Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar Rekening Bank Jago Via Online dengan Mudah

Cara Daftar Rekening Bank Jago
Cara Daftar Rekening Bank Jago

Evin - Apakah Anda sedang mencari alternatif praktis untuk membuka rekening bank?

Jika iya, Bank Jago adalah solusi modern dimana Anda dapat membuka rekening via online dengan mudah dan praktis. Apa sebenarnya Bank Jago? Lalu bagaimana cara daftar dan membuka rekeningnya?

Artikel ini akan membahas seputar Bank Jago beserta langkah-langkah cara daftar Bank Jago, sehingga kita dapat mengelola keuangan dengan lebih efisien.

{tocify} $title={Table of Contents}

Sekilas Tentang Bank Jago

Bank Jago adalah penyedia solusi keuangan digital yang telah diawasi oleh Bank Indonesia dan OJK. Dengan Jago, mulai dari kirim uang, top up e-wallet, bayar tagihan dan atur uang ke beberapa ‘Kantong’, semuanya bisa dilakukan di satu tempat.

Bank yang dulunya dikenal sebagai PT Bank Artos Indonesia Tbk (Bank Artos) ini, telah melakukan rebranding menjadi PT Bank Jago Tbk sejak tahun 2020.

Setelahnya, beberapa pihak masuk untuk berinvestasi dan menanamkan sahamnya seperti Gojek lewat e-wallet Gopay. Tak lama kemudian, GIC Private Limited juga melakukan hal yang sama dengan menanamkan modalnya pada tahun 2021.

Lambat laun Bank Jago mengalami perkembangan yang signifikan. Bahkan saat ini beberapa perusahaan lain ikut bekerja sama dengan Jago, sebut saja fintech Bibit, Bi Fast, Stockbit, Kredit Pintar, Gobiz, serta Gopay.

Satu hal yang menarik dari bank ini adalah bisa dipakai untuk verifikasi Paypal. Aplikasi dompet digital ini seringkali dipakai sebagai tempat menyimpan uang saat bertransaksi dari luar negri.

Baik bagi para freelancer untuk mendapatkan uang dari internet, maupun saat mereka melakukan bisnis online. Sayangnya, banyak pengguna Paypal mengeluh karena susah sekali melakukan verifikasi akun karena tidak memiliki kartu kredit.

Namun, kini hanya dengan membuat kartu debit Bank Jago virtual berlogo visa, Anda sudah bisa melakukan verifikasi Paypal.

Kelebihan Bank Jago

Berkembangnya Jago sebagai bank digital telah dibuktikan dengan dianugrahinya Bank Jago sebagai salah satu bank terbaik di Indonesia.

Tak heran, walau terhitung baru namun bank digital ini memiliki beragam kelebihan yang disukai para nasabahnya. Apa-apa saja keunggulannya?

Berikut adalah berbagai macam kelebihan dari bank Jago:

  • Proses registrasi via online
  • Saldo minimum 0 rupiah
  • Tanpa biaya admin perbulannya
  • Free transfer ke rekening bank lain dan top up saldo e-wallet sampai 25 kali
  • Gratis 3 kali tarik tunai lewat mesin atm
  • Gratis biaya admin saat transfer dari luar negri
  • Terdapat dua pilihan kartu debit, virtual dan fisik.
  • Bisa dipakai untuk verifikasi akun Paypal

Cara Membuka Rekening Bank Jago

Setelah mengetahui sejarah dari Bank Jago, mungkin dari kalian ada yang tertarik untuk membuka rekening disini.

