Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Ide Konten Youtube bagi Pemula yang bisa jadi Inspirasi

Ide Konten Youtube, Ide Konten Youtube bagi pemula, contoh Ide Konten Youtube
Contoh Ide Konten Youtube bagi Pemula yang bisa jadi Inspirasi

Contoh Ide Konten Youtube - Bergelut di dunia youtube menjadi opsi pilihan masyarakat untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Bahkan, tak sedikit dari mereka yang menjadikan youtube sebagai pekerjaan utama karena banyaknya uang yang akan diterima jika channel video youtube ramai penonton.

Walaupun kini media sosial pesaing berformat video seperti aplikasi instagram lewat reels, maupun konten tiktok sudah banyak digunakan orang, namun youtube masih menjadi salah satu media yang ramai peminat, baik format video biasa maupun youtube shorts.

{tocify} $title={Table of Contents}

Contoh Ide Konten Youtube

Macam-macam konten youtube telah bertebaran saat ini. Seperti konten DIY, gaming, tutorial, dan lainnya. Anda sebagai youtuber lama tentu sudah biasa membuat video, serta mengetahui tips & triknya agar video tersebut cepat viral.

Namun, bagaimana jika Anda seorang youtuber pemula? 

Tentu Anda harus mencari tahu terlebih dahulu seputar youtube seperti tips menjadi youtuber pemula, berapa modal jadi youtuber, mencari tahu konten youtube paling diminati, hingga bagaimana cara membangun channel youtube yang menarik.

Supaya channel youtube Anda bisa berkembang, maka konsistensi adalah kuncinya. Dengan selalu upload video youtube, bukan tidak mungkin konten kita akan selalu direkomendasikan.

Apabila baru memulai main di dunia youtube ini, berikut merupakan contoh ide konten youtube yang menarik bagi pemula yang bisa jadi inspirasi.

1. Ide Konten Youtube Edukasi

Dalam belajar, kita tidak hanya mengikuti pembelajaran di sekolah maupun tempat-tempat les saja.

Seorang pelajar juga sering menambah pengetahuan mereka secara online, seperti browsing di internet, mengikuti website edukasi berbayar seperti ruang guru, termasuk juga belajar dari video youtube.

Terlebih di momen-momen penting. Seperti mau ujian sekolah, tes masuk perguruan tinggi, hingga tes masuk CPNS. Biasanya, akan banyak channel-channel youtube yang membagikan pengetahuan mereka pada saat itu.

Sehingga, apabila kalian merasa memiliki pengetahuan lebih, juga tidak ada salahnya mencoba mencari ide konten youtube edukasi.

2. Konten Gaming

Kebanyakan dari kalian mungkin mengdownload setidaknya satu game di smartphone.

Selain karena hobby, juga beralasan sebagai sarana hiburan untuk melepas penat.

Ketenaran sebuah game, terlebih game yang lagi booming sudah sering terlihat. Ditambah dengan kehadiran tim-tim dan turnamen e-sport menambah populernya game tersebut.

Konten Gaming

Bahkan beberapa game sudah dipertandingkan pada event-event penting, contohnya Sea Games dan Asian Games.

Dengan begitu populernya konten gaming, menjadi salah satu pilihan yang patut dicoba apalagi jika Anda memiliki skill di permainan tertentu.

Cara jadi youtuber gaming memang tidaklah mudah. Selain dibutuhkan skill dalam nge game, juga butuh keahlian dalam editingan video.

Apalagi beberapa konten kreator membutuhkan PC gaming (khusus bagi game pc), serta berbagai peralatan pendukung seperti microphone, kamera, headset, dan juga perekam layar.

3. Konten DIY

Do it yourself (DIY), sekarang ini sudah nge trend di dunia youtube, dengan banyaknya video-video serupa. 

Jika Anda tergolong orang yang pemalu, dan ingin membuat konten youtube tanpa wajah, DIY adalah salah satu pilihannya.

DIY, do it yourself

Karena saat proses pembuatan video, yang dinampakkan hanyalah tangan yang sedang mengutak atik sesuatu. Contohnya membuat kerajinan tangan atau bikin sesuatu dari kertas origami.

4. Video Tutorial

Orang-orang jika tidak bisa melakukan suatu hal, mereka sering membuka youtube dan menonton video tutorial.

