Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Riset Pasar Produk-produk Jualan

Contoh Riset Pasar Produk-produk Jualan
Contoh Riset Pasar Produk-produk Jualan

Contoh Riset Pasar Produk-produk Jualan - Saat ini, persaingan bisnis semakin ketat dan banyak sekali produk baru bermunculan. Untuk dapat bersaing dengan kompetitor, riset pasar sangat penting dilakukan.

Pasar merupakan tempat di mana pembeli dan penjual bertemu saat melakukan transaksi jual beli. Oleh karena itu, memahami kebutuhan konsumen merupakan hal yang lumrah dilakukan oleh para pelaku bisnis jika ingin sukses.

Salah satu cara agar dapat memahami kebutuhan konsumen adalah dengan melakukan riset pasar. Namun, bagaimana cara melakukan riset pasar secara efektif?

Di artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap mengenai contoh riset pasar yang bisa digunakan sebagai bahan referensi.

{tocify} $title={Table of Contents}

Pengertian Riset Pasar

Sebelum membahas contoh riset pasar, pertama-tama kita perlu ketahui terlebih dahulu pengertian riset pasar. Sementara itu, riset pasar adalah proses pengumpulan dan analisa data yang dilakukan pebisnis dalam upaya mengetahui kebutuhan, preferensi, dan perilaku konsumen.

Hal ini bertujuan agar membantu perusahaan saat mengambil keputusan bisnis yang tepat, sehingga dapat memaksimalkan laba serta menghindari risiko kerugian.

Tahapan Riset Pasar

Tahapan riset pasar terdiri dari empat bagian, yaitu perumusan masalah, perencanaan riset, pengumpulan data, dan analisis data.

Perumusan Masalah

Tahapan ini dilakukan dengan merumuskan masalah yang ingin dipecahkan oleh riset pasar. Misalnya, bagaimana cara meningkatkan penjualan produk, atau bagaiamana cara memperkenalkan merek terhadap masyarakat.

Perencanaan Riset

Pada tahapan ini, riset pasar direncanakan dengan cara menentukan jenis riset, sumber data, teknik pengumpulan data, dan berapa jumlah responden.

Pengumpulan Data

Tahapan ini melibatkan proses pengumpulan data dengan berbagai metode, seperti survei online, interview, observasi, dan sebagainya.

Analisis Data

Setelah data terkumpul, langkah selanjutnya adalah melakukan analisis data tersebut. Analisa ini bertujuan dalam menemukan informasi yang relevan dan mengambil kesimpulan dari hasil riset pasar.

Contoh Riset Pasar

Riset pasar berperan penting bagi pengusaha agar perusahaan mereka bisa meju dan berkembang, serta mampu bertahan dalam persaingan industri.

Contoh Riset Pasar
Contoh Riset Pasar

Untuk itu, sepatutnya pebisnis selalu melakukan riset pemasaran. Berikut merupakan contoh riset pasar produk-produk jualan:

Riset Pemasaran Produk Teknologi

Di era digital, masyarakat sudah banyak yang paham tentang pentingnya teknologi dalam menjalankan aktivitas keseharian. Hal ini memicu para pelaku industri dibidang teknologi, berlomba-lomba menciptakan sebuah produk dengan teknologi terkini.

Kita ambil contoh dilingkungan sekitar, dengan pengaruh Internet of Things, barang-barang seperti Smartphone, TV, atau Laptop, bisa menjadi pusat dalam menghubungkan benda-benda lain lewat sensor.

Dengan begitu, berkat riset pelaku industri akan bisa meluncurkan produk teknologi terkini dengan menawarkan fitur-fitur terbaru.

Riset Pemasaran Produk Otomotif

Salah satu hobi masyarakat, khususnya anak muda yaitu seputar otomotif. Mereka bahkan rela mengeluarkan banyak uang untuk merombak kendaraannya.

Pelaku bisnis di industri otomotif tentu perlu melakukan riset pemasaran otomotif agar mereka dapat menjual unit dengan target market tertentu.

Bisa dipikirkan bentuk body, kecepatan, dan hal lain sebagainya. Namun, tetap mempertimbangkan faktor safety agar tidak membahayakan pengendara. 

Riset Pemasaran Produk Mie Instan

Masyarakat Indonesia gemar sekali dengan yang namanya mie instan. Walaupun tergolong produk makanan yang cukup berbahaya apabila dikonsumsi terlalu sering, namun tidak membuat mereka takut memakannya.

Ini menjadi peluang bagi pengusaha mie instan. Namun, saat ini telah beredar jenis mie instan dengan berbagai merek atau variasi rasanya. Untuk itu, riset pasar diperlukan dalam membedakan produk mie milik sendiri dengan pesaing.

Anda bisa menetapkan harga lebih murah, atau isian yang lebih banyak. Bisa juga dengan memikirikan rasa terbaru yang belum keluar dipasaran.

Hal ini bagian dari contoh riset pemasaran produk makanan, yang efektif menarik pencinta mie instan, supaya mereka tergoda mencobanya. 

