Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Daftar Game edukatif untuk anak-anak Usia Dini

Daftar Game edukatif untuk anak-anak Usia Dini
Game edukatif untuk anak-anak

Evin - Anak-anak terutama balita yang sedang menggenggam smartphone, sering dipandang negatif apalagi jika sampai menghabiskan waktu berjam-jam.

Kebanyakan dari mereka ini sudah mengenal yang namanya media sosial seperti Youtube dan Tiktok, dimana video yang bertebaran belum tentu cocok untuk dilihat bagi anak seumuran mereka.

Namun, hal ini bisa disiasati dengan mengalihkan anak-anak tersebut ke berbagai aplikasi permainan bertemakan edukasi.

{tocify} $title={Table of Contents}

Game Edukatif Anak-anak

Baik playstore maupun app store telah banyak mengeluarkan game-game edukatif yang cocok diputar oleh anak-anak, karena mereka bisa sekalian belajar sambil bermain.

Lalu, apa-apa saja jenis permainan tersebut? Berikut adalah daftar game edukatif untuk anak-anak:

1. Rantai Kata

Kita mulai dari daftar yang pertama, yaitu bertemakan rantai kata. Jenis word chain ini kita akan mencari susunan kata-kata dari beberapa huruf yang tersedia.

Contoh dari game word chain ini seperti word chain: connect to win dan word association.

2. Jenis Game Kuis

Game bertemakan kuis melatih anak-anak untuk berfikir dalam menemukan jawaban dari berbagai pertanyaan unik. Beragam soal dari level sederhana hingga sedikit rumit ada di play store.

Beberapa contoh permainan tersebut misalnya Quizzland, Kahoot, Trivia crack, dan juga Millionaire quiz trivia.

3. Puzzle Game

Jenis game puzzle berguna dalam melatih perkembangan motorik anak. Dengan adanya permainan puzzle ini, para balita akan terbiasa memecahkan masalah sejak dini.

Contoh game dengan tema puzzle seperti Tiledom, Jigsaw, atau Baby games.

4. Word Guessing

Sesuai namanya game ini membuat para anak untuk menebak kata. Permainan ini mungkin identik dengan jenis rantai kata pada poin pertama. Disini, anak akan mencari sebuah kata dari deretan huruf- huruf secara acak.

Selain itu, ada juga tebak kata dengan model menempatkan kata di sebuah handphone dan diletakkan di jidat. Lalu Anda akan menebak dari kata tersebut.

Contoh game tebak kata yang ada di play store yaitu Guess up, Word guess daily challenge, dan Guess word.

5. Memory Game

Apabila ingin anak Anda memiliki daya ingat yang tinggi, maka salah satu cara melatihnya sedari kecil yaitu dengan memperkenalkannya sebuah game memory.

Disini, anak akan melatih daya ingat berupa benda, huruf, angka maupun bentuk bangun ruang Matematika.

Jenis memory game yang tersedia di playstore misalnya Memoria, NeuroNation, Lumosity serta Elevate.

6. Role Playing Game

Disini, anak akan mempermainkan peran atau karakter sebagai tokoh fiktif. Dalam dunia fantasy tersebut kamu seakan-akan berada dalam game itu.

Anak Anda bisa melakukan sesuatu hal disana, seperti berbelanja ke supermarket, berlagak seperti selebritis, hingga berpetualang di dunia virtual.

Permainan yang cocok dalam role playing game ini misalkan Avatar world, Genshin Impact dan Sky.

7. Game Melihat Jam

Anak balita memang belum pandai untuk melihat jam dinding, kecuali jam digital. Nah, dengan adanya permainan ini maka akan melatih anak-anak yang ingin pandai membaca jam.

Bukan hanya waktu Indonesia, beberapa game jam juga melatih anak-anak mengerti konsep waktu dalam bahasa Inggris.

Ada beberapa jenis game edukasi yang cocok bagi anak-anak ketika ingin bisa melihat jam, contohnya Kids clock learning, Telling time academy, dan Human heroes Einstein's clock.

8. Game Berhitung

Selain membaca dan menulis, pelajaran dasar untuk anak usia dini adalah berhitung. Mungkin berawal dari pengenalan angka-angka dari 1-10, lalu lanjut dengan konsep penjumlahan sederhana.

Game berhitung penting bagi anak-anak. Apabila mereka belum sekolah, dengan bermain game ini maka ketika sudah lanjut sekolah maka Anak Anda tidak akan jauh tertinggal dari murid lainnya.

Game berhitung yang cocok dimainkan oleh Anak usia dini seperti Math learning games for kids, Matematika seru, dan Khan academy.

9. Game Musik

Layaknya orang dewasa, anak-anak juga butuh hiburan, dan musik adalah salah satunya.

Dengan aplikasi permainan bertemakan musik ini, mereka bukan hanya bisa bernyanyi tapi juga mempelajari memainkan alat musik, lalu ada juga menari atau dancing.

Ada beberapa game dengan tema musik ini, misalnya Piano anak, Kindermusik, Super simple kids song, ataupun Just dance now.

10. Game Gambar dan Mewarnai

Otak Anak bukan hanya dilatih untuk berhitung, tapi juga supaya diperkenalkan dunia seni, salah satunya menggambar dan mewarnai.

Memang untuk anak sekecil itu masih belajar bagaimana menggambar gambar sederhana saja. Tapi bisa jadi dewasa kelak mereka akan menjadi seniman atau pelukis professional.

Contoh game jenis gambar ini yaitu Coloring games, Easy coloring pages, Baby coloring book for kids, serta Crayola create & play.

11. Game Tebak Hewan

Jika di atas tadi telah ada game tebak kata atau menemukan sebuah kata, maka yang terakhir ini yaitu game tebak hewan.

Jenia game ini bertujuan agar nantinya Anak Anda bisa menebak karakter seseorang lewat ciri khas, sifat dan juga bentuk sekilas dari seseorang. Maka untuk mempelajarinya dimulai dari game tebak hewan.

Beberapa contoh game tebak hewan yang ada di play store yaitu Connect Animal classic travel, Tebak Hewan, Hewan by Andrey Solovyev, dan Belajar mengenal Hewan + suara.

Penutup

Berbagai game edukatif untuk Anak-anak di atas, selain mengalihkan perhatian dari konten media sosial yang belum sepantasnya mereka lihat, juga bertujuan untuk melatih kemampuan Anak di berbagai macam hal.

Sehingga, nantinya Anak Anda akan menjadi Anak cerdas, baik dari sisi berhitung, seni, memecahkan masalah, maupun keterampilan soal dunia digital sejak kecil.


Posting Komentar untuk "10+ Daftar Game edukatif untuk anak-anak Usia Dini"