Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara dapat Uang dari Patreon untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Cara Dapat Uang Dari Patreon
Cara Dapat Uang Dari Patreon

Evin - Sudah banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang baik dari website, blog, platform media sosial, marketplace, e-commerce dan lainnya.

Salah satu yang akan dibahas yaitu Patreon. Sama seperti website lainnya, website ini juga bisa dijadikan ladang bisnis online dan mendapatkan dollar dari sana.

Dengan memanfaatkan situs web Patreon, seorang konten kreator yang memiliki karya ekslusif bisa menjualnya disini, lalu mendapatkan uang sesuai hasil penawaran pembeli. Bahkan, jika beruntung karya yang dijual bisa membuat Anda konsisten mendapatkan uang banyak.

{tocify} $title={Table of Contents}

Situs Website Patreon

Sebelum memutuskan untuk ikut terjun masuk bermain di Patreon, ada baiknya kita kenali dulu tentang situs ini. Patreon adalah platform tempat berkumpulnya para konten kreator, yang memungkinkan mereka dapat memperdagangkan karya ekslusif ke para peminat.

Dengan mensetting agar interface terlihat lebih rapi, dan bertujuan agar penikmat konten betah berlama-lama di akun Anda, lalu melakukan pembelian atau subscription.

Di Platform ini, sang pembuat konten akan menawari karya-karya dengan model subscription atau berlangganan perbulan atau pertahun. Terdapat beberapa jenis konten yang tersedia, seperti foto, video, tulisan, dan juga audio.

Cara dapat Uang dari Patreon

Dengan Patreon, sebagai pembuat konten Anda bisa menawarkan beberapa konten kepada pelanggan dengan cara berlangganan untuk melihat konten yang terkunci. 

Dengan membebankan sejumlah uang kepada konsumen, artinya Anda akan mendapat pundi-pundi rupiah secara online. Peluang ini semestinya tidak boleh dilewatkan oleh para konten kreator lainnya, yang merasa sangat sulit mendapatkan uang di platform lain atau menjadi alternatif tambahan mendapatkan uang saku.

Lalu bagaimana cara dapat uang dari Patreon, dan apa-apa saja yang bisa dibuat agar kita memperoleh banyak penghasilan dari sana? Berikut diantaranya:

1. Copywriting

Melaui tulisan, Anda mungkin bisa mengshare hasil tulisan. Lewat teknik copywriting, kita bisa membuat artikel atau yang paling umum itu membuat novel.

Strageginya, buatlah penggalan novel dan bagikan kebeberapa media sosial, seperti Facebook, Twitter, atau apapun itu. Lalu, jika mereka ingin membaca secara keseluruhan alur cerita, Anda akan diarahkan ke situs Patreon.

Selain itu, calon pelanggan potensial "dipaksa" untuk berlangganan agar dapat membuka kunci gembok novel tersebut.

Sebagai copywriter, adanya platform Patreon menjadi alternatif untuk mendapatkan uang lewat tulisan. Karena, banyak juga para blogger yang ingin memonetisasi blog mereka di adsense, namun karena persyaratannya sangat ketat, jadinya sulit untuk disetujui.

2. Foto

Hasil foto juga bisa Anda jual disini. Mungkin konsepnya identik dengan situs jual beli foto online seperti Shutterstock.

Hasil jepretan kalian, cobalah untuk meletakkannya di Patreon. Siapa tau ada yang tertarik dan menjadi pelanggan tetap perbulannya.

Ada beberapa konsep fotografi seperti pemandangan, objek wisata, bangunan terkenal, dan yang populernya saat ini adalah para cosplayer anime yang memposting foto-foto cosplay mereka di Patreon.

Apalagi jika mereka dianggap sebagai cosplayer terkenal, dengan memiliki banyak followers di instagram dan twitter. Maka semakin mudahlah buat mereka untuk menggaet pengikut di sosial media mereka agar berlangganan di Patreon.

3. Audio

Selain itu, dalam hal audio juga bisa dimanfaatkan disini. Umumnya terdapat dua konsep di jenis audio ini yang terdapat dalam Patreon, yaitu podcast dan musik.

Bagi seorang Podcaster yang ingin bermain di platform ini, Anda bisa dengan mudah memperoleh aksi langsung dengan para pendengar lewat Patreon.