Sebelum memulai pendaftaran, persiapkan terlebih dahulu beberapa hal yang dibutuhkan saat proses registrasi, seperti:

  • E-KTP
  • Nomor Aktif
  • Smartphone minimal Android 5.0 dan iOS 13.0
  • NPWP (Jika ada)

Setelah segala halnya telah dipersiapkan, maka lanjut ke tata cara pendaftarannya. Berikut Cara daftar rekening bank Jago:

  • Install aplikasi Jago di Playstore atau AppStore
  • Buka aplikasinya, kemudian masukkan nomor ponsel atau email beserta password, lalu tekan tombol Buat Akun Jago
  • Masukkan kode referral (jika ada), lalu klik lanjut
  • Masukkan kode verifikasi yang dikirim ke nomor handphone tadi
  • Buat password kamu
  • Buat nomor pin yang terdiri dari 6 angka
  • Lewati saja pada bagian sidik jari
  • Centang syarat dan persetujuan, klik lanjut
  • Ambil foto E-KTP sebagai identitas diri
  • Unggah NPWP (jika ada), kalau belum punya NPWP pilih nanti saja
  • Selanjutnya Anda akan diminta untuk foto selfie tepat didalam lingkaran yang telah disediakan
  • Terakhir, mereka akan meminta video call sekitar 30 detik. Pastikan jaringan Anda kuat agar tidak terputus-putus

Setelah rangkaian proses registrasi telah dilakukan, artinya pendaftaran akun Jago sudah berhasil. Mereka akan mengirimkan email sebagai ucapan selamat datang.

Registrasi Akun Jago

Cara Buat Kartu Debit Bank Jago

Setelah proses pendaftaran akun selesai, kini saatnya beralih ke pembuatan kartu debit Jago. Bank Jago memiliki dua opsi kartu debit, yaitu virtual dan fisik. Namun kali ini akan dibahas pembuatan debit virtualnya saja.

Berikut langkah-langkah dalam proses pembuatan dan aktivasi kartu debit virtual Jago:

1. Buat Kartu Debit Virtual Jago

Pada halaman utama, pilih menu Kartu yang berada di bawah, selanjutnya tekan tombol Buat kartu debit.

Kartu Debit Virtual Jago

2. Personalisasi Kartu

Berikutnya dibagian personalisasi kartu, tentukan nama kartumu. Disini ada keterangan jika nama yang bakal dibuat tidak akan terlihat di kartu. Isi nama kartu dengan huruf, angka, atau garis bawah (underscore). Pilih tipe kartu yang diinginkan.

Karena kali ini ingin membuat debit virtual, silahkan pilih Kartu Digital Jago terlebih dahulu, klik lanjut.

Personalisasi Kartu

3. Hubungkan Kartu ke Kantong

Pilih kantong untuk dihubungkan ke kartu debit Jago, atau bisa buat kantong baru tergantung kebutuhan Anda. Setelah itu klik kembali tombol lanjut.

Hubungkan Kartu ke Kantong

4. Tuliskan Nama Kartu Jago Baru

Pada tahap ini, barulah nama yang ditulis akan tertera di kartu debit yang baru dibuat. Jadi, tentukan nama untuk kartu debit online Jago. Klik lagi tombol lanjut.

Nama Kartu Jago

5. Konfirmasi Kartu

Setelah itu kita diminta untuk konfirmasi kartu apakah sudah sesuai atau masih ada perubahan. Di bagian konfirmasi, akan terlihat biaya pembuatan kartu. Jika baru pertama kali buat kartu, maka tidak akan dikenakan biaya atau gratis.

Setelah dicek informasi kartu sudah sesuai, lanjut tekan tombol Buat Kartu Baru.

Konfirmasi Kartu

Proses pembuatan kartu debit virtual Bank Jago telah berhasil dibuat dan diaktifkan.

Fitur Bank Jago

Umur Bank Jago mungkin masih seumur jagung apabila dibandingkan dengan bank-bank terkenal lainnya, seperti BRI, Mandiri, BCA, Danamon dan sebagainya.

Namun, jika dilihat dari tingkatannya Bank Jago justru memiliki progress meningkat yang signifikan.

Tak heran memang karena bank digital ini didukung dengan berbagai fitur-fitur yang memanjakan penggunanya, seperti:

1. Jago Amal

Beramal adalah hal wajib bagi semua orang. Kali ini jika ingin menyumbang uang tidak hanya dilakukan secara langsung, tetapi juga bisa dilakukan secara online lewat fitur Jago Amal.

Bentuknya bisa berupa bayar sedekah, dan bayar zakat. Dimana semuanya bisa Anda lakukan di sini. 