Riset Pemasaran Produk Makanan Sehat

Semakin tua, masyarakat tersadar akan pentingnya kesehatan bagi tubuh. Oleh karena itu, mereka mulai mempraktekkan pola hidup sehat, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat.

Apabila Anda ingin terjun ke dunia bisnis F&B dengan jenis makanan sehat, tidak ada salahnya melakukan riset terlebih dahulu.

Pikirkan makanan sehat apa yang sering dikonsumsi konsumen, sehingga dari sana Anda bisa menentukan atau bereksperimen dengan makanan buatan sendiri.

Misalnya, dengan teliti dalam memilih bahan-bahan segar seperti buah dan sayur, agar tingkat kesegarannya tetap terjaga saat disantap pembeli.

Riset Pemasaran Produk Air Kemasan

Air minum merupakan kebutuhan primer masyarakat. Hal ini menjadi peluang bisnis yang sangat besar bagi pengusaha.

Saat ini, sudah banyak usaha-usaha air kemasan, dimana mereka mencoba bersaing dengan produk merek terkenal seperti Aqua atau Leminerale.

Walaupun begitu, mereka tidak takut bersaing karena mereka melakukan riset pasar dan menjual produk air minum dengan harga terjangkau. Meski begitu, mereka tetap mengedepankan faktor kesehatan demi kebaikan konsumen.

Selain itu, pelayanan terhadap pelanggan perlu diperhatikan. Salah satunya dengan menyediakan jasa pengiriman ke rumah-rumah warga. 

Riset Pasar Produk Fashion

Setiap era punya masanya tersendiri, tak terkecuali fashion. Dunia fashion memang tidak ada matinya. Pengrajin industri tekstil setiap waktu mengeluarkan produk-produk fashion, seperti pakaian, celana, hingga sepatu.

Apabila Anda bergelut di dunia fashion, dan menjual berbagai produk-produk fashion, bisa memikirkan desain fashion unik dan menarik dengan berani mencoba berinovasi terhadap produknya.

Misalkan, pakaian dengan bahan yang mampu menyerap keringat, atau mengeluarkan produk sepatu yang dirasa cocok untuk dipakai diberbagai acara.

Riset Pemasaran Produk Deterjen

Kegiatan sehari-hari Ibu rumah tangga salah satunya adalah mencuci. Mereka tentu perlu deterjen dalam membersihkan noda di pakaian.

Selama ini, deterjen yang ada mungkin bisa merusak kulit dalam jangka panjang. Untuk itu pengusaha industri deterjen mesti berfikir kreatif menciptakan produk yang bisa menjadi solusi bagi Ibu rumah tangga saat mencuci.

Salah satunya dengan menggunakan bahan alami dari tanaman. Sehingga, nantinya cairan deterjen tidak terasa panas ditangan, dan bisa menjaga kondisi kulit.

Riset Pasar produk Kosmetik

Orang-orang khususnya wanita pasti akan berdandan baik saat bepergian, maupun sekedar dirumah saja. Salah satu produk yang dipakai, yaitu kosmetik.

Produk kosmetik tidak lepas dari mereka saat merias wajah. Dan bagi pebisnis kosmetik, bisa melakukan riset pasar agar produk Anda lebih disenangi konsumen.

Contohnya, mengeluarkan jenis lipstik yang cocok dipakai oleh wanita dengan seluruh warna kulit. Jadi, walau mereka berkulit putih, hitam, atau sawo matang, produk lipstik Anda selalu menjadi opsi bagi mereka.

Pentingnya Riset Pemasaran

Riset pemasaran berperan penting dalam pengembangan bisnis karena dapat memberikan informasi akurat tentang kondisi pasar dan konsumen.

Dengan melakukan riset pemasaran, perusahaan bisa mengidentifikasi peluang bisnis baru, atau mengembangkan produk dalam rangka meningkatkan kepuasan konsumen.

Riset pemasaran wajib dilakukan pelaku bisnis, baik untuk produk, jasa, maupun produk digital. Riset pemasaran produk adalah proses menghimpun data dan menganalisanya, sehingga produk Anda laku dipasaran.

Riset pemasaran jasa bermanfaat apabila Anda berbisnis layanan. Baik itu, Jasa pengacara, jasa konsultasi SEO, hingga jasa pangkas rambut.

Riset pemasaran digital merupakan proses pengumpulan informasi tentang perilaku konsumen di media digital. Riset pemasaran digital bertujuan memenangkan persaingan bisnis online, lewat bantuan media sosial, website, atau platform digital lainnya.

Disini, seorang digital marketer akan terus berupaya agar produk digitalnya mampu bersaing dengan para kompetitor.

Kesimpulan

Dalam bisnis, riset pasar sangat penting untuk pengembangan bisnis agar lebih baik. Dengan melakukan riset pasar, perusahaan dapat memahami situasi pasar dan juga perilaku konsumen, mengidentifikasi peluang bisnis baru, serta mengembangkan produk yang tepat.

Riset bukan hanya berlaku pada produk fisik atau jasa saja. karena saat ini, produk digital juga memerlukan riset agar bisa bersaing dengan pesaing mereka dalam dunia digital marketing.

Posting Komentar untuk "Contoh Riset Pasar Produk-produk Jualan"