Di area ini bisa melakukan beragam hal seperti mengirim pesan, balas komentar dengan pendengar lain atau dengan podcaster dan narasumber.

Apabila mendaftar sebagai anggota premium, maka pendengar berpeluang memperoleh akses awal ke episode, menerima konten khusus seperti episode bonus, ataupun menonton langsung proses behind the scene sewaktu mempersiapkan kegiatan podcast, serta momen-momen seru lainnya.

Sementara bagi seorang Musisi, Anda juga dapat menggunakan platform ini dalam kegiatan promosi single atau album baru.

Jadi, sebelum merilis lagu baru, para pelanggan yang melakukan subscription bisa Anda tawarkan untuk mendengarkan lagu tersebut sebelum tanggal rilis atau berbagi b-side dan demo dengan para penggemar.

4. Video

Terakhir, ada model video berupa video cosplay, cooking, ataupun kegiatan streaming khususnya para gamer.

Dengan mengakses video premium sambil berlangganan di akun konten kreator yang disukai, Anda bisa menonton video yang tidak dapat disebarluaskan.

Artinya, sebagai pelanggan yang membayar, video-video itu khusus diperlihatkan hanya untukmu dan pelanggan lainnya sebagai privat.

Biasanya, Patreon dipergunakan bagi seorang content creator baru untuk membangun identitas, serta memperluas jangkauan pasar dalam memperkenalkan diri.

Namun, sebenarnya platform diterapkan oleh konten kreator yang sudah terkenal, jika dilihat dengan banyaknya followers atau subscriber Youtube mereka, dan mendapatkan uang dengan cara lain yaitu melalui Patreon.

Uang yang dihasilkan di Patreon

Platform ini sangat fleksibel untuk mengakomodasi penggunanya dari para followers, sehingga uang hasil dari Patreon pun bervariasi.

Jadi penghasilan yang didapatkan mungkin banyak yang berbeda dari satu kreator dengan kreator lainnya. Karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi seperti:

  • Niche konten
  • Produk atau layanan yang ditawarkan kepada pelanggan
  • Banyaknya biaya yang dibebankan
  • Jumlah audiens yang berlangganan
  • Teknik marketing dalam promosi konten

Jadi, berapa banyak kira-kira uang yang bisa didapatkan? Mungkin perkiraannya seperti contoh berikut.

  • Misalkan, Anda seorang cosplayer yang memiliki 100 ribu followers instagram.
  • Dari sana, kita anggap sekitar 1% pengikut ig kamu atau 1.000 followers yang juga melakukan subscription di Patreon milikmu.
  • Anda memberikan 3 pilihan berlangganan, misalnya yang termurah $5 perbulan, lalu $25, dan yang termahal $50 setiap bulannya.
  • Ok, kita anggap 1.000 orang tadi berlangganan yang paling murah atau $5.
  • Jadi setiap bulan Anda dapat: 1.000 x $5 = $5.000.
  • Jika hari ini kurs $1 = Rp. 15.000 maka konversinya, 15 ribu x $5.000 = Rp. 75 juta.

Namun, harap diingat jika perhitungan di atas hanyalah hitungan kasar dan tidak pasti tergantung dari faktor-faktor yang telah diberikan di atas tadi seperti niche, penawaran, harga, jumlah sub dan lainnya.

Cara Bermain Patreon

Sebagai tahap awal, Anda mesti mendaftar di Patreon terlebih dahulu. Buka patreon.com/create untuk memulainya:

1. Tentukan Niche

Pilih niche sesuai apa yang kamu minati. Disini kita bisa menentukan dua pilihan kategori, yaitu:

  • Podcast
  • Ilustrasi & Animasi
  • Musik
  • Komunitas
  • Bisnis Lokal
  • Video
  • Menulis & Jurnalisme
  • Game & Aplikasi
  • Fotografi

2. Pilih Konten Dewasa atau Tidak

Patreon akan memberikan pertanyaan untukmu apakah konten yang kamu posting nantinya menunjukkan konten dewasa atau tidak.

Jawablah sejujurnya sesuai yang ingin kamu posting. Baik itu bersifat foto, video, ilustrasi maupun animasi.

