Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Kenapa Iklan Adsense Kadang Tidak Muncul

Alasan Kenapa Iklan Adsense Kadang Tidak Muncul
Alasan Kenapa Iklan Adsense Kadang Tidak Muncul

Evin - Blog menjadi salah satu alternatif bagi setiap orang yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Mereka memasang script iklan di blognya demi tujuan tersebut.

Jaringan periklanan yang paling banyak diminati para blogger adalah adsense. Bagaimana tidak, karena adsense masih menjadi jaringan iklan display yang memberikan cpm dan cpc tertinggi dibanding yang lainnya.

Namun, apa yang terjadi jika iklan adsense kadang muncul kadang juga tidak muncul di blog milikmu?

Tentunya hal ini sangat mengganggu, karena kita ingin memperoleh uang sebanyak mungkin disini.

{tocify} $title={Table of Contents}

Penyebab Iklan Adsense Tidak Muncul

Walau status situs di dashboard adsense terlihat aktif, masih banyak juga para blogger yang mengeluh disebabkan karena iklan yang jarang muncul.

Contohnya saat ini muncul, tapi beberapa menit kemudian kita refresh atau reload halaman blog kita, iklannya malah hilang. Atau hari ini iklan muncul full 100%, tapi seminggu kemudian justru iklan tidak muncul sama sekali.

Satu lagi, jika Anda yang melihat halaman blog sendiri, iklannya gak ada. Akan tetapi ketika teman kamu yang melihatnya di tempat jauh, dengan device dan ip address yang berbeda, justru iklannya terlihat.

Kenapa bisa begitu?

Jawabannya bisa bermacam-macam. Mungkin itu disebabkan kalau blog kamu baru saja di approved oleh adsense, sehingga jika iklannya jarang muncul itu terhitung normal.

Atau bisa juga hal ini terjadi akibat kemungkinan-kemungkinan lain. Diantaranya yaitu:

1. Traffic Rendah

Sebagai blog baru, trafik rendah adalah hal biasa. Bahkan di awal-awal pembuatan blog biasanya trafik yang kita miliki sangat minim sekali. Bahkan mungkin untuk mencapai trafik 100 perhari saja rasanya sangat susah.

Nah, trafik rendah ini mungkin saja menjadi penyebab apabila iklan adsense yang terpasang kadangkala tak terlihat. Oleh karena itu, publisher adsense tak perlu panik kalau memang karena trafikmu yang sangat minim.

Nah, jadi ini adalah hal yang lumrah kalau iklan yang kita terapkan kadang muncul, hilang, muncul lagi, lalu hilang lagi.

2. Kena Pembatasan Iklan

Sering terjadi jika akun adsense kamu terkena limit atau pembatasan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan ini terjadi. 

Seperti invalid click atau terdapat kata-kata dan gambar pada artikel yang tidak sesuai dengan kebijakan adsense, sehingga terjadinya pelanggaran konten.

Untuk memastikannya, coba cek akun adsense masing-masing, apakah ada pesan masuk atau notifikasi yang memberitahukan terjadinya pelanggaran yang membuat tayangan iklan kita kena pembatasan.

Jika iya, maka fokuslah memposting artikel original dan jangan bikin artikel copas. Agar artikel blog kamu terlihat fresh.

Kalau perlu copot sementara script iklan dari blog yang melakukan pelanggaran. Karena takutnya, bisa-bisa nanti akun adsense kamu malah di banned permanen.

3. Iklan Kosong

Seorang advertiser tentu ingin bisnisnya ramai pengunjung. Karena itulah mereka biasanya memesan iklan di unit-unit tertentu dan menempatkannya di tempat terbaik.

Misalkan, kamu memasang script iklan multipleks yang terlihat seperti postingan artikel. Akan tetapi, mungkin karena minim klik, jadinya advertiser tidak ada yang memesan unit iklan tersebut.

Sehingga membuat iklan kosong dan tak tersedia. Akibatnya custom script iklan yang terpasangpun terkesan percuma. Karena hanya terlihat blank saja di halaman artikel.

