Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sinopsis Serial Anime Attack On Titan Final Season

Attack OnTitan
Source: Mappa

Evin - Tak heran jika anime lover menobatkan serial anime Attack On Titan (AOT) sebagai anime terfavorit saat ini. Cerita masterpiece yang disuguhkan oleh Hajime Isayama berhasil menghipnotis para penggemar, baik lewat alur cerita maupun studio animasi garapan Wit dan Mappa.

Bahkan dari season 1 para penggemar terus-terusan menantikan episode-episode terbaru hingga serial animenya telah berakhir saat ini.

{tocify} $title={Table of Contents}

Attack on Titan Final Season

Tahun ini anime series aot resmi berakhir. Pada final season ini menceritakan main character sekaligus villain bernama Eren yeager, dibantu kakaknya Zeke serta pasukan Yeagerist berencana meratakan orang-orang di luar tembok.

Hal ini terpaksa dilakukan Eren, demi melindungi suku eldian khususnya di pulau Paradise. Karena selama ini mereka terkurung di dalam tembok bagaikan burung dalam sangkar, dengan dihantui akan Titan-titan.

Namun, hal ini harus dibayar mahal dengan mengorbankan orang-orang tak berdosa yang turut jadi korban oleh rencana euthanasia Eren. Hal ini membuat rekan-rekan Eren yang dibantu para para pejuang Marleyan ingin menghentikannya.

Hal ini memaksa Mikasa, Armin, Jean, Connie, Annie dan Reiner, terpaksa berhadapan dengan rekan mereka terdahulu yang kini tergabung dalam fraksi Yeager seperti Floch, Daz dan Samuel.

Singkat cerita mereka berhasil lolos dari fraksi Yeager. Namun, masalah lain muncul ketika mereka ingin menaiki pesawat, pasukan Titan menghadang mereka.

Hange Zoe
Source: Mappa

Hal ini memaksa Hange Zoe selaku komandan berencana solo vs pasukan Titan Rumbling, agar yang lainnya berhasil selamat. Kemudian Armin Alert mengambil alih tongkat komando.

Munculnya Titan Veteran

Saat pasukan Armin berhasil mendarat di tubuh tulang-tulang Eren, mereka tertahan karena munculnya segerombolan Titan veteran pada masa lalu.

Masalah terus bermunculan, terlebih setelah Titan Okapi yang langsung menangkap Armin Alert. Lantas Mikasa dkk pun bahu membahu menyelamatkan Armin dari genggaman Okapi.

Disaat Pieck yang bertransformasi menjadi Titan pengangkut mendapatkan kesempatan menyerang Eren, namun seketika Warhammer Titan langsung menghentikannya menggunakan senjata tombak trisula.

Mereka semakin terdesak. Reiner hampir terjatuh, begitu juga dengan Connie. Disaat Conny diserang, beruntung Levi Ackerman berhasil menyelamatkannya. Namun, naas karena kaki Levi terkena serangan sewaktu menolong Connie.

Bantuan Falco

Seperti biasa, sebagai seorang Ackerman, Mikasa sangat terampil dalam bertarung. Namun, sialnya pedangnya justru patah akibat salah satu tubuh Titan yang mengeras.

Saat kondisi terdesak, Falco yang berubah menjadi Titan seekor burung dan bisa terbang, datang bersama Annie, dan Gaby. Mereka berhasil menyelamatkan para pasukan dengan menaiki punggung Falco.

Selain itu, mereka juga masih berupaya menemukan Armin yang ditangkap oleh Okapi.

Keadaan di Path

Di tempat yang berbeda, Armin yang tertangkap oleh Okapi, namun kesadarannya berada di Path. Disana dia bertemu dengan Zeke yang ternyata juga terjebak disana.

Mereka saling berbincang. Singkat kata mereka bertemu dengan para pemilik titan sebelumnya, seperti Ymir, Berthold, Grisha, dan lainnya.

Mikasa Ackerman
Source: Mappa

Pada akhirnya mereka berhasil keluar dan kembali dari Path, ditambah dengan bantuan para pemilik titan sebelumnya, yaitu Titan Colossal Berthold, Jaw Titan Porco dan Ymir, Titan Penyerang milik Grisha dan Eren Kruger, serta Beast Titan Ksaver.

Mereka juga ikut membantu para survey corps menghadapi Titan-titan veteran. Setelah itu Zeke yang telah berhasil keluar, seketika lenyap kena serangan Levi. Itu adalah momen yang begitu dinantikan oleh Levi, sejak pertarungan pada season 3.

Armin yang juga berhasil keluar seketika langsung berubah menjadi Titan Colossal. Perubahan tersebut mengakibatkan kerusakan besar pada tubuh Eren.

Serangan Akhir

Namun, ternyata dunia masih belum selamat. Eren Yeager ternyata masih hidup dan kini berubah menjadi Titan Colossal berambut panjang dan bertarung dengan Armin.

Disaat bersamaan, muncul sebuah gas yang mirip di desa Ragako. Efek dari gas tersebut adalah memaksa suku eldian yang menghirup gas tersebut akan berubah jadi Titan, termasuk Jean, Connie dan Gaby.

Namun gas tersebut tidak berefek kepada klan Ackerman. Sehingga hanya Levi dan Mikasa lah yang berpeluang mengalahkan Eren.

Mikasa Sad
Source: Mappa

Dengan suguhan scene yang dramatis dimana Levi yang berakselerasi menggunakan 3D Manuver. Setelah mulut Titan Eren terbuka akibat serangan Levi, Mikasa pun langsung masuk kedalam mulut Titan Eren tersebut.

Eremika
Source: Mappa

Disana dia berjumpa Eren. Seketika Mikasa langsung menyerang Eren. Kejadian ini sudah dinantikan oleh Ymir. Karena dia menunggu momen Mikasa melakukan hal tersebut kepada orang yang dicintainya.

Ymir selama ribuan tahun seperti terkena kutukan, karena sanggup melakukan apa saja demi raja yang dicintainya yaitu Raja Fritz.

Eren Last
Source: Mappa

Walaupun Ymir memiliki kekuatan titan, namun dia tak berdaya akibat kutukan cinta tersebut. Alhasil dia seperti memilih Mikasa dan mengintip isi pikirannya, untuk mengakhiri kutukan itu.

Levi Ackerman
Source: Mappa

Setelah pertarungan tersebut, Levi seperti melihat mantan rekannya tersebut lalu menghilang ditengah kumpulan asap. Begitupun Connie dan Jean di akhir mereka berdua melihat sosok Sasha yang tersenyum.

Sementara disisi lain, Mikasa sempat membayangkan kehidupan yang menyenangkan berdua bersama Eren di sebuah rumah. Disana mereka berbincang seakan tidak ada yang terjadi, dan mereka berduapun hidup tentram. Namun, itu hanyalah sebuah kenangan yang diimpikan Mikasa.

Eremika
Source: Mappa

Perbincangan Eren dan Armin

Setelah Eren tiada, dia masih memiliki satu tujuan lagi, yaitu menghilangkan darah titan dari semua orang Eldian. Alhasil, orang-orang yang berubah jadi titan seperti Gaby, Jean, Connie, dan Ibunya di Pulau Paradise, kembali menjadi manusia normal.

Begitupun dengan Annie, Armin, Reiner, Pieck, dan Falco yang juga telah kehilangan kekuatan Titan mereka lagi.

Setelah pertempuran selesai, ternyata Eren sebelumnya telah menceritakan segala hal yang ingin dia lakukan kepada teman-temannya lewat Path.

Eren menceritakan semua tentang rencana rumblingnya, dan menginginkan teman-temannya untuk menghentikannya. Tujuannya agar suku eldian di cap sebagai pahlawan.

Walau untuk memastikan tujuannya bisa tercapai, Eren terpaksa melakukan rumbling yang mengakibatkan 80% populasi dunia hilang.

Cara ini dia lakukan, agar manusia diluar tembok kehilangan kekuatan tempur, dan tidak bisa menyerang Pulau Paradise, setidaknya untuk 50 tahun kedepan.

Eren lalu menghapus ingatan perbincangan ini kepada Armin dan juga teman-temannya. Namun mereka akan teringat kembali setelah pertarungan selesai.

Ending AOT

Cerita berlanjut beberapat tahun kemudian setelah pertempuran. Levi yang kehilangan mata kanan tampak memberikan permen kepada anak-anak.

Levi Candy
Source: Mappa

Annie, Armin, Pieck dan lainnya terlihat kembali ke Paradise untuk menjadi duta perdamaian. Keselamatan mereka terjamin seperti yang diamanatkan oleh Ratu Historia.

Di tempat lain Mikasa sedang duduk bersebelahan di tempat Eren dimakamkan. Disaat dia merindukannya, terlihat seekor burung yang menyentuh syal milik Mikasa pemberian Eren. Hal itu sebagai isyarat, jika Eren akan selalu berada disisinya.

Mikasa
Source: Mappa

Puluhan tahun berikutnya, nampak Pulau Paradise yang semakin maju dengan bangunan-bangunan megah.

Namun, setelah terjadi sekuel singkat pertempuran yang mengakibatkan runtuhnya gedung-gedung tersebut. Ini menandakan jika memang apapun hasilnya, manusia tak terlepas dari yang namanya konflik.

Cerita Attack On Titan akhirnya berakhir dengan Mikasa yang menua dan tiada dengan menggengam Bunga Lili Putih.

Setelah itu, kisah berlanjut dengan seorang anak laki-laki yang ditemani seekor anjing menemukan sebuah pohon tempat Eren dimakamkan.

Apakah kisah AOT memang sudah berakhir, atau dilanjutkan dengan kemunculan bocah tersebut? Sampai saat ini semua masih tanda tanya.

Posting Komentar untuk "Sinopsis Serial Anime Attack On Titan Final Season"