3. Pilih Mata Uang

Terdapat 14 mata uang yang tersedia. Pilihlah sesuai selera kamu, diantaranya USD, CAD, Euro, dan masih banyak.

Ketika berlangganan, kamu bisa mentransfer saldo lewat Paypal.

4. Merchandise Eksklusif

Platform ini sudah mengaplikasikan pembuatan merchandise sesuai item, bisa berupa Album foto, stiker, thumbler, T-shirt, dan masih banyak lagi.

Jika ingin membuat merchandise secara ekslusif khusus kepada subscriber kamu, maka Patreon bisa menangani produksi dan mendukung produk, kemudian melayani pengiriman global, pelacakan, dan support. Tentunya dengan biaya tambahan.

Jawablah pertanyaan ini untuk  melanjutkan proses berikutnya. Jika tidak, lalu suatu saat ingin membuat merchandise, maka Anda bisa menambahkan paket nantinya.

5. Pesan URL khusus

Apabila kamu mau memeaan URL khusus, itu bisa dilakukan. Namun, kamu harus mengkoneksikan minimal satu akun medsos baik itu FB, IG, X, Pinterest, YT, Tiktok, dll.

Hal ini bertujuan supaya tim Patreon bisa memverifikasi keaslian identitas diri kamu sebagai kreator. Dengan begitu, Patreon bisa membuatkanmu URL khusus.

Setelah berbagai tahapan tadi sudah selesai dilakukan, maka Patreon page Anda sudah siap.

Note: Patreon akan meninjau konten kamu saat diluncurkan. Lama durasi peninjauan berbeda-beda, ada yang cuma hitungan menit menit, namun ada juga yang sampai membutuhkan waktu 3 hari peninjauan.

Kita bisa mengedit page patreon kamu  setelah launching.

Berapa harga Patreon?

Bagi kreator, ketika buat akun di Patreon, tidak dikenakan biaya alias gratis bagi Konten kreator, akan tetapi jika sudah mendapatkan penghasilan, maka Anda akan diminta fee berkisar 5-12% dari hasil perbulannya, itupun tergantung dari jenis paket yang diambil, Lite, Pro, atau Premium.

Untuk pelanggan, mendaftar akun patreon juga tidak dikenakan biaya. Namun, jika ingin melihat konten dari kreator, maka Anda akan diminta berlangganan sesuai harga yang ditetapkan perbulannya. Jika suatu saat tidak ingin memperpanjang masa langganan, Anda bisa membatalkannya kapan saja.

Cara Memperoleh Hasil Lebih Banyak

Apabila saat ini pendapatan yang diterima di Patreon dirasa kurang, maka Anda mesti memikirkan bagaimana caranya agar uang yang diperoleh bisa lebih banyak lagi. Berikut hal yang bisa dilakukan:

1. Naikkan Followers Medsos

Awali dengan fokus pada statistik pengikutmu di platform medsos baik itu Instagram, Facebook, Twitter, Pinterest, Tiktok, YouTube, dan lainnya.

Kenapa begitu? Karena umumnya orang-orang yang ada di patreon tersebut merupakan pengikutmu di medsos. Jadi usahakan untuk menaikkan followers terlebih dahulu.

2. Buat Konten Menarik

Kenapa mereka bisa berlangganan untukmu di patreon?

karena mereka menganggap postingan kamu tersebut sangat menarik dan membuat mereka untuk ingin melihat konten-konten kamu lebih bamyak lagi.

3. Tanam Link Patreon

Informasikan kepada followers kamu jika Anda memiliki akun Patreon. Tanamkan link Patreon di setiap akun medsosmu agar mereka dengan mudah mengakses halaman patreon via link yang ditanam.

Sehingga hal ini akan meningkatkan traffik organik dan mendorong pertumbuhan statistik serta menambah peluang subscriber baru atau mempertahankan subscriber lama agar mereka tetap berlangganan patreonmu. 

Sebagai bahan referensi, jika ingin memulai dunia digital marketing di Patreon, kamu bisa baca-baca aja dulu artikel-artikel blog atau menonton video tutorial youtube yang membahas tentang Patreon.

Sehingga itu akan menambah semangat karena sudah mengetahui plus minus, serta tips-tips yang diberikan agar banyak mendapat penghasilan sampingan.

Posting Komentar untuk "Cara dapat Uang dari Patreon untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan"