anda tertarik bergabung dengan program affiliate ini, pastikan untuk memahami serta mematuhi syarat dan ketentuan yang berlaku agar tidak terjadi pelanggaran atau kecurangan aturan yang bisa merugikan pengguna lain maupun platform aplikasi yang bersangkutan.

Karena itulah, biasanya platform sering membatasi penggunaan kode referral hanya untuk satu kali pendaftaran. Atau satu perangkat hanya bisa dipakai sekali pendaftaran akun. Bisa juga jika pendaftaran kode menggunakan KTP, maka satu KTP hanya boleh menggunakan satu kode referral saja.

Cara Menggunakan Kode Referral

Jika Anda ingin menggunakan kode referral untuk mengajak orang lain bergabung dan mendapatkan komisi, maka perlu diketahui aturan main dari masing-masing aplikasi website.

Namun, biasanya cara menggunakan kode referral sama dari satu platform dengan platform lainnya. Berikut langkah-langkah yang perlu diperhatikan:

Daftar Aplikasi Website

Sebelumnya, kamu mesti melakukan registrasi pendaftaran terlebih dahulu pada aplikasi atau website. Namun, perlu diperhatikan juga apakah platform tersebut memiliki fitur affiliate marketing atau tidak.

Jika ada, berarti Anda bisa daftar untuk mengikuti program affiliate tersebut, dengan membaca aturan-aturan yang tertera.

Terkadang sebelum sukses melakukan pendaftaran, aplikasi menginginkan Anda melakukan verifikasi akun. Untuk itu, klaim verifikasi akun terlebih dahulu, agar proses pendaftaran benar-benar selesai.

Dapatkan Kode Referral

Setelah membaca aturan dan kebijakan-kebijakan dengan seksama, maka kamu bisa mengikuti program affiliate marketing ini. Anda daftar program tersebut, lalu pihak aplikasi website akan memberikan kode referral berupa kumpulan kode unik.

Selain langsung diberikan secara otomatis, terkadang pihak merchant juga mengirimkan kode referral tersebut melalui email. Jadi, selalu cek inbox email masuk Anda, apabila mereka mengirimkannya kesana.

Ajak Orang Lain Bergabung

Supaya berhasil mendapatkan keuntungan, Anda mesti bisa mengajak orang lain bergabung ke platform aplikasi atau website yang sama melalui kode referral yang disebar. Dengan begitu, maka otomatis kamu akan memperoleh insentif atau profit tambahan.

Namun, sebelumnya kita mesti membaca bagaimana peraturan yang diterapkan merchant, apabila ingin mendapatkan hasil melalui kode referral.

Misalkan, merchant memberlakukan aturan program affiliasi, dengan memberikan membernya komisi apabila pengguna lain yang diajak bukan hanya mendaftar, tetapi juga melakukan pembelian pertama produk merchant tersebut.

Selain itu, hindari melakukan berbagai kecurangan yang dapat merugikan pengguna lain ataupun merchant. Sebab, bisa saja akun Anda langsung diblokir.

Fungsi Kode Referral

Banyak merchant yang menggunakan sistem affiliate saat mempromosikan produk bisnis online mereka. Sebab, kode referral memiliki fungsi yang bermanfaat baik bagi konsumen maupun bagi merchant sendiri.

Berikut merupakan fungsi dari kode referral:

Meningkatkan Jumlah Pengguna

Bagi pemilik website bisnis online, adanya fitur kode referral akan semakin meningkatkan jumlah pengguna. Cara ini dinilai efektif bagi perusahaan dalam menjaring konsumen baru.

Selain efektif, cara ini juga sangat efisien dilakukan. Bagaimana tidak, tanpa perlu menambah modal lebih untuk promosi, Anda bisa mempromosikan bisnis online lewat anggota yang telah terdaftar.

Memperoleh Insentif

Selain bagi merchant atau perusahaan, kode referral juga berfungsi bagi konsumen dalam memperoleh insentif. Cara ini berlaku apabila Anda berhasil mengajak orang lain bergabung ke tempat website bisnis yang telah didaftarkan.

Insentif ini banyak macamnya. Bisa berupa uang, poin, ataupun promo dan diskon tergantung bagaimana kebijakan dari pemilik website.

