Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Contoh Iklan Digital yang Perlu Kamu Tahu dalam Dunia Online

Contoh Iklan Digital
Contoh Iklan Digital

Evin - Di tengah lautan informasi yang semakin luas, iklan digital telah menjadi mercusuar bagi perusahaan-perusahaan dalam mencapai target pasar mereka.

Dari sekadar gambar diam hingga visual dinamis yang menggetarkan, perubahan ini adalah bukti betapa pentingnya beradaptasi dengan zaman. Namun, terlepas dari semua perubahan itu, satu hal tetap tak berubah, yaitu tujuan iklan untuk mempengaruhi para calon pembeli.

Bagaimana caranya?

Inilah pertanyaan yang selalu menjadi pusat panggung, di mana strategi, psikologi, dan analitik bergabung dalam tarian harmonis untuk mewujudkan target marketing.

Dalam artikel ini, kita akan selidiki contoh iklan digital, yang menjadi andalan demi tercapainya kesuksesan yang diimpikan oleh seorang advertiser.

Namun sebelum mencari tahu apa-apa saja jenis iklan digital ini, sebaiknya kita pahami dulu definisi dari iklan online.

{tocify} $title={Table of Contents}

Apa Itu Iklan Digital

Bisa dikatakan jika iklan digital adalah kolaborasi seni dan sains. Digital advertising berkonsep imajinasi berpadu dengan algoritma, dan dimana pengalaman manusia menjadi ukuran keberhasilan.

Sebuah iklan luar biasa merupakan hasil dari menyelaraskan ekspresi kreatif dengan keinginan serta perilaku konsumen.

Siapapun Anda, entah itu seorang enterpreneur, digital marketer berpengalaman ataupun seorang pengusaha muda yang ingin memperkenalkan brand pertama ketika awal merintis suatu usaha, iklan digital adalah upaya yang mesti dipikirkan jika ingin memperluas pangsa pasar.

Digital advertising merupakan bagian dari search engine marketing (SEM), dimana teknik ini menjadi kunci untuk membuka pintu rahasia yang selama ini ingin dibuka oleh para pebisnis dalam meraih kesuksesan.

Sepanjang perjalanan dalam membangun usaha, kemungkinan para pengusaha akan dihadapi dengan tantangan yang penuh warna. Demi mengatasinya, diperlukan wawasan mendalam, ide-ide segar, dan kreatifitas yang akan membuka mata Anda terhadap potensi tiada batas.

Segala sesuatunya sudah beralih ke serba online, pun begitu dengan iklan. Kalau dulu iklan offline adalah cara memperkenalkan produk, namun saat ini iklan digital menjadi bantuan besar bagi pebisnis karena lebih efektif diterapkan di era digital marketing.

Contoh Iklan Digital

Setelah panjang lebar menyimak arti dan penjelasan dari iklan digital, mungkin dari Anda ada yang tertarik menggunakan teknik SEM ini.

Namun, sebelum memutuskan ikut turut memakai jasa ini, penting bagi kita mengetahui jenis iklan apa yang cocok dipakai.

Untuk itu ketahui dulu profil bisnis dan target pasar berdasarkan demografi audiens, sehingga kita bisa memutuskan dimana ingin meletakkan iklan online, serta jenis iklan digital apa yang dirasa sesuai dengan bisnis saat beriklan.

Karena itu, berikut akan disajikan beberapa contoh iklan digital saat memutuskan menjadi seorang advertiser.

1. Display Ads

Iklan bergambar atau yang umumnya dikenali sebagai display Ads adalah iklan digital yang kerap ditemukan pada blog, website, maupun portal berita. Anda bisa lihat contohnya dibawah ini.

Display Ads
Display Ads

Pada contoh website page di atas, terdapat iklan digital dari Uniqlo yang ditampilkan pada halaman tersebut. Iklan dari Adsense ini menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari internet bagi pemain blog.

Display Ads merupakan jenis iklan online yang sering dijumpai pada setiap website, baik dari Google Ads, maupun perusahaan penayang iklan lainnya, seperti Adsterra atau Mgid.

2. Native Ads

Iklan native atau Native Ads adalah jenis iklan yang sedang trending di dunia maya. Tampilannya yang menyesuaikan halaman web, sehingga lebih enak dilihat. Karena pembaca merasa kalau iklan tersebut merupakan bagian dari daftar postingan konten.

Dengan format responsive, iklan native juga bisa disisipkan apabila ingin melihat dari perangkat desktop dan mobile. Berikut akan ditampilkan native ads iklan Lazada dari portal berita Detik.com.

Native Ads
Native Ads

Anda bisa lihat di postingan atas sebenarnya itu merupakan tampilan dari native ads, yang disamarkan seperti postingan situs web seperti dibawahnya.

3. Iklan Pop UP

Jika pertama kali mengklik suatu situs tujuan, terkadang kita langsung menemukan suatu iklan yang muncul. Biasanya hal ini terjadi disebabkan pemilik website sengaja menyisipkan script pop up ads tersebut.

