Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Jadi Youtuber Pemula Modal hp, Biar Ramai Penonton

Cara Jadi Youtuber Pemula Modal hp
Cara Jadi Youtuber Pemula Modal hp

Evin - Berkembangnya era digital membawa banyak kesempatan bagi orang-orang agar dapat mengekspresikan bakat, berbagi pengetahuan, dan menginspirasi orang lain melalui platform media sosial.

Salah satu platform populer dalam berbagi konten adalah YouTube. Menjadi seorang YouTuber telah menjadi impian banyak orang, termasuk pemula walau mereka hanya bermodalkan hp.

Kenapa demikian?

Karena youtube content creator bukan hanya bisa membuka diri Anda menjadi terkenal, tetapi juga menawarkan banyak penghasilan, tergantung tingkat popularitas video.

{tocify} $title={Table of Contents}

Cara Jadi Youtuber Pemula Modal HP

Nah, jika berminat menjadi seorang youtuber tapi terkendala dengan alat pendukung, berikut akan dibahas langkah-langkah tentang cara menjadi YouTuber pemula dengan modal HP.

1. Memilih Niche yang Tepat

Langkah pertama untuk menjadi Youtuber pemula adalah menemukan passion supaya bisa dituangkan dalam konten. Berarti, Anda mesti memilih niche yang tepat.

Pikirkan apa yang disukai lalu kembangkan sehingga menjadi sebuah karya yang dapat dibagikan dengan audiens.

Setelah menemukan minat dan keahlian, segera lakukan riset pasar untuk mengetahui apakah niche yang dipilih tadi diminati oleh audiens atau tidak.

Cari tahu seberapa banyak penayangan video tertinggi dan terendah dengan topik yang sama, sebagai acuan dalam memproduksi konten.

Tidak lupa pula cek juga bagaimana tingkat kompetisi dengan niche yang sama.

2. Persiapkan Alat Pendukung

Sebagai seorang Youtuber pemula, sering ditemukan kendala seperti tidak adanya peralatan mahal seperti kamera profesional untuk membuat konten.

Namun, hal ini seharusnya tidak menjadi masalah berarti. Sebab walaupun hanya menggunakan HP, kita masih bisa melakukan proses perekaman.

Pilih HP sesuai dengan kebutuhan dan jangan lupa pastikan kualitas video yang dihasilkan memadai.

Selain ponsel, tentu diperlukan aplikasi untuk mengedit dan mengoptimalkan video.

Bagi pengguna android dan ios, kamu bisa memilih aplikasi edit video yang ingin digunkan. Salah satunya aplikasi Capcut yang kini ramai digunakan orang.

Atau bisa juga menggunakan website canva. Dengan beragam fitur yang ditawarkan, memudahkan kita dalam membuat video semenarik mungkin.

Keduanya bisa digunakan secara gratis ataupun berbayar.

3. Bikin Rencana Konten

Setelah menyiapkan alat perlengkapan, kamu perlu menentukan format dan gaya konten yang hendak dibuat.

Buat rencana konten secara rinci untuk menghindari kebingungan dan mengatur waktu produksi dengan efisien.

Kalau perlu, rencanakan topik, kapan jadwal upload, kemudian memikirkan bagaimana strategi promosi konten yang ingin diterapkan.

4. Optimalkan Channel YouTube

Segala sesuatu agar mudah diingat, artinya perlu memikirkan branding.

Pilih nama channel yang kiranya mampu berada pada pikiran penonton setelah pertama kali mereka melihat hasil video.

Satu lagi, pastikan channel youtube sesuai dengan niche konten Anda. Pastikan juga kalau nama channel tersebut tersedia atau belum dipakai oleh youtuber lain.

Logo dan gambar sampul channel adalah representasi visual dari brand Anda. Desainlah logo dan cover youtube agar menjadi ciri khas, dan sesuai dengan tema konten.

Tuliskan meta deskripsi channel dan metadata informatif. Tujuannya untuk menggambarkan konten yang dihasilkan.

Gunakan keyword dalam membantu audiens, supaya dengan mudah menemukan channel melalui fitur pencarian.

5. Buat Video Pertama

Video pertama menjadi kunci keberlangsungan channel Anda ini. Dari sini bisa dinilai apakah mungkin nantinya channel kita bisa berkembang.

Karena itulah, sebaiknya jangan dianggap sepele dalam mengunggah video pertama, serta editlah video sekreatif mungkin agar dapat meyakinkan Anda saat pembuatan video-video selanjutnya. 

Lakukan perekaman, sunting video dengan menggunakan perangkat lunak editing. Potong bagian-bagian yang tidak perlu, serta tambahkan elemen kreatif untuk meningkatkan kualitas video.

Sebelum merekam video, buatlah skrip secara terstruktur. Hal ini untuk memudahkan Anda dalam berbicara agar tidak gugup atau blank.

