Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Sekolah SMA Swasta Terbaik di Pekanbaru

Daftar Sekolah SMA Swasta Terbaik di Pekanbaru
Daftar Sekolah SMA Swasta Terbaik di Pekanbaru

Evin
- Memutuskan sekolah mana yang tepat merupakan sesuatu yang tidak selalu mudah, karena keputusan ini berperan penting dalam menentukan keberhasilan di masa yang akan datang.

Mengikuti pendidikan di sekolah berkualitas tinggi bisa membantu kamu untuk mengasah dan memajukan bakat serta minatmu, sehingga memungkinkan untuk mencapai potensi penuh.

Jika kamu adalah seorang murid di tingkat akhir SMP di Pekanbaru, kini adalah waktunya untuk mulai mencari SMA Swasta yang terbaik di Pekanbaru.

Apalagi sekolah swasta dapat menjadi opsi pilihan yang baik bagi kamu kalau-kalau tidak mendapatkan tempat dan gagal lolos di SMA Negeri.

{tocify} $title={Table of Contents}

Alasan Memilih SMA Swasta di Pekanbaru

Sekolah merupakan institusi yang didedikasikan untuk menyediakan pendidikan formal, termasuk sekolah negeri dan swasta.

Setiap pergantian tahun ajaran, pencarian sekolah yang ideal menjadi hal rumit yang dipikirkan bagi orang tua dan murid.

Berbagai faktor dipertimbangkan dalam menentukan pilihan sekolah mana yang akan menjadi incaran.

Kini, sekolah swasta semakin diminati oleh siswa dan juga orang tua. Memang, bersekolah di swasta memerlukan investasi pendidikan yang lebih tinggi dibanding jika berada pada sekolah negri.

Namun, investasi tersebut tentunya sepadan dengan mendapatkan pendidikan berkualitas tinggi, disertai program-program sekolah atau ekstrakurikuler yang meningkatkan bakat siswa, serta adanya pembelajaran agama dan studi lainnya agar menciptakan seorang siswa berattitude baik.

Sebelum sistem zonasi diterapkan di sekolah negeri, banyak orang tua dan siswa yang berlomba-lomba untuk masuk ke SMA negeri unggulan demi prestasi. Mereka berharap mendapat kebanggaan dari bersekolah di sekolah negeri terkemuka.

Akan tetapi, sistem zonasi telah menghapus istilah ‘sekolah favorit’, karena semua sekolah kini dianggap setara. Siswa tidak lagi bebas memilih sekolah karena adanya zonasi.

Sementara itu, sekolah swasta menerima siswa dari mana saja, termasuk dari luar daerah atau negara, tanpa terikat sistem zonasi, memberikan keleluasaan bagi calon siswa dalam memilih sekolah.

Kurikulum di sekolah swasta saat ini sama saja dengan negri, karena keduanya berada di bawah pengawasan pemerintah. Akan tetapi, SMA swasta seringkali dilengkapi dengan kurikulum tambahan yang memperkaya kurikulum nasional.

Baik sekolah negeri maupun swasta memiliki kelebihannya tersendiri. Namun, bagi yang tertarik dengan sekolah swasta, penting untuk mengetahui apa-apa saja yang mesti diperhatikan sebelum memilih sekolah swasta yang tepat.

Tips Memilih SMA Swasta

Karena berbagai alasan, seorang siswa tidak mampu lolos ke sekolah negri. Namun tenang saja, karena bukan berarti kamu tidak bisa bersekolah lagi.

Walau gagal masuk SMA Negri akibat keterbatasan zonasi, kamu masih punya pilihan untuk bersekolah di SMA Swasta. Namun, patut diperhatikan apa-apa saja yang harus diperhatikan terlebih dahulu sebelum memilih sekolah swasta mana yang mau kamu masuki.

Untuk itu, berikut adalah beberapa tips yang bisa dipertimbangkan:

1. Prestasi Sekolah

Periksa rekam jejak akademik sekolah dan bagaimana mereka menerapkan kurikulumnya.

Jangan asal masuk sekolah swasta. Mentang-mentang bayarannya mahal, namun belum berarti sekolah tersebut memiliki prestasi yang baik.

Kecuali, secara akademik sekolah tersebut misalnya mampu meluluskan 100% siswanya pada saat pelaksanaan ujian nasional.

Atau sebelumnya terdapat murid disana yang pernah meraih penghargaan akademis di tingkat daerah, nasional bahkan internasional.

2. Kegiatan Ekskul

Selain bidang akademik, prestasi ekstrakurikuler juga menjadi bahan referensi saat mengincar SMA Swasta terbaik.

Jika kamu tertarik dibidang olahraga tertentu, misalnya Futsal atau Sepakbola lihat terlebih dahulu apakah disana terdapat kegiatan eksul yang kamu minati.

Apalagi kalau di Sekolah sana terdapat fasilitas pendukung, seperti tempat lapangan latihan atau pelatih berkompeten. Selain itu, prestasi bidang eksul pada tahun-tahun sebelumnya juga bisa jadi bahan pertimbangan.

3. Jumlah Siswa Per Kelas

Perhatikan pula tentang berapa banyak jumlah siswa per kelasnya. Kenapa begitu?

Karena semakin sedikit jumlah siswanya, maka tentu akan lebih fokus dalam proses belajar mengajar.