Meningkatkan Loyalitas Pengguna

Pengguna yang telah bergabung mendaftar melalui kode referral, mereka dinilai cenderung lebih loyal dan terikat dengan platform atau layanan tersebut.

Hal ini bisa meningkatkan retensi pengguna, hingga membuat mereka terus menggunakan platform bisnis yang sama secara berkala.

Contoh Penggunaan Kode Referral

Kode referral ini banyak memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. Baik bagi konsumen maupun merchant. Oleh karena itu, banyak pelaku usaha bisnis online menerapkan program affiliate marketing dalam mempromosikan bisnisnya.

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan kode referral di berbagai platform website:

E-commerce

Di Indonesia, terdapat banyak ecommerce yang eksis. Bahkan, beberapa diantaranya menggunakan kode referral dalam menarik perhatian konsumen atau penggunanya.

Sebut saja Shopee dan Tokopedia. Kedua e-commerce ini menyediakan fitur program affiliate demi memberikan kesempatan penggunanya untuk meraih profit dalam menyebarkan link affiliasi mereka.

Aplikasi Keuangan dan Investasi

Aplikasi keuangan dan investasi turut serta menyediakan kode referral dalam menarik banyak anggotanya, salah satunya adalah aplikasi Dana.

Contoh lainnya yaitu aplikasi inveatasi bibit. Dimana, aplikasi bibit ini memberikan imbalan berupa saldo saham sebesar Rp. 25.000,- apabila ada pengguna baru yang bergabung, dan melakukan investasi pertama mereka. Tentunya, itu dilakukan dengan mendaftar melalui kode refferal.

Aplikasi Transportasi Online

Aplikasi transportasi online seperti Grab dan Gojek, menggunakan kode referral sebagai cara untuk meningkatkan popularitas dan menarik pengguna baru.

Selain mendapatkan insentif atau diskon, pengguna yang berhasil mengajak orang lain juga akan mendapatkan keuntungan tambahan dalam bentuk poin reward atau potongan harga.

Aplikasi Media Sosial

Aplikasi media sosial ternyata telah ada yang menggunakan kode refferal untuk menarik pengguna baru.

Sebagai contoh yaitu aplikasi berbagi video Snack. Dimana mereka menggunakan kode refferal sebagai bagian promosi agar mampu bersaing dengan aplikasi serupa.

Situs Microjob

Banyak masyarakat tergiur dengan aplikasi atau website penghasil uang. Dan ternyata, diantara website tersebut terdapat situs micojob yang juga menerapkan program affiliate.

Misalnya saja seperti Sproutgigs. Selain memberikan tugas micro seperti menonton video dan juga membaca artikel, Sproutgigs juga bermain di program affiliate ini.

Situs microjob lainnya yang menggunakan kode referral adalah website survey Ysense. Selain memberikan survey-survey yang bisa menghasilkan dollar, mereka juga menggunakan program affiliasi ini.

Website Bisnis Online

Website bisnis online tentu saja tidak akan kalah untuk urusan program affiliate marketing ini.

Hal ini diterapkan oleh Niagahoster. Selain menyediakan jasa penyewaan hosting dan domain, mereka juga menawarkan fitur affiliasi untuk mengajak orang lain bergabung menjadi anggota webaite mereka.

Selain itu, Mas Sugeng juga menerapkan program affiliate ini. Lewat situsnya di Sugeng.id selain menawarkan pilihan template juga melakukan program affiliate marketing untuk meraih pengguna baru.

Dengan adanya kode referral ini, anggota masing-masing merchant berkesempatan mendapatkan berbagai reward bisa berupa poin, uang, atau hal lainnya sehingga banyak diburu oleh pengguna lainnya.

Kesimpulan

Dalam dunia digital marketing, kode referral menjadi salah satu cara untuk menarik lebih banyak pengguna dan meningkatkan popularitas suatu platform website bisnis online.

Adanya kode rederral artinya memberikan kesempatan kepada pemilik website maupun para anggota membernya untuk meraih keuntungan, asalkan mereka berhasil mengajak orang lain bergabung.

Dengan memahami kode referral artinya peluang Anda mendapatkan reward terbuka lebar dari program affiliate marketing ini.

Posting Komentar untuk "Kode Referral Artinya: Simak Penjelasan Lengkapnya di Sini"