Jenisnya bermacam-macam. Ada yang ingin mencari tahu tutorial make up, blogging, hingga tutorial memasak untuk mengetahui apa-apa saja bumbu yang diperlukan dan bagaimana cara memasaknya.

Video tuorial ini bisa untuk menambah ide konten youtube pemula. Caranya tidak terlalu sulit. Kalian coba perhatikan video serupa, lalu bikin dengan cara yang sama namun dengan gaya bahasa yang berbeda.

5. Konten Anak-anak

Ide konten youtube sederhana lain yang bisa dicoba yaitu dengan membuat channel khusus anak.

Seperti channel Hunting mainan dan Cocomelon, dimana dari konten anak-anak yang dibuat, telah berhasil menggaet ratusan ribu subscriber.

Cocomelon, Mainan anak, konten anak

Tak heran memang, karena sekarang telah banyak anak-anak yang bermain gadget dan menonton youtube di ponsel mereka. Sehingga video mainan ini bakalan ramai penonton.

6. Channel Website Penghasil Uang

Dalam dunia digital marketing, Untuk menambah pendapatan masyarakat banyak yang bermain di aplikasi atau website penghasil uang.

Sproutgigs, Clickworker, Appen adalah contoh dari website yang bisa menambah dollar lewat tugas-tugas seperti membaca artikel, menonton video, serta mengerjakan UHRS.

Sproutgigs, web penghasil uang, aplikasi penghasil uang



Selain itu kalian juga bisa mendapatkan uang lewat program affiliate marketing via aplikasi tiktok, fintech bibit, atau website penyedia hosting dan domain Niagahoster.

Dengan membuat video seputar aplikasi dan web penghasil uang tadi, Anda juga sekalian bisa menyebar kode referral milik sendiri pada deskripsi dan kolom komentar youtube.

7. Konten Quotes

Ide konten youtube untuk pemula lainnya yang mudah dibuat yaitu konten quotes.

Bisa dibilang channel youtube ini salah satu sebagai video tanpa modal dalam pembuatannya. Proses membuat kontennya pun tergolong mudah.

Pertama cari quotes dari tokoh-tokoh terkenal. Kalau bisa, kutipan tersebut dinilai mampu menarik perhatian penonton.

Setelah itu gunakan text to speech untuk merubah quotes tersebut menjadi suara. Jangan lupa untuk memberikan subtitle untuk memperjelas isi kutipan tersebut.

Tambahkan visual gambar, baik dari tokoh maupun tempat tertentu yang sesuai dengan suasana dari quotes. 

Terarkhir, gunakan backsound dan iringan musik yang cocok dari video tersebut. Semua proses pembuatan video tadi bisa dilakukan lewat Canva secara gratis.

8. Review Film

Tentu diantara kalian ada yang suka menonton film kan? Nah, review film bisa menjadi ide bagi content creator youtube.

Ternyata channel seputar sinopsis movie telah banyak disukai penonton. Karena bagi mereka yang belum sempat menonton sebuah film, namun ragu apakah film tersebut menarik atau tidak.

Salah satu cara menilainya adalah dengan melihat review film tersebut lewat tulisan artikel atau video review film yang diunggah oleh konten kreator.

Namun, harap berhati-hati dalam mengambil potongan film tersebut. Karena jika tidak, bisa-bisa malah terkena copyright. 

Jangan lupa dubbing semenarik mungkin. Gunakan gaya bahasa sendiri, agar channel Anda memiliki ciri khas tersendiri.

9. Ide Konten Youtube Reupload

Terkadang ide konten kreator akan mengalami kebuntuan. Bingung mau membuat video apa yang menarik dan bebas hak cipta.

Karena itulah tidak ada salahnya membuat konten reupload asalkan bebas copyright tentunya.

Caranya mudah. Kalian tinggal pilih fitur creative common dan seketika akan menemukan deretan video gratis yang aman digunakan.

Kesimpulan

Cara menjadi youtuber memang tidaklah semudah yang dikira. Namun, dengan ketekunan dan kreatif serta konsisten upload video, maka channel Anda akan bisa berkembang.

Terdapat keuntungan dan kerugian serta resiko jadi youtuber.

Akan tetapi, dengan serius belajar jadi youtuber, channel yang kalian rintis dari nol akan mendatangkan banyak subscriber, tingginya traffik penonton, hingga akhirnya memperoleh uang yang banyak.

Posting Komentar untuk "Contoh Ide Konten Youtube bagi Pemula yang bisa jadi Inspirasi"