Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

17 Tips Rambut Cepat Panjang dan Lebat untuk Pria

tips-rambut-cepat-panjang-dan-lebat-untuk-pria
Tips Rambut Cepat Panjang dan Lebat untuk Pria

Evin
- Kalau kamu lagi cari cara memanjangkan rambut pria di internet, mungkin banyak sekali jualan-jualan produk tentang minyak penumbuh rambut dan suplemen yang katanya bisa memberikan hasil cepat.

Tapi sebenarnya, banyak dari rekomendasi itu hanya trik marketing belaka! Padahal teknik agar membantu rambut pria tumbuh panjang adalah pola makan sehat, gaya hidup yang baik, dan tata cara merawat rambut yang benar.

Nah, penasaran nggak sama trik dan tips cara memanjangkan rambut pria yang biasa dilakukan oleh para cowok lain? Jangan langsung tergoda dengan kata-kata minyak ajaib ya! Saya akan jelasin tips Rambut Cepat Panjang dan Lebat untuk Pria.

{tocify} $title={Table of Contents}

Cara Memanjangkan Rambut Pria

Biasanya soal panjang memanjangkan rambut ini identik dengan wanita. Tapi, sebenarnya para Pria juga ingin mendambakan rambut panjang dan lebat atau gondrong. Segala cara telah dilakukan namun masih nihil.

Jangan khawatir. Jika pria jantan ingin punya rambut gondrong, kalian juga bisa memiliki rambut panjang tersebut. Karena itu, simak artikel Tips Rambut Cepat Panjang dan Lebat untuk Pria ini sampai selesai, ya.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu coba:

1. Pola Hidup Sehat

Atur pola makanmu, karena hal ini salah satu faktor utama kalau mau punya rambut panjang. Dengan memakan makanan penuh gizi dan nutrisi bagi rambut, akan menambah kesehatan dan pertumbuhan rambut.

Upayakan mengkonsumsi bahan makanan sehat, yang dipercaya memiliki vitamin penumbuh rambut. Contohnya biotin, asam folat, dan vitamin A, C, D, dan E.

Khusus untuk vitamin E ini sudah ada riset yang mengatakan kalau vitamin ini sangat berguna untuk kalangan pria, termasuk soal menumbuhkan rambut secara alami.

2. Rajin Keramas

Mungkin kebanyakan laki-laki seringkali pakai yang namanya pomade atau wax. Jika pemakaiannya dilakukan tiap hari, maka wajib bagi Anda untuk keramas tiap hari.

Sebab, keramas bukan hanya untuk membersihkan batang rambut tetapi juga membilas kulit kepala. Minyak alami rambut akan bermasalah apabila terus-terusan tercampur dengan produk-produk tadi, alhasil rambut jadi sulit tumbuh.

Pastikan kalian keramas setelah melakukan aktivitas berat seperti olahraga, dan juga apabila pakai produk yang bikin rambut jadi berat. 

Sebaiknya, kalau mau pakai Pomade, gunakan produk yang memiliki formula ringan supaya mudah dibilasnya.

Cara keramasnya juga jangan asal-asalan. Pertama basahkan rambut, tuangkan sampo secukupnya, ratakan samponya ke seluruh kulit kepala sambil sedikit memijat, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

3. Jangan Keramas Pakai Air Panas

Jangan pakai air panas saat keramas rambut. Sebab, hal ini dapat menghilangkan minyak alami di kulit kepala. Akibatnya, bisa-bisa rambut jadi gampang rusak.

Akan tetapi, hindari juga kontak rambut dengan air dingin. Alasannya, membasuh rambut pakai air dingin bisa bikin rambut lebih berkilau hanyalah sebuah mitos.

Jadi, cukup pakai air hangat saja. Sampoan dengan air hangat menjadikan residu dari kulit kepala jauh lebih baik dibanding pakai air dingin.