Dari segi akad yang berlaku pada Jago Amal adalah akad Wakalah. Dimana dengan akad ini, Jago Amal selaku perwakilan kamu akan mengirimkan pembayaran dari saldo Anda ke Badan Amil yang dituju.

2. QRIS

QRIS adalah singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard. QRIS adalah metode pembayaran online dengan memanfaatkan kode QR.

Dengan sistem QR, para nasabah bisa mengtransfer uang mereka saat ingin berbelanja di toko online. Kode qris bisa menghubungkan merchant saat menerima transaksi pembayaran dari seluruh dompet digital yang telah terdaftar di BI.

Sebagai nasabah Jago, fitur qris ini juga bisa Anda rasakan apabila ingin membayar berbagai keperluan transfer.

3. Kantong

Jika diibaratkan, kantong Jago adalah rekening bagi bank lainnya. Kantong ini merupakan tempat penyimpanan uang Anda di bank Jago. Uniknya, disini kita bisa membuat lebih dari satu kantong, yang dikelompokkan berdasarkan keperluan.

Selain itu kita bisa mengedit Kantong dengan memberi nama, memakai foto, hingga memilih warna background.

Setiap kantong bisa diperuntukkan untuk kegiatan yang berbeda sesuai keinginan. Misalnya sebagai Kantong Bayar untuk dihubungkan ke kartu debit Visa sewaktu berbelanja di marketplace atau e-commerce serta ketika ingin tarik tunai di mesin ATM berlogo Visa di penjuru dunia.

4. Deposito

Bagi Anda yang hobi berinvestasi, tidak ada salahnya mencoba fitur deposito jago. Saat ini di Jago terdapat fitur deposito yang membuat nasabah bisa menyimpan uang.

Jadi, jika memiliki dana berlebih cobalah mendepositokan uang tersebut sebagai dana darurat kedepannya. Fitur deposito jago menyediakan tenor 1, 3, 6, hingga 12 bulan kedepan. Apabila mau melanjutkan, terdapat opsi perpanjangan otomatis.

5. Transfer & Bayar

Bank Jago bisa melakukan transfer ke akun Jago lainnya, bank lain, maupun dompet digital. Untuk pilihan kiriman e-wallet bisa mengtransfer ke GOPAY, Dana, ShopeePay, OVO, dan LinkAja.

Untuk ambang batas limit pengiriman ke e-wallet sendiri ditentukan oleh perusaahn e-money tujuan.

Selain itu, di Jago kita dapat membayar sejumlah tagihan secara cepat. Seperti membeli pulsa atau paket data internet, tv kabel, PDAM, kartu kredit, cicilan dan PLN.

Batas maksimal pembayaran tagihannya sendiri berjumlah Rp. 25 Juta per transaksi, atau Rp. 100 Juta per hari.

Ketika pertama kali melakukan pembayaran lewat menu transfer dan bayar, kita harus mendaftarkan nomor rekening, e-Wallet dan juga nomor tagihan yang dituju jika belum terdaftar di kontak Jago dengan cara pilih opsi tombol Kontak Baru.

6. Kartu Jago

Bank Jago memiliki dua jenis kartu debit yaitu debit virtual dan fisik. Jago menyediakan Kartu Debit Digital Visa saat ingin bertransaksi online. Misalnya sebagai pembayaran Netflix, Catchplay+, Spotify, dan juga pengiriman saldo masuk dan keluar via PayPal.

Selain kartu visual, juga terdapat kartu fisik debit Jago GPN. Jenis kartu debit ini bisa diperuntukkan untuk kegiatan pembayaran offline, contohnya pembayaran, transfer uang, serta tarik tunai di mesin ATM bersama, Alto, Visa atau EDC seluruh jaringan GPN yang tersebar di Indonesia.

Saat selesai mengaktivasi pembuatan kartu debit fisik, maka akan dikirim ke alamat tujuan selama 3 hingga 7 hari kerja terhitung sejak proses pembuatan kartu selesai.

Terakhir, Nasabah Jago bisa memiliki lebih dari satu kartu debit tergantung keperluan masing-masing.

Posting Komentar untuk "Cara Daftar Rekening Bank Jago Via Online dengan Mudah"