Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Branding Produk Adalah: Ketahui Definisi Serta Contohnya pada Merek-merek Ternama

Branding Produk
Evin - Kondisi pasar yang terus berubah begitu cepat, membuat branding produk telah menjadi pusat panggung dalam memperkenalkan sebuah merek.

Lebih dari sekadar sebuah trend atau buzzword, branding produk adalah seni mendalam yang memengaruhi bagaimana kita melihat dunia bisnis.

Branding produk bukan hanya sebagai alat untuk menarik perhatian, tetapi juga sebagai kekuatan yang mampu memahami dan mengkomunikasikan jiwa suatu bisnis.

{tocify} $title={Table of Contents}

Pentingnya Branding Produk

Branding produk adalah suatu identitas diri dari bisnis agar bisa dikenali oleh masyarakat luas.

Di balik setiap produk dan bisnis yang sukses, ada sebuah identitas yang kuat. Ini bukan sekadar tentang logo cantik atau kata-kata yang menarik.

Ini tentang menciptakan citra yang begitu dalam pada pikiran pelanggan sehingga mereka merasa terhubung dengan produk Anda secara emosional. Identitas yang kuat adalah fondasi bagi kesetiaan konsumen yang abadi.

Sebagai contoh, bayangkan merek sepatu terkenal yang Anda kagumi. Ketika Anda melihat logo mereka atau mendengar namanya, apa yang dirasakan?

Mungkin Anda merasa percaya dan eksklusif, ataupun mungkin Anda merasa terikat dengan nilai-nilai merek tersebut.

Jadi, walau banyak sepatu dengan merek lain yang kualitasnya sama atau lebih bagus dari merek sebelumnya, kita tetap lebih memilih membeli sepatu dari merek awal. Itulah kekuatan identitas merek yang kuat.

Elemen-Elemen Kunci dalam Branding

Sebuah produk tidak akan berkembang tanpa adanya promosi yang dilakukan oleh pemiliknya. Promosi bisa dijalankan apabila terdapat elemen-elemen kunci dalam branding yang bisa memperkuat nilai merek.

Apa-apa saja faktor-faktornya, berikut diantaranya:

1. Logo yang Menginspirasi

Salah satu elemen utama dalam branding adalah logo. Logo semestinya menjadi simbol yang bisa menginspirasi dan mencerminkan visi misi bisnis. Ketika logo yang tepat digunakan dengan baik, itu bisa menjadi identifikasi langsung untuk merek.

Namun, membuat logo juga tidaklah asal. Diperlukan desain khusus dari logo yang menceritakan tentang suatu bisnis tersebut.

Agar logo mudah diingat, desainlah secara simple dan sederhana, namun tetap memiliki makna arti dari produk itu sendiri.

2. Slogan

Slogan merupakan kata-kata atau jargon singkat dari sebuah merek. Dengan bermodalkan untaian kata, diharapkan konsumen langsung mengetahui jika kalimat itu berasal dari produk tertentu.

Sebagai contoh: "Mulai aja dulu" dari Tokopedia, "Indomie seleraku", atau "Apapun makanannya, minumnya Teh botol sosro".

3. Nama Bisnis

Nama produk berperan besar dalam branding. Nama yang menarik dan menggoda dapat membuat produk Anda lebih mudah diingat oleh pelanggan.

Ingatlah betapa mendalamnya efek sebuah nama brand "Apple". Bahkan saat ini orang-orang lebih cendrung mengenal Apple sebagai produk Iphone dibanding nama buah.

Contoh Branding Merek Terkenal

Supaya lebih memahami bagaimana pentingnya branding produk bagi enterpreneur, berikut akan diceritakan secara singkat beberapa contoh branding dari merek-merek terkenal.

1. Apple

Apple
Apple

Mengedepankan user experience, Steve Jobs mengusung Apple menjadi pemain utama dalam pasar ponsel. Itu merupakan strategi branding yang dimainkan oleh pemilik Iphone tersebut.

Dengan Apple, penggunanya akan merasa lebih praktis dan terkesan mahal. Sesama pengguna menciptakan grup untuk saling berinteraksi sehingga betah berlama-lama memainkan ponsel ini.

Branding Apple diperkuat dengan slogannya yang berbunyi “Think Different”. Artinya, produk yang berlambangkan Apel digigit ini berbeda dari gadget lain jika diukur dari berbagai fitur-fitur canggihnya.

2. Kopi Kenangan

Kopi Kenangan
Kopi Kenangan

Dari namanya, Kopi Kenangan merupakan merek kopi asal Indonesia. Produk ini berkonsepkan nostalgia. Dengan meminum kopi ini, pemiliknya mencoba membuat para konsumen flashback pada saat-saat mengkonsumsi kopi dengan rasa sebelumnya.

Dengan branding secara besar-besaran, diharapkan kalau kopi asli Indonesia ini dapat bersaing dengan merek kopi impor semacam Starbucks.

3. Fedex

Fedex
Fedex

Kali ini ada perusahaan layanan pengiriman Internasional express, yaitu Fedex. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1971 ini memiliki salah satu strategi branding lewat logonya.