4. Pakai Sampo yang Cocok

Pakailah sampo yang sekiranya cocok dengan jenis rambut Anda. Jangan gunakan sampo yang didalamnya terkandung zat kimia berbahaya yang justru memperburuk kesehatan rambut.

Kalau udah menemukan sampo yang cocok, jangan gonta ganti sampo. Karena belum tentu produk yang lain sesuai dengan jenis rambut kalian.

5. Sediakan Handuk Khusus Rambut

Rambut tumbuh panjang erat kaitannya dengan batang rambut yang kokoh, sehingga tidak gampang rontok. Namun, orang-orang kerap menggosok-gosok bagian atas kepala mereka dengan keras. Alhasil, ini bisa buat rambut mudah goyah.

Cermati kondisi kambut kalian. Jika punya rambut mudah copot, sebaiknya sediakan handuk khusus. Gunakan microfiber atau kaos yang sudah tidak dipergunakan lagi. Karena bahannya aman dipakai dan cocok untuk rambut.

6. Pakai Kondisioner

Untuk merawat rambut supaya cepat tumbuh panjang, artinya Kamu butuh kondisioner. Produk kondisioner ini mampu menggantikan lipid dan protein yang ada di rambut kalian. 

Kondisioner ini juga akan kasih kelembaban ekstra bagi rambut. Dengan kelembapan tersebut, bikin rambut mudah panjang. Karena rambut kering biasanya sulit tumbuh lebat, sementara sampo seringkali menghilangkan minyak yang dibuhkan untuk pertumbuhan rambut. 

7. Minum Air Secukupnya

Air jadi unsur penting bagi kesehatan tumbuh. Tapi bukan hanya itu. Karena, dengan meminum air secukupnya, juga berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut. Kurangnya minum air mengakibatkan rambut jadi kering dan mudah rontok.

Jadi, minumlah air yang cukup tiap hari supaya menjaga rambut agar tetap terhidrasi, sehingga bisa tumbuh lebat.

Kurang air maka akan berpengaruh terhadap lambatnya penumbuhan rambut atau bahkan bikin gampang rusak.

8. Sering Konsumsi Protein

Protein bermanfaat sebagai tameng dalam perlindungan untuk melapisi folikel rambut. Dimulai dari bagian akar, kulit kepala, batang hingga kesemua bagian atas kepala membutuhkan zat protein.

Apabila kita sampai kekurangan protein, maka rambut mudah patah. Karena itu, bagi pegiat diet ekstrim dimana mereka mengurangi bahan makanan yang mengandung protein, banyak dari mereka mengeluhkan rambut rontok.

Jadi, dengan banyak mengkonsumsi makanan yang didalamnya terkandung protein dan omega 3, dipercaya pertumbuhan rambut bisa jadi lebih cepat.

Memakan protein bisa dengan memilih menu Ayam, Daging, ikan dan sejenisnya. Sementara bagi vegetarian, juga bisa memperbanyak asupan zat protein lewat kacang almond, tahu dan tempe.

9. Jangan Gosok Rambut Pakai Handuk

Setelah mandi, kita tentu seringkali mengelap bagian tubuh yang basah, tak terkecuali rambut. Padahal, sebenarnya itu bisa saja bikin rambut cepat rontok. Jika ingin mengeringkan rambut, cukup usap dengan lembut dan jangan terlalu keras.

Ditambah lagi dengan memakai handuk yang keras. Hal itu akan menambah tingkat kepatahan pada rambut. Maka sebaiknya pakailah jenis handuk microfiber.

10. Hindari Stres

Stres memang sering terjadi pada manusia, dan hal itu tentu tidak bisa dihindarkan. Masalahnya, stres secara berlebihan bisa merusak kondisi mental dan fisik tubuh manusia termasuk bagian atas kepala.

Sebab, stres ini akan menghambat siklus pertumbuhan rambut, lalu kemudian menjadi penyebab kerontokan.

Supaya keseharian Anda terjaga dengan baik, disarankan tetap tenang, relax dan jangan sering overthinking negatif. Atau jangan banyak terlalu memikirkan hal yang membuat Anda stres, karena bisa merusak tubuh termasuk rambut.

