Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Deretan Widget Pada Blog yang Wajib dipasang

Widget Pada Blog
Deretan Widget Pada Blog yang Wajib dipasang

Evin - Blog telah menjadi platform utama untuk berbagi tulisan tentang informasi, pendapat, dan ide. Untuk menambah nilai estetik maupun memberikan kemudahan pada pengunjung, maka perlunya menampilkan beragam widget. 

Dengan hadirnya berbagai macam widget yang dapat ditambahkan ke dalam blog, akan memberikan manfaat besar baik bagi pembaca maupun pemilik blog sendiri.

Dari tombol sosial media hingga kolom komentar, masih banyak lagi daftar widget yang sepertinya wajib dipasang oleh para blogger.

{tocify} $title={Table of Contents}

Mengapa Widget Penting untuk Blog?

Sebelum kita melangkah lebih jauh, mari kita pahami mengapa widget begitu penting untuk blog.

Dimana, widget adalah fitur yang menyediakan berbagai fungsi dan informasi yang dapat ditambahkan ke dalam halaman blog.

Fungsionalitas widget pada blog berperan penting dalam meningkatkan interaksi dan pengalaman pengguna secara keseluruhan. 

Tidak hanya itu, penggunaan widget dengan benar dapat meningkatkan tingkat retensi pengunjung dan mendorong mereka untuk kembali lagi.

Cuma, tetap berhati-hati dan pandailah memilih widget yang kiranya cocok dipasang. Karena terkadang memasang fitur secara berlebihan takutnya malah memperlambat loading atau kecepatan website.

Jadi, bijaklah dalam menentukan widget mana yang dirasa tepat untuk dipasang.

Rekomendasi Widget untuk Blog

Nah, setelah mengetahui peran dan manfaat yang diperoleh dengan memasang fitur ini, saatnya kita bahas deretan widget pada blog yang wajib dipasang.

1. Fitur Search

Widget pencarian atau fitur search akan memudahkan pembaca saat ingin mencari artikel yang ingin dibaca.

Cara ini dinilai efisien membantu pengunjung menemukan informasi dengan cepat dan mudah.

Andapun bisa dengan sekejap menemukan artikel sendiri. Misalkan sudah ada ratusan konten yang diposting. Akan memakan banyak waktu jika ingin mencari artikel satu per satu tanpa adanyan fitur search.

2. Menu Navigasi

Tersedianya menu navigasi membuat pembaca tidak repot-repot lagi kalau mau melihat daftar artikel berdasarkan kategori.

Sebagai contoh, blog Anda membahas tentang bisnis. Kemudian ada pembaca yang berkunjung dan tertarik tentang hal digital marketing.

Kebetulan blog Anda tersebut terdapat kategori yang pembaca inginkan. Dengan begitu ia akan melihat daftar artikel apa saja yang telah dipost berdasarkan label pemasaran digital tadi.

Cara ini juga dinilai akan mengurangi tingkat bounce rate dan meningkatkan waktu tinggal pengunjung di blog. Ketika pembaca mudah menemukan konten yang relevan, mereka lebih cenderung bertahan lebih lama di situs website kita ini.

3. Share Media Sosial

Fitur ini memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk terhubung dengan Anda melalui platform media sosial.

Seperti yang kita tahu apabila media sosial baik itu facebook, twitter, instagram, linkedin ataupun aplikasi pesan singkat whatsapp dan telegram telah memiliki jutaan pengguna.

Dengan begitu, jika pembaca tertarik dengan artikel yang dibaca, bukan tidak mungkin mereka akan menekan tombol share media sosial untuk membagikannya kepada orang lain.

Menambah widget media sosial bisa mendorong pengunjung blog untuk memfollow akun media sosial Anda. Dengan demikian, kita bisa membangun basis pengikut yang loyal sehingga meningkatkan interaksi dengan audiens melalui berbagai platform.

