Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengatasi Overthinking Negatif dan Anxiety Secara Berlebihan

Tips Mengatasi Overthinking
Tips Mengatasi Overthinking

Evin - Istilah overthinking saat ini banyak bermunculan di media sosial, karena banyak orang-orang merasa cemas akan sesuatu yang bisa merepotkan dan membahayakan dirinya, padahal hal tersebut belum tentu terjadi.

Kejadian demi kejadian negatif yang dialami manusia bisa menimbulkan trauma efek dari overthinking dan anxiety secara berlebihan. Hal ini semestinya diantisipasi dengan baik, karena takutnya berpengaruh terhadap kesehatan mental dan fisik.

{tocify} $title={Table of Contents}

Cara Mengatasi Overthinking dan Anxiety

Di atas telah dikatakan bahaya dari rasa takut dan kegelisahan yang berlebih. Dengan mengetahui akibat yang bisa ditimbulkan, maka sebaiknya perasaan negatif ini dihilangkan dengan cepat. Lalu bagaimana caranya?

Berikut akan dirangkum beberapa cara mengatasi overthinking dan anxiety:

1. Selalu Berfikir Positif

Menjernihkan pikiran memang ampuh dalam mengatasi penyakit ini. Dengan selalu berfikir positif, maka kegelisahan tersebut bisa dihindari.

Walau mungkin sebenarnya apa yang ditakutkan kemungkinan besar bakal terjadi, namun dengan pikiran yang jernih, hal tersebut bisa segera dicari jalan keluarnya atau setidaknya diminimalisir agar masalahnya tidak bertambah besar.

2. Cari Tahu Penyebabnya

Semua permasalahan pasti ada akarnya. Untuk itu cobalah cari tahu penyebabnya agar bisa ditangani dengan cepat. Jika tidak, maka masalah kecil bisa menjadi besar dan merembet kemana-mana.

Namun harus diingat untuk mengindari perasaan overthinking agar tenang dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Disaat pikiran negatif mulai merasuki otak kita, maka segera mencari tahu setiap detail masalah-masalah yang dihadapi.

3. Fokuskan Pikiran

Cemas secara berlebih akan mengganggu setiap aktivitas kedepannya. Hal ini terjadi akibat pikiran kita akan selalu terngiang-ngiang dengan segala hal terkait masalah yang datang.

Jadi, jernihkan dan fokuskan pikiran supaya perasaan takut yang menghinggapi bisa dihilangkan.

Misalkan, Anda mengalami beban berat dalam hal pekerjaan. Dimana terdapat sesuatu dalam lingkup kerja yang membuat pikiran menjadi negatif.

Maka cobalah fokus mengerjakan pekerjaan lain yang dirasa bisa menimbulkan efek positif, sehingga suasananya bisa terbawa ke dalam diri masing-masing.

4. Hadapi Rasa Takut

Baik overthinking maupun anxiety bisa menyebabkan rasa takut dan kegelisahan berlebihan. Hal ini wajar terjadi bagi semua orang, terlebih lagi mereka yang memiliki kekhawatiran tingkat tinggi.

Mungkin sebagian orang mudah dalam menghadapi ketakutan ini. Namun, sebagian lainnya pasti banyak juga yang kesusahan akibat dari besarnya rasa takut.

Oleh karena itu, agar sikap overthinking tidak berlarut-larut, maka kita mesti menghadapinya. Bisa dengan mencari penyebabnya terlebih dahulu, kemudian menyelesaikannya secara bertahap.

5. Alihkan Perhatian

Susah memang bagi penderita kecemasan berlebih untuk tidak memikirkan masalahnya. Walau secara teori mungkin dirasa mudah dilakukan, namun prakteknya tidak demikian.

Pada akhirnya, mau gak mau Anda harus melakukan salah satu cara seperti mengalihkan perhatian.

Bagaimana cara kerjanya?

Misal, Anda memiliki masalah dalam pekerjaan, hubungan maupun keluarga. Mungkin masalahnya tergolong sepele, namun karena kepikiran terus jadinya bikin mental down juga.

Oleh karena itu, cobalah lakukan berbagai hal untuk alihkan perhatian dari masalah. Dengan melakukan hoby masing-masing seperti bermain bola, game, mancing dan lainnya agar kesehatan pikiran terjaga dari stress.

6. Tingkatkan Kreativitas

Mungkin poin ini identik dengan sebelumnya, yaitu alihkan perhatian. Jadi untuk melupakannya kita melakukan hal-hal yang kreatif, bahkan kalau perlu membuat karya bermanfaat.

Seperti melukis, menggambar, fotografi, atau menulis blog yang semua itu bisa juga menjadi cara menghasilkan uang dari internet.

Seperti menjual lukisan dan gambar di marketplace online atau menulis artikel yang menjadi postingan blog dan mendapatkan uang lewat adsense.

Cara-cara kreatif tadi bisa dilakukan pada waktu luang atau saat terjadinya masalah yang menyebabkan gangguan pikiran.

7. Melakukan Perawatan Diri

Akibat Anxiety disorder berlebihan dapat menyebabkan kegelisahan akut, dan kalau tidak ditanggulangi bisa-bisa merembet menjadi penyakit fisik.

Kalau sudah terjadi, alangkah baiknya melakukan perawatan diri. Misalkan dengan refreshing, jalan-jalan, liburan atau pergi ketempat-tempat yang bisa memberikan ketenangan pikiran dan batin.

Atau dengan melakukan relaksasi dengan meditasi, yoga, termasuk rajin-rajin beribadah juga menjadi sarana perawatan diri.

8. Mencari Support

Kalau perlu minta bantuan orang lain untuk dapat mengatasi negative thinking ini. Mencari support menjadi alternatif lain apabila Anda belum bisa melakukannya sendirian.

Pergilah ke Psikolog, Dokter, Keluarga, Kerabat dan teman yang bisa membagi kesulitan dengan menceritakan masalahnya.

Itulah beberapa cara yang mungkin bisa jadi opsi pilihan bagi penderita overthinking dan anxiety agar penderitanya dapat sembuh dari rasa takut berlebih.

Posting Komentar untuk "Tips Mengatasi Overthinking Negatif dan Anxiety Secara Berlebihan"