4. Setting Unit Iklan Tidak Tepat

Masih berhubungan dengan unit iklan. Periksalah pengaturan unit iklan Anda. Misalkan kamu pasang unit iklan berbentuk vertikal yang seharusnya horizontal. Sehingga tampilan iklanmu acak-acakan dan tak teratur. Bahkan bisa-bisa malah menghilang.

Namun sebenarnya hal ini bisa disiasati dengan mengklik centang responsif. Jadi, unit iklanmu akan merespon sesuai perangkat yang digunakan.

Mengatasi Iklan Adsense Tidak Muncul

Berdasarkan penjelasan di atas, dimana iklan sering tidak muncul, maka terdapat beberapa tips untuk mencegahnya.

Berikut solusi Terbaik untuk Mengatasi Masalah Ini:

1. Pahami Kebijakan Adsense

Tadi di atas telah dikatakan jika salah satu alasan iklan jarang muncul karena terdapat bahan konten yang melanggar. Maka dari itu, pahamilah kebijakan Google Adsense.

Sebagai produk Google, adsense menerapkan peraturan yang sangat ketat. Mereka tidak ingin terdapat konten dewasa baik berupa tulisan dan gambar.

Juga tidak diperbolehkan adanya unsur-unsur sara dan kekerasan. Jadi segeralah cek pedoman Google adsense untuk mencegah terjadinya pelanggaran.

2. Tingkatkan Trafik Blog

Adsense menginginkan yang terbaik bagi advertisernya. Jadi, mereka ingin agar bisnis dari pengiklan tayang di situs-situs blog yang ramai pengunjung.

Itulah yang membuat iklan kadangkala hilang jika trafik minim. Oleh karena itu, sebisa mungkin upayakan untuk menaikkan lalu lintas organik.

Salah satunya dengan mengoptimalkan strategi SEO. Lakukanlah riset keyword untuk mendapatkan posisi tertinggi pada mesin pencari. Carilah kata kunci yang memiliki volume perbulannya tinggi dan tingkat persaingan rendah.

Tanam backlink berkualitas ditempat-tempat yang ok. Seperti Wikipedia, Microsoft, ataupun situs blog lain yang satu niche dengan blog Anda. Pastikan juga jika skor DA PA nya juga tinggi. Anda bisa melihat tempat menanam backling gratis pada artikel lain blog ini.

Terakhir, share ke media sosial. Terserah mau kemana saja asalkan dapat meningkatkan trafik. Bisa ke Facebook, Twitter, Flicker, atau Pinterest. Dari sana kita akan berusaha mendapatkan sinyal medsos dan mengundang perhatian audiens.

3. Jaga Kecepatan Situs

Proses loading website memiliki dampak besar pada pengalaman pengguna dan ketersediaan iklan. Jaga kecepatan situs Anda ke tingkat maksimal. 

Ada beberapa cara agar kecepatan situs meningkat. Yaitu salah satunya dengan meresize gambar, jangan pasang fitur atau menu secara berlebihan, dan pasang script kode iklan secukupnya.

Satu lagi, sebaiknya pakailah template premium. Karena memang kenyataannya jika template premium memiliki tingkat pagespeed insight yang tinggi, dan membuat blog ngebut. Anda bisa beli template premium, atau mencari template premium gratis di internet.

4. Hubungi Google Adsense Support

Jika masalah tetap berlanjut, jangan ragu menghubungi dukungan Google Adsense. Mereka dapat memberikan informasi rinci tentang akun Anda dan memberikan bantuan yang dibutuhkan.

Kesimpulan

Dengan memahami penyebab umum ketidakmunculan iklan Adsense dan menerapkan solusi yang tepat, Anda dapat meningkatkan peluang iklan tampil di situs blog.

Perhatikan dengan cermat pedoman Google Adsense dan optimalkan situs web untuk pengalaman terbaik bagi pengunjung.

Posting Komentar untuk "Alasan Kenapa Iklan Adsense Kadang Tidak Muncul"