Kemudian, rekam video dengan kualitas yang baik menggunakan smartphone.

Setelah selesai diedit, upload video ke saluran YouTube. Berikan judul yang mampu menarik penonton dengan dibumbui sedikit clickbait (jangan berlebihan).

Berikan deskripsi yang informatif, lalu tambahkan hashtag yang relevan untuk meningkatkan visibilitas video kamu di kolom search youtube.

6. Konsisten Upload Video

Tantangan lain yang menghalangi para youtuber dalam menguplaod video adalah rasa jenuh, terlebih setelah beberapa video yang diposting ternyata tidak ada satupun yang ramai penonton.

Padahal konsistensi adalah kunci dalam membangun channel youtube.

Mungkin memang benar saat ini video kita sepi penonton. Tapi, dengan perbaikan kualitas bukan tidak mungkin nantinya terdapat satu video yang viral.

Video viral tersebut akan menjadi jembatan penghubung dalam transisi tingkat popularitas video Anda.

Dari video tadi pula akan mendatangkan banyak subscriber baru dan juga traffik penonton pada video-video yang lainnya.

Jadi, teruslah upload video. Tetapkan jadwal rutin untuk mengunggah video baru. Hal ini dinilai mampu membantu membangun komunitas yang lebih besar.

7. Tingkatkan Skill Editing

Seperti pada poin di atas, video masih sepi mungkin salah satunya disebabkan oleh skill editing yang kurang memadai.

Lalu, bagaimana mengatasinya? 

Teruslah belajar dan tingkatkan kualitas konten. Pelajari keterampilan baru seperti pengeditan video, penggunaan sound effect, dan strategi marketing untuk meningkatkan daya tarik saluran Anda.

8. Promosikan Channel Anda

Selain skill editing yang kurang mumpuni, masih ada faktor lain yang membuat channel youtube sepi, yaitu kurangnya promosi.

Untuk menanggulangi masalah ini, tentu sebagai pemilik channel kita mesti rajin-rajin promosi dan memberitahukan tentang channel Anda.

Gunakan media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, ataupun aplikasi pesan singkat Whatsapp dan Telegram sebagai media promosi konten.

Atau kita bisa memanfaatkan forum-forum diskusi seperti Kaskus, Quora dan reddit untuk memberikan video saat ada diskusi yang berhubungan dengan video Anda tadi. 

Bagikan cuplikan video supaya dapat mengundang minat orang untuk mengunjungi channel Anda.

Berkomunikasilah dengan subsciber. Balas komentar, tanyakan pendapat mereka, dan berikan respon positif terhadap feedback yang diterima.

Dengan ramainya kolom komentar, apalagi bukan komen spam, akan turut membantu datangnya penonton-penonton lain. 

Selain itu, ajaklah Youtuber lain untuk kolaborasi. Apalagi jika collab dengan youtuber ternama berarti mereka akan membantu Anda juga dalam mendatangkan trafik.

Carilah Youtuber dengan minat serupa dan tawarkan ide kolaborasi yang menarik bagi keduanya.

9. Ukur Kinerja Channel

YouTube menyediakan berbagai statistik dan insight tentang performa channel.

Gunakan data ini sebagai alat analisis perkembangan channel, dan juga mengetahui konten yang paling diminati oleh audiens.

Dengan begitu, hasil data tadi sebagai rujukan dalam menyesuaikan strategi konten-konten berikutnya.

Jangan takut bereksperimen dengan format, topik, atau gaya konten baru. Sebab, subsciber Anda tentunya akan suka dengan variasi video yang diberikan.

Keuntungan Menjadi YouTuber

Seringkali youtube menjadi media yang dipilih orang-orang untuk mendapatkan uang tanpa modal diinternet. Karena itu, youtube dinilai tepat bagi mereka apabila ingin memperoleh penghasilan tambahan.

YouTuber sukses memiliki peluang untuk menghasilkan uang melalui iklan, sponsor, dan fitur monetisasi google adsense.

Selain itu, proses pembuatan video dan mengelola saluran YouTube kerap membantu Anda mengembangkan keterampilan baru, seperti editing video dan komunikasi.

Bagi penonton, konten kita tadi bisa menginspirasi orang lain untuk membuat channel serupa ataupun menjadi sekedar hiburan bagi mereka tentunya.

Penutup

Menjadi Youtuber pemula modal HP adalah langkah menarik untuk berbagi informasi kepada penonton.

Dengan melakukan persiapan yang tepat, bukan tidak mungkin channel yang dibangun nanti akan menjadi channel besar.

Dengan demikian, teruslah berkreatif dalam membuat video, karena ini akan membawa keuntungan bagi Anda termasuk insentif yang lumayan besar.

Posting Komentar untuk "9 Cara Jadi Youtuber Pemula Modal hp, Biar Ramai Penonton"