Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peralatan Youtuber Gaming Sebagai Alat Tempur Konten Kreator


Peralatan Youtuber Gaming
Peralatan Youtuber Gaming


Evin - Saat ini, bermain game telah menjadi sumber pendapatan bagi sebagian orang, berkat munculnya aplikasi-aplikasi media sosial, salah satunya youtube.

Dengan mengupload video-video, atau melakukan livestreaming saat bermain game, kita berpeluang mendapatkan uang dari sana.

Namun, memang untuk mewujudkan hal itu butuh modal yang lumayan besar juga, untuk membeli peralatan mumpuni yang mendukung kegiatan satu ini. Walau, mungkin dengan telah berjamurnya marketplace, membuat Anda bisa mencari alat-alat gaming berharga murah.

Lalu, apa-apa saja peralatan yang dibutuhkan? Mari cari tahu.

{tocify} $title={Table of Contents}

1. Laptop atau PC

Kedua device ini menjadi kebutuhan primer bagi seorang YouTuber gaming. Tentu saja, karena alat ini merupakan bagian penting, yang membuat kita dapat mengakses banyak game.

Untuk hasil maksimal, tentunya dibutuhkan spek khusus laptop gaming atau pc gaming yang memiliki grafis tingkat tinggi agar dapat memberikan gambar jernih.

Wajar saja kalau harga device spek dewa ini tergolong mahal. Karena selain grafis, terdapat hardware-hardware mumpuni yang membantu pengalaman kita saat bermain game.

Seperti RAM agar mampu multi tasking dengan membuka banyak tab, kapasitas memori besar, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Smartphone

Selain pc, saat ini Anda bisa menjadi seorang youtuber gaming dengan hanya bermodalkan smartphone. Berkat rilisnya game-game mobile seperti Mobile Legends, PUBG, AOV, ataupun Freefire menambah kesempatan bagi seorang gamer untuk mendapatkan uang.

Modelnya sama saja, yaitu mengupload video in game saat kita memainkannya. Terlebih lagi dengan banyaknya pasar game mobile di Indonesia, memberikan kesempatan untuk Anda mendapatkan banyak viewer.

Ditambah lagi dengan diselenggarakannya turnamen-turnamen esport game mobile, sehingga menambah tingkat kepopulerannya.

3. Konsol

Selain pc dan ponsel, juga ada konsol sebagai tempat menyimpan banyak game. Biasanya, user game bola seperti Fifa dan PES yang hoby bermain konsol.

Bagi sebagian orang, bermain di konsol lebih mengasyikkan dibanding pc atau ponsel. Selain layar monitor yang lebih besar, juga karena sudah terbiasa memainkan game konsol sejak kecil.

Device konsol terkenal seperti Playstation, Nintendo, dan X-box menjadi pilihan utama bagi para gamer.

4. Mikrofon

Sebenarnya, sekarang ini berbagai headphone, earphone, dan webcam telah dilengkapi fitur mikrofon. Namun, masalahnya dari segi kualitas mikrofon bawaan ini dinilai kurang bagus bagi seorang YouTuber. Karena itulah, Anda tetap memerlukan sebuah mikrofon khusus agar ouput suara yang dihasilkan terdengar jernih.

Pilihlah microphone yang bagus saat merekam suara ataupun voice chat. Kalau perlu, perhatikan juga soal desainnya, seperti mempunyai efek lighting RGB. Karena nanti bukan tidak mungkin jika penontonmu juga memperhatikannya.

5. Headphone

Selain microphone, hal yang mesti diperhatikan dalam audio adalah headphone. Alat satu ini berguna untuk bisa mendengar suara dalam game atau mendengarkan suara saat berkomunikasi dengan tim.

Sama halnya microphone, pilihlah headphone yang mampu menghasilkan suara jernih, supaya menambah pengalaman pengguna berkat efek-efek suara yang terdengar.

Dibanding laptop dan pc, headphone tidaklah terlalu mahal. Jadi, alat satu ini wajib dibeli demi mempermudah para youtuber disaat ingin menampilkan hasil video terbaik.

6. Webcam atau Kamera

Selain skill gaming, tampilan video yang dihasilkan menjadi tolak ukur penonton agar betah berlama-lama menonton video. Pasalnya, banyak dari mereka ingin dimanjakan oleh tampilan visual.

Lantas hal ini menjadikan displays sebagai elemen nomor satu didalam setiap unggahan video-videonya.

Untuk alat satu ini sebenarnya juga tidak terlalu mahal. Tak harus memiliki kualitas kamera DSLR, banyak juga jenis kamera eksternal mumpuni seperti Logitech.

Sebab, webcam Logitech terdapat fitur autofokus. Dengan begitu, tak perlu lagi kita  atur ulang soal fokus, walau terdapat banyak moving sewaktu ngegame.

7. Kursi Gaming

Biasanya saat bermain game tidaklah cukup kurang dari satu jam. Rata-rata minimal 2 jam, bahkan ada yang sampai lebih dari 4 jam waktu bermainnya.

Untuk itu, diperlukan kursi gaming yang nyaman agar tetap betah berlama-lama duduk diam didepan layar. Saat ini, telah bermunculan pilihan kursi dengan desain khusus untuk YouTuber gaming.

Tipsnya pilihlah kursi gaming yang memiliki sandaran yang bisa direbahkan sampai 180 derajat. Jenis sandaran ini sangat cocok dikala punggungmu sudah lelah, sehingga bisa mengistirahatkan tubuh sejenak saat bermain game.

Tak lupa pula, untuk memperhatikan masalah desain. Anda bisa memilih kursi gaming yang memiliki desain dan warna menarik perhatian viewer.

8. Aplikasi atau Software

Untuk hasil yang lebih bagus, artinya Anda butuh mengeditnya sedemikian rupa. Oleh karena itu, butuh aplikasi atau software yang bagus selama proses pengeditan.

Terdapat berbagai software untuk bagian edit video. Contohnya seperti Adobe Premier Pro, Wondershare Filmora, Final Cut Pro X dan lain sebagainya.

Bagi pengguna smartphone, Anda bisa menggunakan Capcut. Aplikasi ini sangat ramai digunakan oleh user android dan ios.

Bagaimana tidak, interface yang ramah bagi pemula memudahkan mereka menggunakan fitur-fitur yang ada seperti memotong, memberikan sound effect, coloring dan lainnya.

9. Green screen

Terakhir kita membutuhkan green screen atau layar hijau sebagai background selama proses perekaman. Berkreasi memanfaatkan green screen memungkinkan hasil video displaymu jauh lebih menarik.

Misalnya, ketika dibelakang terdapat benda-benda mengganggu pandangan mata, jadi Anda bisa pakai green screen agar hanya anggota tubuh dan kursi gaming saja yang terlihat.

Itulah 9 peralatan bagi youtuber gaming sebagai alat tempur dalam menghasilkan video-video berkualitas. Walau masih ada lagi alat penunjang lainnya semisal keyboard, mouse, dan lighting.

Namun setidaknya, adanya kesembilan alat tadi sudah membuat Anda menjadi seorang konten kreator yang bergelut didunia gaming, dan berpeluang mendapatkan penghasilan dari sana.

Posting Komentar untuk "Peralatan Youtuber Gaming Sebagai Alat Tempur Konten Kreator"