Seperti yang bisa dilihat pada logo Fedex, terdapat "tanda panah" pada negative space diantara huruf e dan x.

Tanda panah itu berarti arrow of movement and thinking, yang menandakan jika fedex berkomitmen terhadap pengiriman cepat dan sampai tujuan. 

4. Starbucks

Starbucks
Starbucks

Mungkin saat ini kalian semua sudah mengenal Starbucks. Kopi mewah dengan logo berwarna hijau ini telah menyebar ke seluruh dunia berkat kualitas kopi dan juga kesuksesan dalam promosi.

Bermula dari warga Amerika yang gemar minum kopi, sekaligus sebagai tempat berkumpulnya kerabat di kedai kopi Starbucks.

Lambat laun, Starbucks berkembang dengan suguhan kualitas aroma dan rasa yang ditawarkan. Ditambah dengan kenyamanan tempatnya, menjadikan pembeli betah berlama-lama bersantai disana. Store experience menjadi bukti efektifnya strategi produk Starbucks.

Selain itu, Starbucks memiliki kalimat promosi produk atau tagline yang berbunyi "Coffee that inspires" yang artinya kopi yang menginspirasi.

Dengan begitu mereka ingin menjadikan Starbucks Coffee sebagai jenis kopi yang mampu memberikan inspirasi dan imajinasi kepada pelanggan.

5. Nike

Nike
Nike

Nike merupakan merek produk olahraga ternama. Dari sepatu, baju, hingga peralatan lainnya mampu membuat Nike sebagai pemain papan atas dibidang sport bersanding dengan rivalnya, Adidas.

Sebagai pengingat terhadap konsumennya, Nike memberikan slogan “Just Do It”. Sebuah kata yang berasal dari seorang tahanan yang hendak dieksekusi ini, menjadi populer berkat kalimat singkat padat, dan mudah diingat.

Bukan hanya slogannya yang simpel, pun demikian dengan logo. Hanya dengan gambar "centang", sudah memberikan kesan kalau gambar ini dimiliki oleh Nike.

6. McDonald’s

McD
McD

Logo klasik huruf M disertai warna kuning cerah menjadi ciri khas bagi McDonald’s. Siapa saja yang memandang, tentunya mereka akan langsung tersadar apabila logo itu milik McD.

McDonald's memiliki slogan "I’m lovin it". Artinya, setiap fasilitas dan pelayanan yang diberikan oleh McD, membuat pembeli sangat mencintai produk f&b ini.

Begitu pula dengan variasi makanannya. Dari Burger, Ayam, Kentang Goreng dan lainnya sangat dinikmati konsumen, hingga dapat memenuhi kepuasan pelanggan yang diberikan oleh makanan cepat saji ini.

7. Amazon

Amazon
Amazon

Bisa dibilang, Amazon menjadi pioneer dan cikal bakal menjamurnya marketplace yang melayani jual beli online, layaknya Shopee dan Tokopedia.

Hal yang menonjol dari Amazon bisa dilihat dari logonya. Jika diperhatikan, terdapat tanda panah dari huruf A ke Z yang membentang dari tulisan Amazon.

Hal itu bukan tanpa alasan. Karena pemiliknya ingin menjual apapun di platform bisnisnya. Artinya, dari barang yang diawali alphabet A hingga Z, tersedia di Marketplace satu ini.

8. Shopee

Shopee
Shopee

Selain Amazon, tempat jual beli online lainnya yang sangat populer yaitu Shopee. Marketplace berwarna oren ini memiliki tagline "Gratis Ongkir" yang menjadi keunggulan dan mampu menarik banyak pengguna.

Disaat yang lain memberlakukan fee pengiriman, gratisnya ongkos kirim yang berlaku bagi seller dan pembeli Shopee menjadikan platform ini banyak dilirik oleh pengguna.

Belum lagi bonus-bonus berupa referral yang dihasilkan dari program affiliate marketing, yang mana dapat menambah daya tarik pelanggan.

9. Bear brand

Bear Brand
Bear Brand

Bear Brand adalah produk susu murni sehat yang sedang viral khususnya pada saat pandemi covid kemarin.

Bukan tanpa alasan banyak konsumen menyerbu minuman susu kaleng ini. Karena berdasarkan slogannya "Kemurnian dari alam" sudah membuktikan apabila susu ini sangat sehat dan baik dikonsumsi terlebih saat penyebaran virus kemarin.

Penutup

Dalam dunia bisnis yang tambah kompetitif, branding produk adalah seni yang tak terelakkan. Ini adalah cara dalam membedakan identitas bisnis dari pesaing dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan.

Dengan logo, slogan, dan nama dari bisnis kita dapat menciptakan identitas bisnis yang abadi. Selalu komitmen pada kualitas dan terlibatlah dengan pelanggan secara aktif seperti kegiatan experiential marketing.

Cara ini adalah kunci menuju sukses dalam dunia bisnis yang terus berubah.

Posting Komentar untuk "Branding Produk Adalah: Ketahui Definisi Serta Contohnya pada Merek-merek Ternama"