Tujuannya, untuk memberikan informasi-informasi penting atau informasi terbaru dari website tersebut. Atau dengan sengaja meletakkan iklan pop up agar audiens langsung mengklik iklan tersebut. Contohnya seperti dibawah ini.

Pop Up Ads
Pop Up Ads

Namun, kita harus berhati-hati memasangnya. Karena biasanya pelanggan Anda tidak suka dengan iklan yang dinilai terlalu agresif tersebut. 

4. Iklan Pencarian

Iklan pencarian ini akan terlihat saat Anda ingin mencari sesuatu di internet dengan mengetikkan kata kunci pada kolom search. Terlebih lagi jika hal yang ingin dicari memilki intent transactional atau commercial, dan bertujuan untuk melakukan pembelian.

Karena sifatnya berbayar, jadi iklan ini seringkali muncul secara istimewa di bagian teratas mesin pencari. Anda bisa melihat contohnya pada gambar dibawah ini.

Search Ads
Search Ads

Gambar tersebut menunjukkan deretan hotel yang bisa dipesan dari contoh perusahaan startup pemesanan tiket online, saat sedang mencari query hotel di Bandung pada mesin telusur.

5. Mobile Ads

Dari namanya saja berarti iklan ini terdapat pada perangkat mobile. Iklan seluler atau Mobile Ads adalah jenis iklan digital yang timbul saat kita membuka suatu aplikasi tertentu.

Bentuknya beragam. Seperti saat menginstal aplikasi fintech lalu mereka menawarkan pembelian saham, obligasi, pasar uang, atau kripto. Bisa juga dari aplikasi ecommerce, lalu menawari Anda sebuah produk dengan potongan harga.

6. Social Media Ads

Kalian tentu punya akun media sosial kan? Apapun platformnya, saat Anda login ke akun media sosial tentunya sering menemukan iklan didalam aplikasi tersebut.

Tempatnya bermacam-macam. Seperti berada di Instagram Story, beranda Facebook, halaman Youtube, dan lainnya. Berikut adalah salah satunya.

Social Media Ads
Social Media Ads

Coba perhatikan pada gambar di atas. Postingan itu merupakan contoh iklan promosi media sosial dari beranda Twitter, yang kini rebranding menjadi "X".

7. Retargeting Ads

Contoh iklan digital selanjutnya yaitu retargeting Ads. Dimana iklan ini tampil ketika audiens berinteraksi dengan bisnis online kita, baik itu di Blog, Website dan juga platform media sosial lainnya.

Iklan retargeting ini akan terlihat kembali apabila Anda meninggalkan situs web yang terpasang sebelumnya. Biasanya akan terus muncul di halaman web pengiklan, sebagai tanda jika Anda merupakan salah satu pelanggannya.

8. Email Advertising

Selain media sosial, tentunya kita juga memiliki email. Surat elektronik ini berguna untuk kepentingan bisnis, pribadi, sekolah, maupun untuk sekedar menghubungkan perangkat handphone akun Google lewat Gmail.

Nah, saat membuka email coba lihat disekitar daftar surel tersebut. Dari beberapa pesan masuk, ternyata terdapat email advertising sebagai media promosi suatu online business yang menawarkan produk-produknya.

Gambar dibawah merupakan satu contoh dari kegiatan email marketing yang masuk kedalam daftar surel kita.

Email Ads

Email Ads

9. Audio Ads

Mungkin dari kalian ada yang menginstall aplikasi Spotify. Setelah mendengarkan beberapa lagu, kita akan diperlihatkan iklan suara yang mana sebagai bagian promosi dari aplikasi ini.

Sebagai contoh developer yang menawarkan Spotify Premium. Dengan upgrade berlangganan, maka penggunanya tidak akan terganggu lagi dengan selingan iklan saat sedang asyik mendengarkan lagu.

10. Iklan Video

Iklan video ini sering dijumpai pada platform-platform khusus video seperti Tiktok dan Youtube. Iklan tersebut bertujuan untuk mempromosikan produk atau layanan dari pemasang iklan. Berikut diberikan contoh gambar iklan video yang tayang di Youtube.

Video Ads
Video Ads

Seperti yang bisa dilihat, saat ingin menonton video biasanya akan muncul iklan berdurasi 5 atau 15 detik sebelum konten video muncul kembali.

Kesimpulan

Kesuksesan iklan digital bukanlah hal yang mustahil untuk dicapai. Dengan mengadopsi strategi inovatif, memahami psikologi konsumen, mengintegrasikan konten, dan menganalisis dengan cermat, Anda dapat meraih hasil yang gemilang.

Jadilah pelaku iklan digital yang mampu menembus batas konvensional dan menciptakan dampak besar. Ingatlah, di balik setiap klik dan tampilan, terdapat potensi untuk mengubah permainan bisnis Anda secara radikal.

"Kreativitas adalah pandangan yang berbeda, dan iklan adalah peluang untuk melihat dunia melalui sudut pandang yang menarik."

Posting Komentar untuk "10 Contoh Iklan Digital yang Perlu Kamu Tahu dalam Dunia Online"