Beda halnya jika murid yang ada dalam satu kelas jumlahnya tergolong banyak. Jadi, bagi orang tua akan semakin susah karena anak Anda sulit fokus mengikuti kegiatan pembelajaran.

4. Fasilitas Sekolah

Pastikan SMA swasta tersebut memiliki fasilitas yang mendukung proses belajar mengajar.

Misalnya, untuk pelajaran Biologi terdapat laboratorium penelitian. Atau untuk pelajaran Seni, di sekolah itu mempunyai ruang kesenian untuk musik, melukis dan juga drama.

Selain fasilitas pendidikan, pastikan juga sekolah tersebut punya fasilitas lainnya, seperti Perpustakaan, ruang UKS, arena olahraga, toilet yang bersih, dan kalau perlu ada halaman atau taman yang cukup luas untuk siswa berteduh dan beristirahat melepas penat.

5. Jarak Sekolah dari Rumah

Sebaiknya pilih sekolah yang tidak terlalu jauh. Karena jika tidak, sepanjang 3 tahun Anda bersekolah maka bisa keteteran sendiri jika jarak antar sekolah dan rumah terlampau jauh.

Apalagi kalau SMA Swasta tersebut memberlakukan jam masuk yang terlampau pagi, misalkan jam 7 kurang 15 menit bel masuk sudah dibunyikan, dan pagar telah ditutup.

Padahal, sebagai siswa belum tentu kamu akan selalu ontime saat pergi ke sekolah. Terlebih lagi jika tinggal di kota-kota besar, yang tentunya akan sering mengalami kemacetan.

6. Keamanan Lingkungan

Tak kalah penting adalah soal masalah keamanan di lingkungan sekolah. Jangan sampai kamu memilih SMA Swasta dilingkungan yang dinilai rawan kejahatan dan tergolong berbahaya.

Selain masalah lingkungan, juga soal faktor reputasi murid yang ada di sekolah tersebut. Sebaiknya hindari SMA yang terkenal sering tawuran hingga membuat gaduh warga sekitar.

Daftar Sekolah SMA Swasta di Pekanbaru

Setelah mengetahui alasan ingin masuk ke SMA Swasta di Pekanbaru, serta tips dalam memilih sekolah Swasta terbaik, maka kini giliran Anda yang menentukan pilihan.

Berikut merupakan daftar sekolah swasta terbaik di pekanbaru:

SMA Abdurrab Islamic School. JL. Bakti – Soekarno Hatta 1. Kel. Tangkerang Barat, Kec. Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru – Riau, 28282

SMA Al Azhar Syifa Budi Pekanbaru II Jl. Letjend.S.Parman No.27 A, Suka Mulia, Kec. Sail, Kota Pekanbaru, Riau 28126

SMA As-Shofa Jalan As - Sofa, Labuh Baru Barat, Payung Sekaki, Labuh Baru Bar., Kec. Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Riau 28292

SMA AZ-ZUHRA ISLAMIC SCHOOL Jl. Ketitiran, Simpang Baru, Kec. Tampan, Kota Pekanbaru, Riau 28291

SMA BABUSSALAM Jl. HR. Soebrantas No.62, Sidomulyo Bar., Kec. Tampan, Kota Pekanbaru, Riau 28294

SMA Bina Mitra Wahana Jl. Kulim No.88, Tampan, Kec. Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Riau 28291

SMA Budhi Luhur Jl. Paus, Limbungan Baru, Kec. Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Riau 28266

SMA Cendana PT. Pertamina Hulu Rokan, Jl. Komp. Palem, Lembah Damai, Kec. Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Riau 28271

SMA Darma Yudha Gang Arengka II Jl. SM Amin No.189, Air Hitam, Kec. Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Riau 28292

SMA Dharma Loka Jl. Permata I No.99, Labuh Baru Bar., Kec. Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Riau 28291

SMA Djuwita Jl. Serai Kel Tangkerang Barat Kec Marpoyan Damai, Pekanbaru Riau 28124

Smas Olahraga Masmur Jl. Soekarno - Hatta No.14, Maharatu, Kec. Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau 28289

SMA Islam An-Naas Pekanbaru Jl. Gulama/ Jl. Pias RT/RW 04/04, Tengkerang Bar, Kec. Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau 28124

SMA Islam Terpadu (IT) Imam Asy-Syafii 2 Pekanbaru Jl. Soekarno - Hatta No.2, Maharatu, Kec. Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau 28283

SMA IT AL BAYYINAH Jl. Merak Sakti, Simpang Baru, Kec. Tampan, Kota Pekanbaru, Riau 28293

SMA IT AL FITYAH Jl. Swakarya, Tuah Karya, Kec. Tampan, Kota Pekanbaru, Riau 28293

SMA IT Al-Ittihad Jl. Yos Sudarso, Lembah Damai, Kec. Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Riau 28266

SMA IT Fadhilah Pekanbaru Jl. Muhajirin, RT/RW. 04/09 Kel, Sidomulyo Bar., Kec. Tampan, Kota Pekanbaru, Riau 28294

SMA IT INSAN UTAMA beralamat di JL. HANDAYANI II NO. 88, MAHARATU, Kec. Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau 28283

SMA SMART INDONESIA, Jl. Sembilang, Limbungan, Kec. Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Riau 28266

SMA Tri Bhakti Jl. Tuanku Tambusai No.12, Labuh Baru Tim., Kec. Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Riau 28123

Posting Komentar untuk "Daftar Sekolah SMA Swasta Terbaik di Pekanbaru"