Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara agar Blog Lolos Google Adsense

cara-agar-blog-lolos-google-adsense
Cara agar Blog Lolos Google Adsense

Evin
- Google Adsense masih menjadi primadona bagi para blogger untuk memonetisasi dan menautkan situs blog mereka ke iklan adsense. Hal itu karena jaringan iklan ini dinilai masih membayar dalam jumlah besar kepada publishernya.

Walaupun sekarang ini telah berjamur jaringan iklan yang menawarkan kerjasama antara advertiser dan publisher, namun Adsense masih banyak diincar walau pengajuannya terlampau sulit.

Google Adsense memang sangat sulit sekali untuk lolos. Alasannya berbagai macam. Dari adanya artikel yang terdapat badwords didalamnya, menu navigasi yang gak jelas, hingga low value content.

{tocify} $title={Table of Contents}

Cara untuk Lolos Google Adsense

Di atas telah dikatakan apabilan untuk mengajukan Adsense blog memang sangatlah susah. Butuh persiapan blog yang matang ditambah sedikit hoki agar situs kita siap diiklankan.

Namun, bukan berarti kita hanya bisa pasrah jika ditolak. Karena Anda perlu beberapa trik agar blog kita ini diterima oleh Adsense.

Berikut merupakan ringkasan dari beberapa strategi dalam meningkatkan peluang blog agar diterima oleh Google Adsense:

1. Pastikan Seluruh Artikel Blog Terindeks

Saat ini pengguna blogspot sering mengeluh karena sulitnya artikel mereka terindeks. Beda halnya dengan wordpress yang hanya perlu satu atau dua hari, mereka telah mendapati jika artikelnya sudah ada di search engine.

Padahal, banyaknya artikel yang telah terindeks juga berpengaruh terhadap lolosnya blog di adsense. Untuk itu, Anda perlu melakukan beberapa hal agar artikel cepat indeks.

Salah satunya dengan mendaftarkan blog ke Google Search Console (GSC). Selain itu kirimkan url artikel ke situs indexer, contohnya pingfarm.

Atau jika memiliki dana berlebih, Anda bisa memasang iklan digital. Selain mendapatkan trafik yang banyak, juga menjadi satu cara supaya artikel cepat di indeks.

Setelah melakukan upaya di atas, periksa apakah blog kalian itu artikelnya telah banyak ditemukan di Google. Caranya dengan mengetik site:www.namadomainkamu.com.

2. Periksa Navigasi Blog

Ketika blog diajukan Adsense, maka situs Anda akan diperiksa oleh tim Adsense secara manual. Artinya, mereka akan memeriksa keseluruhan blog kalian, termasuk menu navigasi.

Mereka sangat mengharamkan menu navigasi yang gak jelas, karena akan mengganggu kenyamanan visitor. Misalkan, ketika di menu terdapat tulisan teknologi, tetapi setelah di klik justru halaman kosong.

Jadi, sebelum mengajukan adsense, pastikan navigasi jelas dan mengarah ke halaman yang jelas pula.

3. Buat Halaman Wajib

Di dalam blog Anda itu haruslah memiliki halaman-halaman yang wajib dan diperlukan agar situs website dinilai professional oleh tim penilai.

Lalu apa-apa saja halaman yang diperlukan tersebut?

Ada beberapa halaman yang mesti dibuat. Setidaknya ada 5 menu, yaitu About, Contact, Disclaimer, Privacy and Policy, serta Sitemaps.

4. Tingkatkan Kecepatan Situs Web

Website ngebut adalah salah satu hal yang diuji oleh tim adsense. Jika blog page Anda lama loadingnya, maka akan mengganggu pengunjung dan bisa menimbulkan bounce rate.

Untuk menambah kecepatan website, ada beberapa langkah yang dipakai. Pertama kali gunakanlah template premium. Karena template tersebut akan memuat halaman dengan cepat. Jangan lupa pakai template yang responsive agar mobile friendly.

Lalu, kompress gambar. Karena jika tidak, situs Anda akan berat dan pemuatannya lama. Apalagi jika menu tutorial, yang akan memposting beberapa gambar dalam satu artikel.

Cek kecepatan website dengan mengunjungi situs Page speed insight.

5. Buat Artikel Panjang

Sebenarnya kalian bisa membuat artikel pendek kurang dari 300 kata. Akan tetapi jumlah segitu sangat sulit akan diterima oleh tim penilai.

Jadi, jika masih dalam tahap pengajuan, upayakan bikin artikel panjang. Kalau bisa, dalam satu halaman artikel memiliki lebih dari 1.000 kata.

Itu adalah jumlah yang aman bagi blogger agar situs mereka cepat diterima dan berhasil dipasangkan iklan Adsense blog.

6. Perhatikan SEO

Seo memang bertujuan agar artikel kita mendapatkan posisi tertinggi di mesin pencari atau masuk page one. Tetapi manfaat seo ternyata bukan hanya itu. Seo ini juga menjadi faktor-faktor apakah situs Anda diterima atau tidak oleh Adsense.

Riset keyword, buat meta deskripsi, meta tag, url, internal link, judul unik dan lainnya adalah bagian-bagian Seo on page yang mesti diperhatikan sebelum pengajuan situs blog.

Sementara untuk Seo of page, praktek link building menjadi kunci agar situs kamu terkenal di mesin pencari. Maka dari itu, dapatkan backlink dari situs-situs dengan skor Da Pa tinggi, social bookmarking, blog 2.0, guest post dan lainnya.

Kamu juga bisa mendapatkan ribuan backlink gratis dengan cepat, lewat situs-situs backlink generator.

7. Bikin Konten Tiap Hari

Sebenarnya suka-suka Anda saja kapan mau bikin artikel. Tetapi jika dalam proses pendaftaran adsense, upayakan tiap hari bikin konten baru.

Kalau Anda buat artikel sekali seminggu atau bahkan sebulan sekali, maka kecil kemungkinan situs kamu bakal diterima, mungkin beda ceritanya kalau kalian beli age domain.

Adanya konten baru bukan hanya untuk lolos adsense. Tetapi dengan memperbanyak artikel dan menautkan antar artikel lewat internal link, maka besar peluang konten kalian muncul di halaman pertama beranda Google.

Jangan lupa untuk selalu update konten lama dengan menambahkan gambar, memperbanyak jumlah kata atau lainnya agar menghindari deindex serta mempertahankan posisi di rank atas mesin pencari.

8. Cek Plagiarisme

Artikel unik memang sangat disukai Google, dan itu jadi faktor terbesar agar blog kita keterima Adsense, tidak seperti blog copasOleh karena itu, buatlah artikel unik agar blog cepat dipasangkan iklan.

Sekarang ini memang ada AI, sebagai situs pembuat artikel secara instan. Contohnya seperti Gemini, Bing Ai, Copilot dan Chat GPT. Namun, jika hanya mengandalkan teknologi itu, sepertinya tingkat keunikan di 1text sangat rendah.

Jadi, triknya pertama buat artikel lewat Ai dari situs-situs tadi, lalu edit dengan mengubah kata-katanya dengan kalimat kalian sendiri. Tips ini agar mendapatkan artikel unik dengan persentase tinggi.

Penutup

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda akan meningkatkan peluang blog untuk diterima oleh Google Adsense. Ingatlah untuk selalu memperbarui artikel blog, dengan konten yang segar.

Posting Komentar untuk "Cara agar Blog Lolos Google Adsense"