Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Ide Jualan Online Tanpa Modal Untuk Pelajar

Jualan Online Tanpa Modal Untuk Pelajar
Jualan Online Tanpa Modal Untuk Pelajar

Evin - Semakin maraknya era digital, membuat peluang untuk berbisnis kian terbuka lebar, bahkan bagi para pelajar sekalipun. Peluang ini bisa menjadi cara kreatif untuk meraih penghasilan tambahan tanpa harus mengeluarkan modal besar.

Jualan online tanpa modal bukanlah sekadar impian, tetapi bisa diwujudkan dengan adanya kemauan dan kreativitas yang terampil bagi semua orang termasuk para siswa.

{tocify} $title={Table of Contents}

Contoh Jualan Online Untuk Pelajar

Denga kemudahan yang diberikan oleh kemajuan teknologi saat ini, menjadikan para murid di sekolah bisa saja menambah uang jajan mereka lewat bisnis online.

Apa-apa saja contohnya?

Berikut contoh ide jualan online tanpa modal untuk pelajar yang bisa dipraktekkan:

1. Menjual Barang Bekas

Sebelumnya, cek kamar atau rumahmu terlebih dahulu, apakah terdapat barang-barang yang sudah tidak terpakai, namun masih berguna bagi orang lain.

Periksalah berbagai barang misalkan buku cetak bekas, mainan, atau barang-barang lain yang masih dalam kondisi baik dan bisa dijual melalui platform jual-beli online seperti OLX, Bukalapak, atau Tokopedia.

2. Kreatifitas Tangan

Selain itu, jika kamu memiliki keterampilan dalam membuat kerajinan tangan seperti lukisan, gantungan kunci, atau perhiasan, tidak ada salahnya untuk menjualnya sebagai tambahan penghasilan.

Hasil karya buatan tanganmu itu bisa dijual via online lewat marketplace yang memperbolehkan penjual menaruh barang dagangannya. Dengan meletakkannya disana, tentu akan banyak orang yang melihat dan semoga saja ada yang tertarik dengan karyamu.

3. Dropshipping

Konsep dropshipping memungkinkan Anda untuk menjual produk tanpa perlu menyimpan stok. Kamu hanya perlu menjalin kerjasama dengan supplier atau produsen, lalu ketika ada pembeli, produk akan dikirimkan langsung dari supplier ke alamat pembeli.

Hal ini membuat kita dapat menjual berbagai jenis produk tanpa harus mengeluarkan modal untuk persediaan barang. Jadi, jika para siswa tidak memiliki modal, tetap bisa ikut untuk menjadi seorang dropshipper.

4. Freelancer

Jika kamu memiliki skill dalam bidang tertentu seperti data entry, desain grafis, edit foto dan video hingga translate dokumen, kamu bisa menawarkan jasa secara online.

Platform seperti Sribulancer, Fiverr atau Upwork adalah tempat yang baik untuk memulainya. Tawarkan jasa-jasa tersebut dengan harga yang kompetitif dan berikan kualitas yang baik.

Sebelum bid tugas, buatlah gigs atau portofolio pada website tersebut. Karena para klien sebelum memutuskan memilih pekerja yang mana, mereka akan melihat profil kita terlebih dahulu.

5. Affiliate Marketing

Pernah dengar istilah Shopee Affiliate atau Tokopedia affiliate? Hal itu merupakan program affiliate marketing, yang membuka peluang kita untuk mendapatkan komisi dengan mempromosikan produk orang lain.

Caranya, misalkan dengan bantu jualan produk sepatu milik orang lain, lalu link produk tadi kita share ke media sosial atau blog pribadi. Nantinya, setiap kali ada orang yang membeli melalui tautan afiliasimu, kamu akan mendapatkan komisi.

Selain lewat marketplace, kegiatan afiliasi ini juga berlaku pada aplikasi atau situs lain untuk menambah jumlah anggota dan pengguna.

Sebagai contoh aplikasi Tiktok yang memberikan kita bonus apabila berhasil mengundang teman lewat kode referral yang kita bagikan. 

6. Jual Foto dan Desain

Jika kamu memiliki bakat dalam fotografi, kamu bisa menjual hasil jepretan sendiri ke situs penyedia foto berbayar seperti Shutterstock dan Adobe Stock. Tentunya foto yang dipajang asli milik sendiri dan bukan hasil comot milik orang lain.