11. Sering Olahraga

Sering berolahraga memang bagus bagi kesehatan tubuh kita agar tetap fit. Tapi bukan hanya itu. Karena ternyata faktor pertumbuhan rambut juga disebabkan oleh banyaknya kita dalam kegiatan yang menghasilkan keringat ini.

Kegiatan olahraga ini bisa mempercepat metabolisme tubuh kalian, yang akhirnya pertumbuhan regenerasi sel akan jadi lebih cepat juga.

Olahraga tentunya buat peredaran darah manjadi lancar. Karena itulah maka folikel rambut punya nutrisi lewat asupan oksigen sangat cukup.

12. Memijat Kulit Kepala

Kenapa memijat kulit kepala juga bisa bikin rambut tebal dan padat? Karena pemijatan tersebut bikin darah jadi lancar, begitu pula dengan sel-sel regenerasi.

Jadi, jika ada waktu luang, Anda bisa pergi ke tempat spa untuk melakukan pemijatan, atau cukup pijit-pijit sendiri dengan tangan masing-masing. Anda dapat memijat kulit kepala dengan minyak rambut, tanpa minyak rambut atau menggunakan masker rambut.

13. Usap dengan Minyak Kemiri

Minyak kemiri memang memiliki segudang manfaat, salah satunya berguna untuk menebalkan dan memanjangkan rambut. Cara kerjanya minyak ini sebagai perangsang tumbuhnya rambut memang dari dulu sudah dikenal.

Meski begitu, minyak kemiri memang tidak menjamin dapat menebalkan rambut dengan cepat, namun tetap sangat berguna dalam menjaga kekokohan batang rambut supaya rambut kita tetap kuat.

14. Gunakan Lidah Buaya

Tumbuhan lidah buaya memang sudah terkenal sebagai vitamin bagi perkembangan rambut. Aloe vera ini memang sangat bagus agar membuat rambut tetap subur. Karena tanaman ini terdapat kandungan vitamin A, C, dan E. 

Ketiganya mempunyai manfaat dalam merangsang sel yang sehat dan bikin rambut tambah kinclong. Lidah buaya ternyata ada vitamin B12 dan asam folat didalamnya. Sehingga gel lidah buaya berguna dalam mencegah rontoknya rambut.

15. Menyisir Rambut

Penting untuk kamu tahu, kalau menyisir rambut secara perlahan juga memberikan manfaat bagi kesehatan rambut. 

Mungkin prosesnya ini mirip-mirip dengan pemijatan. Menyisir rambut akan  memperbaiki sirkulasi darah pada kulit kepala, dan bisa merangsang pertumbuhan rambut. Jadi, ini cara cepat dan efektif bagi kalangan pria yang susah tumbuh rambut, bisa pakai cara sederhana ini.

16. Masker Minyak Zaitun

Selain Kemiri, ada minyak lain yang berguna untuk tumbuh kembang rambut, yaitu Minyak zaitun. Minyak satu ini sebenarnya sangat bermanfaat bagi kesehatan bagian tubuh apapun, termasuk rambut.

Cara kerjanya cukup dengan mengoleskan minyak zaitun ke kulit kepala dan rambut , lalu didiamkan sekitar setengah sampai satu jam. Ulangi cara ini kira-kira 1-2 kali seminggu. Jika sudah, bilaslah sampai bersih menggunakan air dan sampo.

17. Potong Ujung Rambut

Banyak orang yang beranggapan kenapa kalau cukuran cuma ujungnya aja. Tapi sebenarnya hal itu juga bermanfaat bagi kesehatan rambut.

Karena jika terdapat kerusakan pada ujung rambut, kalau tidak segera dipotong bisa-bisa akan menjalar kemana-mana termasuk ke helaian rambut lainnya.

Posting Komentar untuk "17 Tips Rambut Cepat Panjang dan Lebat untuk Pria"