Selain itu, tentunya dengan dibagikannya konten lewat widget ini, berarti secara langsung akan meningkatkan jumlah view pada blog.

4. Kolom Komentar

Salah satu hal yang mendorong search engine menempatkan artikel kita ada dipage one adalah viralnya konten tersebut.

Sementara konten disebut viral dinilai selain dari banyaknya jumlah view, juga dari ramainya kolom komentar. Apalagi kalau komentar tersebut bukanlah spam.

Bahkan, dulu kolom komentar di beberapa situs sering digunakan sebagai ladang backlink, walaupun kali ini jenis backlink tersebut dipandang kurang bagus karena bisa cepat meningkatkan spam score.

5. Popular Post

Dari namanya saja, popular post berarti menandakan daftar artikel yang paling sering dibaca pengunjung.

Widget ini juga berguna apabila mereka penasaran dengan artikel yang ada dalam daftar postingan populer, sehingga mengklik konten tersebut karena penasaran bagaimana isinya.

Memang, hal ini juga bisa menarik perhatian pembaca untuk membuat konten serupa saat mereka melakukan riset keyword.

Tapi gak masalah. Karena sebelum konten saingan dibuat, sebagai perbandingan tentu mereka juga akan membaca artikel Anda terlebih dahulu.

6. Recent Post

Setelah popular post, kali ini recent post. Bedanya, jika popular post berdasarkan konten yang paling banyak dibaca, maka recent post adalah bagian dari daftar artikel terbaru.

Walaupun mungkin deretannya sama dengan apa yang ditampilkan pada homepage, namun recent post tetap berguna saat orang lain membaca salah satu artikel kita, lalu ketika scroll kebawah menemukan daftar postingan terbaru.

Jadi, jika pembaca tertarik dengan judul artikel yang baru dipublish, bukan tidak mungkin ia akan mengklik postingan tersebut.

7. Berlangganan Newsletter

Widget berlangganan newsletter adalah cara efektif untuk membangun daftar langganan blog Anda. Mendorong pengunjung berlangganan, artinya blog kita tetap dapat terhubung dengan mereka dengan memberikan notifikasi saat ada pembaruan terbaru

Selaku pemilik blog, kita bisa menawari pembaca yang subscribe newsletter sebuah konten eksklusif. Hal ini memberikan insentif tambahan bagi mereka untuk tetap berlangganan dan terhubung dengan kita.

Adanya fitur ini juga mencerminkan pembaca setia yang loyal menantikan konten terbaru.

8. Google Maps

Google maps berfungsi dalam menyertakan alamat apabila pengunjung ingin mencari informasi keberadaan kita.

Jika blog atau website yang dibuat bertujuan untuk jualan online, maka adanya fitur google maps akan menambah tingkat kepercayaan pembeli terhadap produk bisnis.

Karena mereka berfikir, kalau terjadi apa-apa, bisa langsung mencari ke alamat rumah pemilik website ini.

9. Widget Author

Sebagai orang baru didunia blogger, mungkin banyak yang belum Mengenal Anda jadi sepertinya fitur tidak diperlukan.

Tapi, bagaimana dengan para mastah yang sudah lama berkecimpung di dunia content writing ini. Tentu tidak ada salahnya menambahkan widget author.

Karena biasanya, pembaca selain ingin melihat nama blog, mereka juga ingin mencari tahu nama pengarangnya.

Apalagi widget author selain bertujuan untuk memperkenalkan diri, juga meningkatkan identitas nama pengarang.

Kesimpulan

Demi menambah kenyamanan pembaca dengan tampilan blog yang enak dilihat, widget adalah hal yang mesti diperhatikan pemilik website.

Tanpa adanya widget akan membingungkan pengunjung, dan memperkecil peluang mereka kembali lagi.

Jadi, jika ingin meningkatkan page view atau traffik organik, pemasangan widget dinilai tepat dalam mengupayakan hal itu.

Posting Komentar untuk "Deretan Widget Pada Blog yang Wajib dipasang"