Selain foto, bisa juga dengan menjual hasil desain grafis ataupun gambar vektor. Terdapat situs web yang memperbolehkan Anda menjual graphic design seperti Freepik.

Disini, Anda bisa menjual foto, desain ataupun vektor dan memperoleh pendapatan yang lumayan besar.

7. Jasa Penulisan Artikel

Jika Anda memiliki skill copywriting, cobalah untuk menawarkan jasa penulisan artikel. Saat ini banyak para blogger yabg ingin membangun blog, namun tidak memiliki banyak waktu untuk update artikel.

Atau perusahaan besar yang memiliki website, lalu ingin membuat artikel untuk menceritakan produknya, namun tidak memiliki penulis handal dalam membuat konten.

Nah, ini menjadi peluang bagus untuk kalian. Ditambah lagi saat ini membuat artikel tidaklah sesulit dulu. Berkat adanya teknologi AI Chatgpt, pembuatan artikel bisa dilakukan dalam sekejap.

8. Konten Kreator

Menjadi konten kreator adalah pekerjaan yang diimpikan banyak orang termasuk pelajar. Selain bisa dilakukan tanpa modal, hasil yang diperoleh juga banyak tergantung hasil karya dan konsisten upload konten.

Anda bisa menjadi influencer Instagram, Youtuber, maupun konten kreator Tiktok untuk mendapatkan penghasilan besar.

Kontennya bermacam-macam. Bisa konten gaming, vlog, DIY, tutorial, resep masakan, dan lainnya tergantung minat dan skill yang dimiliki.

9. SEO Specialits

Syarat unttuk menjadi SEO Specialist adalah kamu memiliki kemahiran dalam menggunakan tools seperti Google Analytics dan Ahrefs. 

Dengan skill yang dimiliki, kamu bisa menawarkan konsultasi SEO kepada bisnis pelanggan dalam hal membantu meningkatkan situs web mereka pada SERP Google.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan materi ajar mengenai cara riset keyword yang benar untuk mendapatkan lebih banyak trafik organik, dan memenangkan persaingan kata kunci.

10. Aplikasi Penghasil Uang

Ada beberapa aplikasi dan website yang memberikan kita kesempatan untuk mendapatkan uang dengan menyelesaikan tugas-tugas sederhana seperti install aplikasi, data entry, paid survey, nonton video, baca artikel atau bahkan bermain game.

Anda bisa menemukan micro job ini di situs-situs seperti Clickworker, Sproutgigs, Appen, dan Telus.

Meskipun penghasilannya mungkin tidak besar, tetapi bisa menjadi tambahan informasi dalam mencari cara mendapatkan uang di internet.

11. Jual Pulsa Online

Ide selanjutnya yang dipikirkan pelajar dalam memperoleh uang jajan tambahan adalah dengan menjual pulsa online. Untuk caranya, bergabunglah dengan distributor atau agen pulsa dan pilih media mana sewaktu promosi.

Baik dengan memanfaatkan sosmed, informasikan pada marketplace, ataupun lewat mulut ke mulut ke sesama pelajar, teman dan orang-orang sekitar. 

Selain pulsa, tambahkan juga bisnis voucher game. Mengingat teman Anda tentu memiliki hobby bermain game online.

Jadi, tidak ada salahnya untuk ikut jual diamond agar mereka bisa beli skin, senjata, dan kebutuhan gaming lainnya.

12. Survei Online

Kegiatan survey online mungkin bisa dibilang sama halnya dengan micro job atau freelancer. Disini, kita akan mengisi survei secara online agar mendapatkan bayaran berupa poin yang bisa ditukar dengan uang.

Di internet, mungkin kalian sudah pernah dengar situs survey online seperti Surveyon, Ysense, Yougov dan masih banyak lagi.

Jika ingin mendapatkan bayaran, kita hanya perlu mencari situs website paid survei tadi, lalu lakukan registrasi sesuai data pribadi, selanjutnya isi survei yang tersedia.

Penutup

Dalam menjalankan strategi jualan online tanpa modal, penting untuk memiliki konsistensi dan kualitas dalam apa yang kamu tawarkan. Berikan pelayanan yang baik kepada konsumen, dan jangan ragu untuk memanfaatkan platform-platform online yang ada.

Ingatlah bahwa kesuksesan memerlukan waktu dan usaha, tetapi dengan tekad dan kerja keras, pelajar pun dapat meraih penghasilan tambahan melalui jualan online.

Posting Komentar untuk "Contoh Ide Jualan Online Tanpa Modal Untuk Pelajar"